Sponsors Link

Apa Benar Keputihan Dapat Menghambat Menstruasi?

Sponsors Link

Wanita mungkin akan merasa kahwatir jika mereka mengalami masalah yang berhubungan dengan siklus menstruasi mereka karena itu bisa jadi karena mereka mengalami masalah pada siklus menstruasinya ya. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para wanita adalah keputihan ya. Keputihan ini seringkali menganggu bahkan ada yang bisa menjadi parah sehingga sangat menganggu. Mungkin banyak sekali wanita yang mengalami keputihan mengaitkan keadaan ini dengan siklus menstruasi yang tidak lancar. Karena banyak sekali wanita yang mengalami salah pengertian maka kali ini kami akan menjawab semua pertanyaan Anda mengenai keputihan dapat menghambat menstruasi sehingga Anda tidak perlu bingung lagi. Tak usah berlama-lama, berikut adalah info lengkapnya :

ads

Penyebab keputihan

Keputihan adalah salah satu kondisi dimana keluar lendir dari miss V wanita. Lendir itu biasanya berwarna putih bening, putih kental, dan jika sudah parah maka keputihan bisa berwarna hijau kekuningan dan berbau tak sedap. Sebelum membahas informasi utama maka kami akan menunjukkan beberapa infromasi kepada Anda mengenai penyebab dari keputihan sehingga Anda tidak salah kaprah lagi. Ini dia penyebab dari keputihan yang mungkin saja Anda alami :

Baca juga : penyebab keputihan abnormal

  • Infeksi jamur Candida

Penyebab dari keputihan yang pertama adalah karena infeksi jamur yaitu lebih tepatnya adalah jamur Candida. Jamur ini memiliki model menggumpal berwarna putih seperti keju dan biasanya akan membuat area miss V jadi terasa gatal.

  • Infeksi parasit

Tidak hanya diinfeksi oleh jamur saja ya, Anda juga bisa mengalami keputihan jika terinfeksi parasit tepatnya parasit bernama Trichomonas Vaginalis. Infeksi ini termasuk ke dalam salah satu jenis parasit yang menyebabkan penyakit seksual yang menular ya. Biasanya lendir keputihannya sudah berwarna hijau, berbau amis dan tak sedap, bahkan akan terasa nyeri jika Anda menggunakannya untuk kencing.

  • Chlamydia

Anda bisa juga mengalami keputihan karena mengalami Chlaymidia. Penyakit yang berhubungan dengan sisrem reproduksi ini bisa membuat Anda mengalami gejala seperti misalnya nyeri pada panggul dan bahkan bisa terasa sakit sampai pendaran setelah berhubungan seksual dengan pasangan Anda.

Baca juga : ramuan tradisional melancarkan haid

Benarkah keputihan dapat menghambat menstruasi?

Nah kita sudah tahu beberapa infromasi mengenai penyebab dari keputihan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami keputihan ya. Bisa jadi karena infeksi bakteri kuman atau mungkin karena efek samping karena Anda mengalami penyakit seksual. Lalu banyak sekali pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh wanita, yaitu apa iya kalau keputihan yang kita alami itu bisa menyebabkan menstruasi terhambat atau menjadi tidak lancar? Selama ini banyak sekali orang yang selalu mengaitkan siklus menstruasi yang tidak lancar atau sering terlambat itu datang karena Anda mengalami keputihan. Jawabannya adalah tidak benar, menstruasi yang terhambat dan tidak lancar itu bukan disebabkan karena Anda mengalami keputihan ya. Pada umumnya keputihan yang dialami oleh wanita tidak berhubungan dengan terlambatnya siklus menstruasi. Jadi mulai sekarang jangan sampai Anda salah infromasi ya!

Baca juga : cara menghilangkan bau darah haid

Penyebab menstruasi terhambat

Untuk meluruskan pikiran Anda yang mungkin selama ini salah, maka kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai apa saja sih yang bisa menyebabkan menstruasi jadi terhambat jika bukan karena keputihan? Berikut ini adalah infromasi yang bisa kami berikan kepada Anda semua :

  • Penggunaan KB

Setelah menikah mungkin Anda akan mengikuti program KB atau memasang alat kontrasepsi. Namun apakah Anda sudah mengetahui jika dengan menggunakan alat kontrasepsi maka juga bisa menghambat siklus menstruasi Anda. Beberapa alat kontrasepsi misalnya seperti suntik KB, implan KB, IUD, pil KB itu membuat siklus menstruasi Anda jadi tidak teratur. Hal itu karena adanya pengaruh dari hormon di dalam alat kontrasepsi itu. Jadi tidak ada kaitannya ya dengan keputihan.

Sponsors Link

  • Kehamilan

Siklus menstruasi yang terhambat atau mungkin tidak lancar itu mungkin saja bisa terjadi karena Anda sedang mengalami kehamilan. Karena jika Anda sudah hamil maka hormon di dalam tubuh seluruhnya akan berubah dan menyebabkan Anda tidak haid lagi. Jika Anda mengalami gejala seperti misalnya sering mual dan muntah, perubahan berat badan, atau keluar lendir seperti bercak darah maka bisa jadi Anda sedang hamil. Jadi tidak ada salahnya untuk memerisa dengan tespeck.

  • Pola hidup yang tidak sehat

Penyebab selanjutnya mengapa Anda bisa mengalami siklus menstruasi yang terlambat adalah mungkin karena pola hidup yang tak sehat. Misalnya saja seperti konsumsi alkohol, menggunakan narkoba, perokok aktif,memiliki berat badan yang berlebih atau kurang dari normal. Hal seperti itu bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar. Jadi Anda mulai sekarang harus hidup dengan pola hidup yang sehat ya.

  • Karena stress

Mungkin banyak dari Anda yang mengabaikan stress karena Anda mengira ini adalah kondisi yang tidak parah dan bisa sembuh dengan sendirinya. Stress yang berlebihan bisa mempengaruhi hormon menstruasi bahkan bisa mempengaruhi ovulasi ya. Jika Anda mengalami stress yang berlebihan maka bisa menyebabkan Anda mengalami keterlambatan dengan menstruasi.

Baca juga : bahaya keputihan abnormal

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada Anda. Jadi pertanyaan Anda mengenai keputihan dapat menghambat menstruasi itu tidak benar ya. Siklus menstruasi yang Anda alami itu tidak ada pengaruhnya dengan keputihan namun bisa disebabkan karena beberapa faktor lain. Semoga artikel yang kami berikan ini berguna bagi Anda!

Sponsors Link
, , , ,