Sponsors Link

Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas: Penyebab, Cara Mengatasi, dan Pencegahannya

Sponsors Link

Orang tua mana sih yang tidak senang saat buah hatinya lahir ke dunia? Tentunya semua orang tua yang sangat sayang pada anaknya, akan bahagia ketika bayi mereka lahir. Perasaan cinta dan sayang pada bayi merekalah yang membuat para orang tua akan merasa cemas atau panik jika terjadi hal yang tidak normal menimpa bayi mereka. Seperti pada saat kulit bayi mereka mengelupas misalnya. Tidak jarang kondisi ini menyebabkan para orang tua berpikiran yang aneh-aneh. Berpikir bahwa kondisi tersebut yang sedang menimpa bayi mereka adalah suatu gangguan kesehatan yang dapat membahayakan bayi mereka.

ads

Khususnya orang tua yang baru pertama kali memiliki buah hati, pada saat ada hal yang tak wajar menimpa bayi mereka, mereka biasanya akan cemas atau panik, serta tidak tahu tindakan tepat apa yang harus dilakukan. Pun juga ketika bayi mereka kulitnya mengalami pengelupasan. Tentunya kejadian ini akan terasa menakutkan bagi para orang tua baru ini.

Apabila Anda termasuk ke dalam orang tua yang merasa cemas dan panik karena bayi Anda yang baru lahir kulitnya mengelupas, lebih baik buang rasa cemas dan panik itu jauh-jauh, sebab tidak selamanya kulit bayi baru lahir mengelupas adalah suatu keadaan yang serius yang dapat membahayakan bayi Anda.

Lantas mengapa kulit bayi baru lahir bisa mengelupas? Adakah cara untuk mengatasinya? Apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal itu terjadi kembali? Anda berada di tempat yang tepat, sebab artikel ini akan menjawab semua pertanyaan di atas sekaligus membahasnya secara singkat.

Penyebab Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas

Kulit bayi Anda mengelupas? Jangan panik, sebab itu adalah hal yang normal terjadi pada bayi yang baru lahir. Akan tetapi, Anda jangan berhenti untuk waspada, karena tidak selalu kulit bayi baru lahir mengelupas itu adalah kondisi yang normal. Hal itu dikarenakan ada beberapa hal lain ynag bisa menjadi penyebab mengapa kulit bayi Anda yang baru lahir itu mengelupas.

Oleh sebab itu, lebih baik bawa bayi Anda ke dokter ahli agar dilakukan pemeriksaan langsung agar nantinya dokter akan memberitahu Anda apakah kulit bayi Anda yang mengelupas itu merupakan hal normal atau ada penyebab lain yang mengakibatkan kulit bayinya mengelupas. Sebenarnya apa saja sih hal yang menjadi penyebab kulit bayi baru lahir mengelupas? Di bawah ini adalah beberapa penyebab kulit bayi baru lahir mengelupas yang masih jarang diketahui oleh para orang tua:

1. Kulit Bayi Sedang Beradaptasi

Hal pertama yang menjadi penyebab kulit bayi baru lahir mengelupas adalah kulit bayi sedang beradaptasi dengan dunia baru. Hal ini tentu saja normal terjadi, sebab bayi memerlukan adaptasi terhadap lingkungan baru yang baru saja mereka datangi, bukan seperti kondisi kulit lainnya, seperti kista kulit, yang memerlukan perhatian khusus. Pada saat masih di dalam kandungan dan baru saja lahir ke dunia luar, bayi terselimuti oleh sejumlah macam cairan. Cairan-cairan tersebut di antaranya adalah darah, cairan ketuban, dan vernix. Vernix inilah yang menjadi alasan mengapa kulit bayi yang baru lahir dapat mengelupas.

Cairan vernix ini sebenarnya memiliki peran sebagai pelindung kulit bayi dari cairan amnion atau cairan ketuban saat sang bayi lahir ke dunia luar. Pada detik setelah mereka lahir dan dibersihkan, kulit bayi pun secara otomatis akan beradaptasi dengan dunia baru yang baru ia singgahi. Untuk itu tidak heran apabila kulit mereka mengelupas. Kulit bayi baru lahir mengelupas ini pada umumnya terjadi dalam kurun waktu satu sampai tiga minggu setelah mereka lahir.

Banyaknya pengelupasan kulit tiap bayi bisa berbeda-beda, tergantung dari banyaknya cairan vernix yang membungkus bayi serta tergantung dari apakah bayinya lahir prematur, normal, atau terlambat. Kondisi bayi secara keseluruhan pun bisa mempengaruhi jumlah pengelupasan kulitnya. Pengelupasan kulit bayi karena bayi sedang beradaptasi biasanya tidak memerlukan tindakan khusus, sebab pengelupasan akan berhenti dengan sendirinya. Hubungi dokter apabila kulit gatal, kering, dan menghitam.

2. Eksim Atopik

Sponsors Link

Selain karena sedang beradaptasi, kulit bayi baru lahir mengelupas juga bisa disebabkan oleh eksim atopik atau eksim susu. Eksim atopik biasanya jarang langsung menimpa bayi yang baru saja lahir. Kondisi kulit ini dapat terjadi karena beberapa sebab, di antaranya faktor keturunan atau genetik, faktor lingkungan, serta faktor lainnya yang masih belum diketahui. Eksim atopik dapat muncul pada area kulit tubuh mana saja, namun ada beberapa rea yang lebih rentan untuk terkena eksim atopik, seperti wjah dan kulit kepala, kaki, tangan dan jari tangan, bagian belakang lutut, dan bagian dalam siku.

Apabila bayi Anda mengalami kulit yang mengelupas disertai dengan beberapa gejala umum eksim atopik di bawah ini, kemungkinan besar bayi Anda sedang mengidap eksim atopik. Gejala umum eksim atopik:

  • Kulit kering
  • Kulit pecah-pecah
  • Kulit berwarna kemerahan terkadang disertai ruam pada kulit bayi
  • Bayi lebih rewel, karena eksim atopik dapat menimbulkan rasa gatal

3. Iktiosis

Selain kedua penyebab di atas, iktiosis adalah kemungkinan penyebab kulit bayi lahir mengelupas. Iktiosis itu sendiri adalah suatu kondisi kulit yang sangat langka yang ditandai dengan gejala pada kulit berupa:

ads

Selain gejala pada kulit tersebut, masih ada beberapa gejala lainnya yang dimunculkan oleh iktiosis. Iktiosis disebabkan oleh adanya mutasi genetik. Sehingga kondisi kulit ini hanya terjadi jika terdapat anggota keluarga dari si bayi yang mempunyai iktiosis. Iktiosis hanya bisa dan boleh didiagnosis oleh dokter. Oleh karena itu, segera bawa bayi Anda pada dokter apabila Anda mendapati gejala iktiosis pada bayi Anda.

Cara Mengatasi Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas

Pada sebagian besar kasus mengelupasnya kulit bayi yang baru lahir, penyebabnya adalah adaptasi alami yang dilakukan oleh kulit bayi. Sehingga tidak perlu adanya tindakan khusus yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi kulit bayi baru lahir mengelupas. Meskipun demikian, untuk membantu kulit bayi dalam mempercepat proses pengelupasannya, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan. Di bawah ini adalah cara mengatasi kulit mengelupas pada bayi yang baru lahir:

1. Mengoleskan Pelembab Pada Kulit Bayi

Salah satu tindakan yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi kulit bayi baru lahir mengelupas adalah dengan mengusapkan pelembab pada kulit bayi setiap habis si bayi mandi. Tentunya pelembab kulit yang digunakan tidak boleh sembarangan. Pilihlah pelembab yang memang dirancang khusus untuk kulit bayi dengan bahan aktif yang ramah pada kulit bayi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Jangan Memandikan Bayi Terlalu Sering atau Terlalu Lama

Memandikan bayi terlalu sering atau terlalu lama hanya akan mengikis minyak alami yang terdapat pada kulit bayi. Terkikisnya minyak alami pada kulit bayi akan mengakibatkan kulit bayi kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasi kulit kering pada bayi, Anda dapat melakukan cara mengatasi kulit kering pada bayi. Selain itu, hindari juga pemakaian sabun mandi pada bayi yang baru lahir, atau gunakan sabun mandi khusus untuk bayi yang disarankan oleh dokter.

3. Pastikan untuk Mencukupi Kebutuhan Cairan Bayi

Selain dengan melakukan perawatan langsung pada kulit bayi, memastikan bahwa bayi Anda terhidrasi dengan baik juga merupakan cara untuk mempercepat proses pengelupasan kulit bayi. Anda dapat menghidrasi bayi Anda dengan memberikannya ASI yang cukup setiap hari. Jangan pernah memberikan air putih pada bayi yang baru lahir kecuali atas saran dokter.

4. Jangan Menggunakan Produk Berbahan Kimia Pada Bayi Anda

Produk berbahan kimia yang tidak cocok bayi, seperti yang terdapat dalam detergen untuk mencuci pakaiannya juga dapat membuat kulit bayi iritasi. Kulit bayi baru lahir mengelupas adalah proses alami yang jarang mengakibatkan kulit bayi teriritasi, kecuali jika kulitnya terkena paparan produk-produk kimia yang tidak ramah bayi.

Sponsors Link

5. Meminta Pertolongan Dokter

Meminta bantuan dokter adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit bayi yang mengelupas apabila penyebab pengelupasan adalah kondisi kulit lain yang memang dibutuhkan perhatian dan tindakan khusus, seperti eksim atopik atau iktiosis yang telah dijelaskan di atas.

Pencegahan Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas

Kulit bayi baru lahir mengelupas adalah proses alami yang tidak dapat dicegah. Namun, ada beberapa tindakan untuk mencegah kulit bayi mengelupas kembali di masa depan setelah proses pengelupasan alami selesai. Cara pencegahan kulit bayi baru lahir mengelupas, antara lain:

  • Jangan terlalu sering atau terlalu lama memandikan bayi
  • Lindungi bayi dari sengatan matahari langsung
  • Hindari bayi untuk berada di dalam ruangan yang memiliki suhu ekstrim, seperti terlalu dingin atau terlalu panas
  • Pastikan untuk melembabkan kulit bayi dengan mengoleskannya pelembab setiap habis mandi atau dengan cara aman lainnya untuk melembabkan kulit bayi
  • Pastikan bayi terhindar dari dehidrasi
  • Pilih detergen khusus bayi
  • Segera lakukan tindakan apabila bayi mengalami ruam
  • Pilihlah pakaian bayi yang terbuat dari katun yang lembut, nyaman, serta dapat menyerap keringat

Demikianlah informasi singkat mengenai penyebab, cara mengatasi, dan cara mencegah kulit bayi baru lahir mengelupas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :