Sponsors Link

5 Khasiat Habbatussauda Untuk Kesehatan Kulit Anda yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Pernahkah Anda mendengar habbatussauda? habbatussauda atau jintan hitam merupakan tanaman herbal yang sering digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit. Pada daerah India dan Timur Tengah, jintan hitam lebih sering digunakan untuk bahan penyedap makanan dan juga sebagai bahan pengawet makanan. Namun, kandungan yang ada pada habbatussauda atau jintan hitam ternyata dapat digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diobati yaitu:

ads
  • Mengatasi adanya gejala diabetes pada tubuh
  • Menormalkan tekanan darah kembali
  • Melawan kanker

Tidak hanya mengobati beberapa penyakit berat seperti yang telah disebutkan di atas, ternyata habbatussauda atau jintan hitam juga mampu dipercaya untuk mengobati atau menjaga kesehatan kulit Anda. Cari tahu beberapa jenis penyakit kulit menular. Sifat umumnya yang anti inflamasi akan menjaga kulit dari beragam kuman atau virus penyebab infeksi kulit.

Meski demikian, tidak semua pengguna cocok dengan bahan herbal tersebut. Oleh karena itu, penting bagi pasien untuk mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari dokter terkait penggunaan obat ini. Lantas apa saja manfaat dan khasiat habbatussauda atau jintan hitam bagi kesehatan kulit? Berikut penjelasan beberapa khasiat habbatussauda atau jintan hitam bagi kulit Anda. Baca juga makanan yang baik untuk kesehatan kulit.

  1. Mengobati Luka Bekas Operasi

Operasi selalu memberikan bekas luka yang membutuhkan waktu lama untuk masa pemulihannya. Bahkan beberapa bekas luka tersebut membekas dan tidak bisa disembuhkan. Namun tak perlu khawatir sebab bekas luka tersebut dapat dikurangi dengan menggunakan habbatussauda atau jintan hitam.

Banyak car ayang bisa dilakukan untuk menggunakannya. Mulai dari dibuat olahan makanan atau minuman atau dioleskan pada luka. Penggunaan dengan cara dioleskan diisarankan untuk luka yang sudah mengering agar tidak terjadi infeksi yang lebih parah karena kandungan yang ada pada jintan hitam tersebut.

  1. Melindungi Pigmen Kulit

Merawat kulit menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena kesehatan Anda dapat dinilai dengan bagaimana keadaan kulit Anda. Kulit adalah jaringan tubuh terluar yang mampu menjadi indikator apakah Anda peduli terhadap kesehatan tubuh atau tidak. Oleh karena itu, Anda dapat mengandalkan jintan hitam ini untuk menjaga kesehatan kulit.

Salah satu manfaatnya yaitu melindungi pigmen kulit Anda. Jika pigmen kulit terawat dengan baik, amka melanin yang ada pada kulit juga akan terjaga sehingga kulit akan lebih sehat dan terlindungi dari paparan sinar matahari. Penggunaan yang tepat yaitu dengan mengoleskannya pada bagian tubuh yang dirasa membutuhkan perlindungan lebih. Baca pula manfaat air kelapa untuk biduran.

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang menjadi masalah setiap orang dan membuat kepercayaan diri menurun. Banyak faktor yang mengakibatkan timbulnya jerawat. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, jenis kosmetik, lingkungan, dan hormon tubuh. Setiap orang memiliki alasan masing masing terkait munculnya jerawat tersebut. Meski dengan banyak faktor alasan, Anda dapat mengobatinya dengan satu jenis obat saja.

Anda bisa menggunakan habbatussauda atau jintan hitam sebagai alternatif mengobati jerawat tersebut. Sifatnya yang anti inflamasi akan membantu meredakan jerawat bahkan mengurangi noda atau bekas yang ditinggalkan oleh jerawat. Oleskan saja pada wajah yang memiliki jerawat secara rutin dan lihatlah perubahan yang muncul beberapa hari setelah menggunakannya. Cari tahu terkait perbedaan jerawat dengan cacar air.

  1. Mengobati Eksim

Selain jerawat, eksim juga dapat diobati dengan habbatussauda atau jintan hitam. Sifatnya yang anti inflamasi membantu mengurangi bekas eksim yang ada pada kulit. Selain itu, habbatussauda atau jintan hitam juga dapaat menghentikan aktivitas virus atau bakteri yang menyebabkan eksim. Sama dengan cara mengobati jerawat, Anda hanya perlu mengoleskannya pada tubuh kulit yang terjangkit eksim. Lakukan secara rutin agar hasil yang didapatkan maksimal.

Sponsors Link

Tidak ada dosis khusus dalam menggunakan habbatussauda atau jintan hitam. Meski demikian, gunakan secara wajar atau pada awal penggunaan, Anda dapat menggunakan dosis yang sedikit agar tidak memberikan efek samping mendadak karena adanya interaksi yang spontan antara kandungan habbatussauda atau jintan hitam dengan kulit Anda. Perlahan lahan tambah penggunaannya. Baca juga mengenai cara mengobati eksim dengan lidah buaya.

  1. Mengobati MRSA

MRSA atau Methicillin Resistant Staphylococcus Aures adalah infeksi yang disebabkan oleh kuman atau bakteri tertentu. Bahkan beberapa studi menyebutkan bahwa penyakit ini jauh lebih berbahaya dari AIDS jika dibiarkan begitu saja tanpa segera diobati. Untuk pencegahannya atau pengobatan dini, Anda bisa menggunakan habbatussauda atau jintan hitam.

Oleskan pada kulit sebagai bentuk proteksi agar kuman atau bakteri tidak bersarang pada tubuh. Untuk penanganan lebih lanjut, Anda bisa melakukan konsultasi oleh dokter terkait gejala, pengobatan dan hal lainnya terkait infeksi tersebut. Habbatussauda atau jintan hitam hanya dapat digunakan untuk proteksi awal. Habbatussauda atau jintan hitam memang belum terlalu dikenal orang manfaat atau khasiatnya bagi tubuh terutama untuk kulit. Hal ini memang dikarenakan produksinya yang belum meluas dan diproduksi dengan jumlah banyak.

Oleh karena itu, bahan ini belum tentu ada di daerah Anda. Hal penting yang perlu diingat adalah pastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap komposisi bahan yang ada pada habbatussauda atau jintan hitam. Pastikan telah mendapat rekomendasi dari dokter sehingga selama pengobatan atau perawatan terjamin aman. Jika Anda mendapati adanya efek samping yang memperburuk keadaan, segera hentikan pemakaian dan segera konsultasikan kesehatan kepada dokter Anda. Jangan menunda pemeriksaan agar tidak bertambah parah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan