Sponsors Link

3 Khasiat Bawang Putih untuk Bisul yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Bisul adalah sebuah keadaan di mana terjadi benjolan merah pada bagian tubuh tertentu akibat peradangan yang menimbulkan nyeri dan rasa tak nyaman. Apalagi jika letak bisul berada di bagian lipatan tubuh yang jarang terlihat atau tersentuh seperti bokong, lipatat ketiak, hingga kemaluan. Umumnya peradangan yang terjadi diakibatkan oleh infeksi bakteri.

ads

Jenis-jenis Bisul

Berikut ini beberapa jenis-jenis bisul yang wajib Anda ketahui agar bisa mengidentifikasi bisul yang sedang diderita,

  • Furuncle. Bisul jenis ini merupakan peradangan di bawah kulit berupa abses yang diakibatkan infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Pada furuncle biasanya terdapat dua atau lebih luka atau bukaan pada kulit yang bisa saja berhubungan dengan demam atau kedinginan. Sebutan radang di bawah kulit ini biasanya ditujukan untuk jenis bisul yang  melibatkan folikel-folikel rambut. Kondisi furuncle ini bisa berubah menjadi parah dan disebut dengan furuncolosis.
  • Hidradenitis Suppurativa. Bisul jenis kedua ini merupakan kondisi beberapa abses yang membentuk jadi satu dan umumnya terjadi pada bagian lipatan ketiak hingga selangkangan yang diakibatkan peradangan lokal pada kelenjar keringat. Penyakit ini merupakan jenis infeksi kulit yang cukup sulit diobati hanya dengan terapi antibiotik. Umumnya penanganan hidradentitis ini dilakukan dengan cara operasi pembedahan untuk mengangkat kelenjar keringat yang terinfeksi guna menghentikan peradangan yang terjadi.
  • Jerawat Cystic. Ada jenis jerawat yang ternyata masuk ke dalam kategori bisul, salah satunya adalah jerawat cystic. Jerawat ini umumnya terjadi karena saluran minyak terinfeksi karena tersumbat. Jerawat cystic ini yang sering menyerang wajah para remaja saat memasuki usia puber.
  • Kista Pilonidal. Penyakit bisul terakhir ini termasuk jenis bisul yang unik karena berbentuk abses yang hanya terjadi pada bagian lipatan bokong. Kista pilonidal ini awalnya menyerang bagian kecil tubuh di dasar daerah kulit yang ditumbuhi rambut / folikel rambut. Meski awalnya kecil, seiring dengan berjalannya waktu dan tekanan yang didapat terus menerus yang menyebabkan iritasi, daerah yang mengalami peradangan ini akan membesar hingga membentuk jaringan yang menyakitkan hingga menyebabkan rasa sakit saat duduk. Umumnya penyakit ini terjadi saat perjalanan jauh yang mengharuskan penderita duduk sepanjang waktu.

Penyebab Bisul

Ada beberapa penyebab bisul yang harus Anda waspadai seperti,

  • Tumbuhnya rambut pada bagian tubuh akibat benda asing yang bersarang pada kulit
  • Terinfeksinya kelenjar keringat oleh bakteri
  • Konsumsi makanan penyebab bisul seperti makanan berprotein tinggi secara berlebihan.
  • Terapi obat-obatan yang menurunkan daya tahan tubuh
  • Riwayat penyakit yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun
  • Kurangnya menjaga kebersihan kulit
  • Gesekan antara kulit dan pakaian yang digunakan
  • Tindakan mencukur rambut pada bagian-bagian tubuh tertentu

Anda bisa melakukan berbagai cara mengobati bisul di antaranya dengan,

  • Secara alami. Pengobatan pertama ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah ditemukan seperti air hangat hingga bumbu dapur seperti bawang putih.
  • Obat-obatan. Anda bisa mengambil langkah ini dengan cara swamedikasi atau mengobati diri sendiri atau berkonsultasi ke dokter saat bisul sudah sangat mengganggu. Umumnya jenis terapi obat yang diberikan berupa salep antibiotik dan obat-obatan pereda nyeri mau pun penurun radang.
  • Selain pengobatan, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita bisul secara rutin.
Sponsors Link

Khasiat Bawang Putih untuk Bisul

Setelah mengetahui jenis-jenis bisul, penyebab bisul, hingga  metode pengobatan bisul yang bisa dilakukan, tiba saatnya pada bahasan inti artikel kita yaitu khasiat bawang putih untuk bisul yang perlu Anda ketahui. Selain sebagai bumbu dapur yang memiliki aroma khas, bawang putih sejak dulu dikenal sebagai bumbu dapur yang sering digunakan untuk pengobatan.

Bawang putih juga dipercaya sebagai obat bisul tradisional yang sangat ampuh. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung zat antibakteri hingga pereda radang yang sangat bermanfaat mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini beberapa khasiat bawang putih untuk bisul yang wajib Anda tahu,

  • Membunuh bakteri. Kandungan antioksidan dan antibakteri pada bawang putih dapat membantu membunuh bakteri penyebab bisul yang menginfeksi kulit.
  • Mengatasi peradangan. Kandungan zat pada bawang putih juga dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi akibat bisul.
    Sponsors Link

  • Menghilangkan bekas bisul. Khasiat bawang putih untuk bisul yang terakhir adalah mampu menghilangkan bekas bisul atau jerawat yang mengganggu. Saat bisul pecah dan mengering, umumnya akan meninggalkan bekas pada kulit yang membuat Anda merasa tak nyaman dan bawang putih bisa membantu mengatasi hal tersebut.

Setelah mengobati bisul, Anda wajib melakukan tindakan pencegahan agar bisul tidak kembali menyerang. Cara pencegahan yang bisa Anda lakukan meliputi,

  • Pola makan sehat. Anda juga bisa menerapkan pola makan sehat dari sekarang dengan rutin mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit seperti makanan berserat dan mengandung multivitamin tinggi. Makanan tersebut juga berguna mencegah bakteri menyerang dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Hindari makanan berprotein tinggi. Cara pencegahan yang terakhir adalah menghindari makanan penyebab bisul seperti makanan berprotein tinggi seperti telur dan lainnya.
  • Budayakan hidup sehat. Yang dimaksud hidup sehat di sini adalah dengan menjaga kebersihan diri terutama kulit wajah mau pun tubuh. Gunakan sabun antibakteri dan pembersih wajah yang dapat melindungi dari kuman dan mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

Demikian tadi artikel singkat mengenai khasiat bawang putih untuk bisul yang dimulai dari jenis-jenis bisul, penyebab bisul, cara pengobatan hingga cara mencegah bisul tidak terjadi lagi. Jika bisul yang Anda derita tak mengalami perubahan berarti dengan penanganan sederhana mau pun obat tradisional, segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan kulit Anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal