Sponsors Link

Keputihan Berwarna Kuning dan Kental: Penyebab, Bahaya, dan Pengobatannya

Sponsors Link

Keputihan memang menjadi hal wajar yang dialami oleh wanita. Macam-macam keputihanpun juga berbeda tergantung warna dan penyebabnya. Pernahkah Anda mengalami keputihan berwarna kuning? Bahkan keputihan berwarna kuningpun juga berbeda-beda tingkat kekentalan dan jumlahnya. Anda para wanita perlu mengetahui hal ini sebab keputihan berwarna kuning bisa menjadi hal yang wajar hingga menjadi masalah serius.

ads

Keputihan yang berwarna kuning kadang atau proses terjadinya keputihan juga memiliki tingkat kekentalan yang tinggi. Sudah tahukah Anda tentang penyebabnya? Kali ini kita akan membahas keputihan berwarna kuning yang kental mulai dari penyebab, gejala, dan pengobatannya. Baca artikel ini agar mendapat pengetahuan baru mengenai keputihan berwarna kuning kental.

Penyebab Keputihan Berwarna Kuning Kental

Keputihan berwarna kuning bisa menjadi hal normal atau berakibat fatal seperti infeksi pada vagina Anda. Anda perlu mencari tahu penyebabnya agar tahu perawatan apa yang tepat untuk menangani masalah keputihan tersebut. Bisa jadi pula penyebab keputihan berwarna kuning yang Anda alami disebabkan oleh penyakit menular seksual atau tumbuhnya bakteri akibat infeksi serta tanda bahwa ada penyebab keputihan abnormal pada tubuh Anda.. Beberapa penyebab keputihan berwarna kuning kental yaitu sebagai berikut:

  • Tanda Anda memasuki periode

Biasanya jika Anda memasuki masa periode keputihan Anda akan berwarna putih, bening, dan berair sebelum memasuki masa menstruasi. Tetapi biasanya warnanya bisa berubah menjadi berwarna kuning kental jika ada bakteri yang masuk ke dalam vagina Anda atau prosuksi mukus pada sistem reproduksi Anda berlebih.

Akan tetapi ini akan segera hilang beberapa hari kemudian karena bakteri ikut terbawa keluar oleh keputihan yang dihasilkan. Tetapi Anda perlu waspada jika keputihan berwarna kuning tersebut dibarengi dengan rasa gatal dan iritasi serta bau yang tidak sedap. Bisa jadi infeksi terjadi vagina Anda.

  • Tanda Anda memasuki Masa Hamil

Keputihan dengan warna kuning kental bisa menjadi kabar baik untuk Anda. Ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda memasuki masa hamil. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan intensitas pada produksi estrogen Anda. Hormon ini berfungsi untuk mengatur dan menjaga perasaan seksual Anda dan menghasilkan sel-sel tertentu untuk ovarium serta hormon adrenalin. Selama hamil nantinya tingkatan hormon estrogen akan menurun dan keputihan berwarna kuning kental tersebut akan berangsur hilang.

Melihat penyebab yang telah dijelaskan di atas tadi, mungkin akan timbul pertanyaan apakah semua umur akan mengalami hal tersebut? Dikarenakan salah satu penyebab keputihan berwarna kuning adalah memasuki masa menstruasi, maka hal ini bisa terjadi pada semua umur wanita di masa pubertasinya. Tapi bagi Anda yang tidak mengalaminya, tidak perlu khawatir. Perubahan hormon yang tidak stabil juga bisa menyebabkan hal ini tidak terjadi pada wanita saat memasuki masa pubertasi.

Hal ini juga tidak selalu dirasakan oleh ibu-ibu yang memasuki masa hamil. Dikarenakan tingkat hormon setiap wanita berbeda, maka kondisi dan ciri-ciri yang diberikan tubuh saat Anda hamil pun berbeda-beda. Justru yang perlu dkhawatirkan adalah apabila keputihan tersebut dibarengi dengan rasa gatal dan perih pada daerah vagina Anda. Apabila ini terjadi, maka segeralah konsultasi pada dokter.

Bahaya Keputihan Berwarna Kuning dan Kental

Dilihat dari penyebab yang ada, keluarnya keputihan dengan warna kuning kental bukan hal yang membahayakan dan perlu dikhawatirkan. Anda pun tidak perlu panik dalam menangani hal ini sebab lambat laun keputihan ini akan berangsur menghilang dan tidak menimbulkan efek buruk apapun pada tubuh Anda.

Sponsors Link

Justru hal yang perlu Anda waspadai adalah ketika keputihan berwarna kuning kental tersebut diikuti dengan gejala-gejala lainnya. Misalnya saja, gatal dan ruam-ruam kemerahan serta apabila lebih parah lagi ada bercak darah yang bercampur dengan keputihan Anda. Jika ini terjadi, maka keputihan tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan terutama sistem reproduksi Anda.

Jika berbicara mengenai keputihan kuning berwarna kuning, ada beberapa penyakit juga yang memiliki tanda-tanda seperti hal di atas. Biasanya keputihan yang diikuti warna kuning dan berbau adalah penyakit seksual menular yang membahayakan bagi Anda. Sehingga meskipun telah disebut di atas bahwa sebenarnya hal ini normal, selalu ada kemungkinan bahwa Anda mengabaikan tanda-tanda tersebut, kesehatan Anda bakan terancam. Beberapa penyakit seksual menular yang memberikan tanda-tanda keputihan dengan warna kuning yaitu:

  • Trikomoniasis

Penyakit seksual menular ini biasanya ditandai dengan keluarnya cairan berwarna kuning dan berbau busuk. Jika tingkat keadaan sudah meningkat, maka bisa jadi keputihan Anda berwarna hijau. Tanda lainnya adalah rasa sakit pada saluran kencing ketika buang air kecil, gatal-gatal yang diikuti sensasi panas, dan sakit ketika berhubungan seksual.

ads
  • Gonorhea atau Chlamydia

Tanda-tanda yang diberikan pada penyakit ini justru lebih berat lagi sebab bisa jadi keputihan berwarna kuning tersebut bercampur dengan keluarnya nanah pada organ vital Anda. Tanda-tanda awal pada penyakit menular seksual ini justru tidak ditemui atau bahkan tidak ada sama sekali. Perlu Anda ketahui bahwa Gonorhea bisa saja kambuh terus menerus.

  • Infeksi Bakteri

Selain keputihan yang berwarna kuning, infeksi akibat bakteri ini juga memiliki tanda lain seperti bau busuk amis dan cairannya lebih kental dari biasanya. Penyakit ini tidak menular tetapi akan memberikan efek samping penyakit lainnya.

Pengobatan Keputihn Berwarna Kuning dan Kental

Jika Anda mengalami keputihan berwarna kuning dan kental, Anda harus segera melakukan upaya penanganan baik melalui konsultasi ke dokter atau melakukan perawatan di rumah. Sebaiknya tetap melakukan konsultasi kepada dokter dan jika Anda Anda memiliki janji konsultasi yang cukup lama, Anda dapat melakukan beberapa penanganan pertama di rumah untuk meredakan kondisi keputihan Anda. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengobati keputihan berwarna kuning.

  • Membuat sabun pembersih vagina

Bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat ini yaitu air, cuka apel, dan bawang putih yang sudah ditumbuk halus. Campurkan behan-bahan tersebut dan usapkan pada area vagina Anda. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mengurangi intensitas kekentalan dan warna kuning pada keputihan Anda. Beberapa hari kemudian, keputihan akan normal kembali.

  • Gunakan Pakaian yang Longgar

Bisa jadi penyebab keputihan Anda adalah infeksi bakteri. Daerah vagina yang tidak memiliki ruang yang cukup untuk pergantian udara, justru membaut bakteri lebih cepat berkembang biak. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan memberi ruang bagi pergantian udara sekitar vagina Anda.

  • Mengonsumsi Yoghurt

Bahan makanan ini tidak pernah diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda. Anti-oksidannya mampu mematikan bakteri dan menjaga sistem imun pada tubuh. Mengkonsumsi yoghurt secara rutin bisa menjadi cara atau solusi terbaik bagi Anda untuk mengurangi keputihan berwarna kuning tersebut. Anda juga dapat menikmatinya dengan dicampur susu atau buah-buah masam seperti beri-berian atau anggur agar tingkat anti-oksidannya meningkat. Perlu Anda ketahui pula bahwa yoghurt juga mampu menyembuhkan kandidiasis vulvovaginitis.

Sesuai penjelasan di atas bahwa sebenarnya masalah keputihan berwarna kental secara normal tidak memberikan efek samping yang buruk apda kesehatan Anda. Hal ini justru keadaan normal dalam kehidupan reproduksi wanita. Tetapi memberikan kewaspadaan pada diri terutama organ vital yang memang mudah sekali terserang beberapa masalah kesehatan bukan hal yang buruk. Anda perlu memberikan kewaspadaan pada tubuh Anda sendiri. Dengan meminta saran dan pertolongan dokter atas masalah tersebut, Anda akan mendapat penanganan yang baik. Ada beberapa sebenarnya yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum menanyakan kondisi kesehatan Anda pada dokter apabila masalah bahaya keputihan abnormal tersebut terjadi. anda sangat disarankan untuk menanyakan kepada dokter kesehatan Anda terutama memasuki masa menstruasi jika:

Sponsors Link

  • Keputihan bercampur darah setalah haid Anda yang berwarna kuning tersebut memiliki bau yang tidak normal. jangan tunggu hingga bau tidak sedap sebab itu satu tanda masalah sudah serius.
  • Keputihan Anda juga diikuti dengan adanya cairan semacam busa atau kuantitas yang Anda keluarkan tidak normal.
  • Anda merasakan gatal pada sekitar daerah kemaluan Anda atau merasa perih ketika buang air kecil.

Ketika tanda-tanda tersebut Anda temui, maka dokter kemungkinan akan menanyakan beberapa hal seperti berikut.

  • Kapan keluhan tersebut mulai Anda rasakan dan semakin memburuk
  • Bagaimana perubahan keputihan yang Anda alami saat keluar sampai hari ini berkonsultasi
  • Adakah gejala lain yang Anda keluhkan selain keputihan berwarna kuning
  • Ceritakan peristiwa seksual apapun yang Anda lakukan meskipun Anda belum menikah

Setelah berkonsultasi dokter akan melakukan beberapa uji sampel untuk mengambil kesimpulan sementara atau diagnosis atas masalah kesehatan Anda. Ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama sampai dokter memberikan resep atau saran tentang perawatan yang harus Anda lakukan.

Biasanya jika keputihan Anda dikatakan normal, Anda hanya disarankan untuk menjaga pola makan dan hidup bersih seperti menjaga handuk yang digunakan untuk mengusap kemaluan atau saran lain seperti olahraga rutin yang tidak berdampak buruk pada daerah kemaluan Anda. Selain itu dokter juga akan menyarankan Anda untuk tetap tenang dan berpikir positif agar keputihan Anda tidak menjadi masalah besar akibat stres yang dapat memicu hormon kelamin Anda untuk mengeluarkan zat-zat penenang.

Sponsors Link
, , ,