Sponsors Link

Perihal Kantung Testis Mengerut: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Salah satu organ reproduksi pria yang patut dijaga dengan baik adalah katung testis. Dalam istilah ilmu pengetahuan, kantong terstis dikenal dengan nama skrotum. Skrotum merupakan bagian dari organ reproduksi pria yang berada di luar sistem tubuh manusia. Organ ini terletak menggantung di antara penis dan anus. Jika dibandingkan dengan organ reproduksi perempuan, maka kantung testis secara anatomi berasal dari bagian yang sama dengan labia mayora.

ads

Dalam kantung testis terdapat dua buah testikel. Testikel adalah kelenjar kelamin jantan yang berfungsi untuk memproduksi sperma dan hormon testosteron. Ukuran buah zakar normal atau testis berbeda setiap orang, tergantung faktor genetik.

Gejala Kantung Testis Mengerut

Akan tetapi, ukuran dua testis pada seorang pria tidak selalu sama persis. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan kecuali jika perbedaan ukuran yang ada cukup signifikan. Penyebab testis besar sebelah dalam ukuran yang signifikan barangkali adalah penyakit tertentu.

Sebagai tempat memproduksi sperma dan hormon testosteron, kantung testis memiliki fungsi yang sangat vital. Sebab jika gagal melindungi dua buah testikel di dalamnya, produksi sperma dan hormon testosteron akan terganggu. Dalam upaya melindungi testikel atau buah zakar, kantung testis kerap melakukan efek kremaster. Efek kremaster terjadi secara refleks mengikuti suhu udara di sekitarnya.

Suhu memang merupakan faktor terpenting dalam produksi sperma di dalam testis. Jika suhu di sekitar organ reproduksi pria cukup panas, maka otot-otot pada kantung testis kendur. Sebaliknya jika suhu cukup dingin, maka kantung testis akan mengerut. Oleh karena itu ketika cuaca dingin, kantung testis Anda akan cenderung mengerut atau lebih kecil dengan banyak kerutan di permukaan kulitnya.

Penyebab Kantung Testis Mengerut

Mengerutnya kantung testis adalah hal yang normal, jadi bukan sesuatu yang perlu Anda gelisahkan. Kantung testis mengerut adalah cara tubuh mendapatkan suhu yang paling ideal bagi proses produksi sperma di dalam testikel. Sebab jika suhu di sekitar organ reproduksi tidak ideal baik terlalu dingin dan terlalu panas maka kualitas sperma yang dihasilkan akan buruk. Ada pun suhu ideal kantung testis adalah sekitar 34o celcius.

Akan tetapi, ada beberapa penyebab yang membuat kantung testis Anda mengerut namun tidak mengindikasikan tindakan tersebut sebagai sesuatu yang normal, yakni sebagai berikut.

  1. Terpapar Alumunium

Alumunium saat ini kerap kali digunakan sebagai bahan pembungkus makanan, yakni alumunium foil. Bahan ini banyak digunakan karena mampu membuat makanan tetap awet dengan suhu hangat yang lebih lama jika dibandingkan dengan bungkus yang lain. Sayangnya, makanan yang terpapar senyawa alumunium dan terakumulasi di dalam tubuh bisa memberikan pengaruh yang buruk terhadap organ reproduksi pria.

Salah satu pengaruh buruk dari paparan alumunium bagi orang reproduksi pria adalah dengan mengerutkan kantung testis atau skrotum. Ada pun kantung testis mengerut disebabkan oleh munculnya stress oksidatif pada testis. Kantung testis yang mengendur dan mengecil tentu akan memengaruhi kualitas sperma yang diproduksinya. Oleh karena itu, selain mengonsumsi makanan yang baik untuk testis, Anda perlu memerhatikan proses pembuatan dan penyajian dari makanan tersebut.

  1. Memiliki Masalah Tidur
Sponsors Link

Pria yang memiliki masalah tidur seperti insomnia sudah seharusnya merasa khawatir dengan organ reproduksinya, apalagi jika mereka juga memiliki kebiasaan merokok. Jadwal tidur yang tidak teratur menjadi faktor utama yang membuat kantung testis Anda mengecil dan memberikan pengaruh buruk terhadap kualitas sperma mereka.

Fakta ini menjadi simpulan dari penelitian yang dilakuan oleh Unverstity of Southern Denmark pada tahun 2014. Untuk mengatasi kantung testis yang mengerut karena masalah tidur, tentu saja Anda perlu memperbaiki jadwal dan kualitas tidur Anda.

  1. Pembengkakan Kantung Testis

Kantung testis yang mengerut dan tidak mampu mengendur sesuai dengan suhu di sekitar organ reproduksi bisa disebabkan oleh adanya masalah pada kulitnya. Masalah yang paling umum ditemui adalah pembengkakan di area kantung testis sehingga kulit menjadi keras dan cenderung terlihat mengerut setiap saat.

Pengobatan Kantung Testis Mengerut

Sponsors Link

Pembengkakan di area kantung testis bisa memberikan rasa nyeri di area selangkangan, Anda perlu melakukan konsultasi untuk mengetahui cara menghilangkan nyeri pada testis dengan dokter kelamin Anda.  Ada pun beberapa penyakit yang bisa membuat kulit kantung testis Anda keras dan bengkak adalah hidrokel, hernia, klamidia, saraf terjepit, infeksi virus, hingga kanker testis. Hidrokel atau akumulasi cairan di dalam testis bisa pula menjadi penyebab buah zakar bengkak pada anak.

Jika kantung testis atau skrotum Anda mengerut dan keras karena tiga penyebab di atas, penanganan secepatnya sudah sepatutnya diambil. Anda bisa mengonsultasikan hal tersebut bersama dokter spesialis kulit dan kelamin untuk menentukan langkah pengobatan paling tepat. Akan tetapi, melakukan pencegahan sudah sepatutnya Anda jadikan pilihan utama. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat kantung testis Anda tidak mengerut baik karena refleks tubuh terhadap suhu atau pun karena hal lainnya.

Anda sudah selayaknya menjaga kebersihan organ vital, menggunakan pakaian yang sesuai, mengatur pola hidup dan asupan makanan yang sehat serta melakukan hubungan seksual yang aman. Niscaya, organ reproduksi Anda akan tetap dalam kondisi yang baik.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :