Sponsors Link

Keluar Lendir Pada Kelamin Pria: Penyebab, Bahaya, dan Penanganannya

Sponsors Link

Keluarnya cairan dan lendir pada kemaluan pria biasanya dialami oleh banyak pria, mungkin juga Anda. Tapi, tidak banyak yang tahu penyebab dan bagaimana penanganannya. Jika hal itu terjadi, akan menjadi masalah yang lebih serius karena penyebab keluarnya lendir pada kemaluan Anda itu berbeda-beda. Sehingga dibutuhkan penanganannya yang berbeda pula. Maka dari itu kali ini akan dijelaskan mengenai keluarnya lendir pada kelamin pria. Berikut penjelasan lebih lanjut mengapa kelamin pria mengeluarkan cairan atau lendir.

ads

Penyebab Keluarnya Lendir

Penyebab keluarnya lendir umumnya terbagi menjadi dua bagian, pertama normal dan kedua karena penyakit atau masalah kesehatan. Lendir yang keluar pada kelamin pria yang bersifat normal biasanya karena adanya rangsangan sehingga hormon meningkat dan ingin ejakulasi. Lendir ini biasanya awal dari ejakulasi Anda. Sehingga merupakan hal wajar yang biasa terjadi. sedangkan lendir yang disebabkan oleh penyakit, memiliki beberapa penyebab lagi. Berikut beberapa gejala penyakit kelamin yang disebabkan oleh keluarnya lendir.

  • Urethritis

Urethritis adalah inflamasi yang terjadi pada pembuluh di kelamin pria. Lendir yang keluar biasanya bening, atau bisa berubah menjadi kuning, putih bahkan bercampur darah jika masalah semakin serius. Banyaknya lendir yang keluarpun bermacam-macam. Beberapa gejala yang akan Anda rasakan yaitu rasa sakit dan tidak nyaman apabila buang air kecil dan merasa perih karena iritasi pada uretra. Iritasi tersebut biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri.

  • Inflamasi

Uretra biasanya terinflamasi tanpa adanya infeksi. Misalnya, jika kelamin Anda tidak sengaja terkena jari atau barang tajam yang dapat menyebabkan inflamasi dan menyebabkan keluarnya lendir untuk mencegah iritasi. Hal lain juga dapat menyebabkan keluarnya cairan pada kelamin pria seperti antiseptik, sabun mandi, dan parfum yang terlalu kuat dan mengandung bahan kimia berlebih dapat membuat uretra terinflamasi jika Anda cukup sensitif terhadap bahan tersebut.

  • Gonorrhea

Lendir yang keluar pada kelamin pria bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual, Gonorrhea. tanda penyakit gonore sudah sembuh adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Gonococcus. Penyakit ini dapat menular selama hubungan seksual. Cairan atau lendir biasanya berwarna kuning, hijau, putih, putih pucat atau bening. Tanda-tanda Anda terjangkit Gonorrhea sulit sekali diidentifikasi.

  • Trikomoniasis

Penyakit menular seksual ini disebabkan oleh parasit Trhicomonas vaginalis. Keluarnya lendir pada kelamin pria bisa dikarenakan Anda terjangkit penyakit tersebut. Beberapa gejala lain yang bisa Anda perhatikan yaitu sensasi terbakar saat buang air kecil, tidak nyaman saat berhubungan seksual, dan gatal sekitar kemaluan Anda.

Bahaya Keluarnya Lendir

Bahaya akibat keluarnya lendir sebenarnya dapat dilihat dari penyebabnya terlebih dahulu. apabila keluarnya lendir bersifat normal dan merupakan bagian dari sistem reproduksi Anda, maka jangan khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Lendir akan berangsur hilang apabila tidak dibutuhkan lagi atau tidak ada faktor yang merangsang keluarnya lendir tersebut. Sehingga tidak ada penanganan khusus yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko atau bahaya dari kejadian tersebut.

Sponsors Link

Sedangkan apabila penyebab keluarnya lendir adalah masalah kesehatan yang Anda alami, bisa jadi ini merupakan masalah serius yang dapat membahayakan tubuh Anda terutama kelamin dan sistem reproduksi Anda. Ketika gejala Gonorrhea seperti keluarnya lendir tersebut Anda abaikan dan semakin memburuk, hal ini dapat menyebabkan Anda mandul dan harus disterilisasi. Penyakit lain seperti urethritis juga akan menyebabkan infeksi yang lebih parah jika dibiarkan tanpa pengobatan. Setiap penyakit terutama pada kelamin Anda harus tetap mendapatkan perhatian dan penanganan agar tidak membahayakan kesehatan Anda. Segera hubungi dokter sebelum masalah-masalah tersebut semakin membahayakan kesehatan Anda.

Pengobatan yang Dapat Dilakukan

Selain bahaya dari keluarnya kanker harus memperhatikan penyebabnya, pengobatan yang perlu Anda lakukan juga memerlukan perhatian terhadap penyebabnya. Setiap penyebab keluarnya lendir, memerlukan pengobatan yang berbeda-beda. Jadi perhatikan terlebih dahulu penyebab sebelum mengambil langkah pengobatan. Berikut beberapa pengobatan yang dapat Anda lakukan jika kelamin Anda mengeluarkan lendir menurut penyebabnya:

Sponsors Link

  • Jika Anda mengalami keluarnya lendir pada kelamin akibat penyakit chlamydia harus tahu antibiotik Chlamydia, maka pengobatan yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi Oral Azithromycin 1 gr untuk satu kali pengobatan, atau 7 hari pengobatan dengan mengonsumsi oral Doxyxyxline 100 mg 2 kali sehari.
  • Mengonsumsi Intramuscular Cefriaxone 250 mg atau oral Azithromycin 1 gr jika keluarnya lendir pada kemaluan Anda dikarenakan penyakit Gonorrhea.
  • Jika penyebab keluarnya lendir adalah Trichomoniasis, maka pengobatan yang dianjurkan adalah mengonsumsi oral Metronidazole 2 gram utuk satu dosis penuh, atau oral Metronidazole 500 mg dua kali sehari selama 7 hari rutin.
  • Sedangkan jika urethritis dan cara penularan prostatitis adalah penyebab keluarnya lendir, maka dokter akan memberikan antibiotik khusus atau pengobatan tambahan sesuai hasil uji sampel pada laboratorium terlebih dahulu.

Nah, karena sudah tahu penyebab, bahaya, dan penanganannya, maka papun penyebab keluarnya lendir pada kelamin pria, Anda diharapakan untuk tidak mengabaikannya dan segera mengetahui penyebabnya. Hal ini dimaksudkan agar segera tahu penanganan yang tepat agar sembuh sesuai penyebabnya dan hasil penyembuhan dapat optimal. Segera hubungi dokter Anda apabila Anda mengalami keluarnya lendir pada kelamin Anda akibat hal-hal yang tidak normal atau diluar proses sistem reproduksi Anda.

Sponsors Link
, , , ,