Sponsors Link

Keloid Keluar Nanah: Penyebab, Bahaya, dan Penanganannya

Sponsors Link

Keloid keluar nanah adalah sebuah kondisi di mana jaringan parut secara perlahan membesar secara berlebihan, mulai membentuk jaringan halus dan keras di sekitar kulit bekas luka disertai dengan infeksi. Keloid bisa berpindah-pindah di tubuh karena keloid dapat tumbuh seiring dengan keberadaan bekas luka yang berpotensi menyebabkan keloid.

ads

Keloid keluar nanah bisa disebabkan oleh luka ringan lain yang dapat memicu keloid adalah luka bakar dan luka karena tindik. Pada kasus-kasus tertentu didapati bahwa keloid timbul karena operasi atau cedera parah. Keloid juga dapat muncul secara spontan karena peradangan ringan yang disebabkan oleh jerawat. Hal itu bisa muncul di bagian tubuh manapun, baik waja, dada, atau pun punggung.

Beberapa keloid menjadi cukup besar dan tidak enak dipandang, ada juga yang menyebabkan keloid berdarah, ada juga yang iritasi hingga menyebabkan keloid bernanah. Ingin mengetahui lebih jauh apa itu keloid keluar nanah: penyebab, bahaya, dan penanganannya, simak penjelasan sebagai berikut ini:

Penyebab Keloid Bernanah

Selain menyebabkan masalah keindahan kulit, bekas luka yang tumbuh menjadi keloid keluar nanah cenderung gatal, perih, atau bahkan terasa nyeri atau sakit ketika disentuh. Sampai sekarang belum ada penelitian yang mengungkap penyebab pasti kenapa keloid dapat muncul pada orang tertentu bahkan sampai ada yang bernanah. Akan tetapi, ciri-ciri keloid keluar nanah yang dapat dipastikan ialah karena adanya perubahan pengontrolan pertumbuhan pada bagian kulit yang mengalami bekas luka dan sekaligus luka tersebut mengalami infeksi. Keloid keluar nanah sering terjadi baik pada wanita dan laki-laki dengan proporsi yang sama.

Meskipun wanita di Indonesia lebih cenderung mengalaminya karena wanita Indonesia melakukan tindik pada telinganya. Keloid jarang terjadi pada anak-anak dan orang tua. Ada juga kecenderungan orang dengan kulit yang lebih gelap berpotensi lebih rentan dengan penyakit keloid ini. Intinya keloid dapat terjadi pada orang dari semua jenis kulit. Dalam beberapa kasus, kecenderungan kemunculan keloid keluar nanah tampaknya juga berhubungan dengan faktor keturunan dalam keluarga.

Keloid biasa maupun keloid keluar nanah dapat berkembang paling sering di dada, punggung, bahu, dan telinga. Keloid jarang sekali yang terjadi pada wajah. Keloid yang diakibatkan tindikan dapat terjadi karena adanya luka ringan ketika seseorang melakukan tindik pada bagian tubuh. Seseorang bisa saja mengalami keloid pada satu daun telinga setelah ditindik. Karena tidak ada penyebab pasti, maka disarankan untuk menghindari bekas luka yang berpotensi meningkatkan faktor risiko penyakit kulit ini. Bekas luka yang berpotensi juga menjadi penyebab keloid membesar ialah operasi dan tindik terutama di bagian tubuh yang rentan terhadap jaringan parut.

Bahaya Keloid Bernanah

Bila tidak segera diatasi, bisa menjadi faktor penyebab kanker kulit. Keloid yang bernanah juga menjadi tanda bahwa penyakit tersebut mulai menimbulkan iritasi pada kulit dan jikapun bisa sembuh akan menimbulkan bekas luka. Bila tidak segera tertangani, keloid bisa semakin membesar dan menimbulkan iritasi, serta ketidaknyamanan ketika tergesek dengan pakaian yang dikenakan atau ketika bergesekan dengan benda-benda lain selama seseorang beraktifitas. Kondisi tersebut akan meningkatkan rasa tidak percaya diri pada seseorang, dia pun bisa memilih untuk mengisolasi dirinya sendiri dari pergaulan.

Bahaya penyakit keloid bernanah ialah sebagai berikut:

  • Menghambat proses penyembuhan
  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh akibat defisiensi nutrisi
  • Infeksi
  • Terasa sakit saat disentuh maupun tidak
  • Dapat menimbulkan bengkak
Sponsors Link

Pengobatan Keloid Bernanah

Beberapa Metode pengobatan yang tersedia sebagai cara menghilangkan keloid atau mengobati keloid antara lain:

  • Suntikan Cortison (steroid intralesi)

Tindakan ini aman dan tidak sangat menyakitkan. Suntikan biasanya diberikan sebulan sekali sampai memperoleh hasil maksimal. Suntikan aman (steroid dengan dosis paling kecil disuntikkan ke dalam aliran darah). Suntikan ini biasanya dapat membantu meratakan keloid, namun, suntikan steroid juga dapat membuat keloid yang diratakan tersebut menjadi berwarna merah dengan merangsang pembentukan pembuluh darah daerah superficial. Hasil pengobatan ini bisa jadi akan meninggalkan bekas luka dan terlihat berbeda dari kulit normal lainnya.

  • Cara Bedah/Pembedahan

Cara ini adalah cara yang berisiko, karena melalui pembedahan akan memotong keloid yang mana hal ini dapat memicu pembentukan keloid yang sama atau bahkan lebih besar di kemudian hari. Di samping itu, setelah pembedahan selesai biasanya juga dilakukan Radiasi sebagai langkah atau cara menghilangkan bekas luka setelah pembedahan.

Sponsors Link

  • Penggunaan Laser

Laser bisa efektif meratakan keloid dan membuat warna merah pada keloid menjadi berkurang. Pengobatan ini aman dan tidak sangat menyakitkan, tetapi memerlukan beberapa sesi perawatan. Namun anda perlu tahu bahwa pengobatan keloid dengan laser umunya harganya relatif mahal dan tidak dapat diklaim ke dana asuransi.

  • Cara-cara Alami

Ada beberapa cara alami yang direkomendasikan untuk mengatasi keloid yang bernanah, salah satunya ialah dengan cara menghilangkan keloid dengan lidah buaya. Cara lainnya dengan bawang merah, ada juga yang memilih menggunakan minyak kayu putih. Akan tetapi cara ini cukup lambat reaksinya.

Demikian penjelasan tentang keloid keluar nanah: penyebab, bahaya, dan pengobatan yang mungkin dapat dijadikan alternatif. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Keloid