Sponsors Link

Kantung Testis Kendur: Penyebab, Bahaya, dan Pengobatannya

Sponsors Link

Pria pada umumnya akan mengalami scrotum. Apa itu scrotum? Scrotum adalah keadaan kantung kulit testis Anda menjadi kendur. Hal ini biasanya disebabkan oleh semakin bertambahnya umur. Sehingga keadaan ini lebih sering dirasakan oleh pria dewasa maupun yang sudah tua. Kantung testis yang kendur rasanya menjadi masalah yang menganggu kepercayaan diri pria.

ads

Sering dipertanyakan apakah hal ini normal atau justru merupakan gejala adanya masalah seksual atau reproduksi? Tidak perlu khawatir akan hal ini, sebab pada artikel ini akan dibahas mengapa hal itu terjadi. Sehingga mampu memberi penjelasan dan pemahaman bagi Anda yang mengalaminya sekarang. Berikut penjelasan mengenai kendurnya kantung testis pada pria.

Penyebab Kendurnya Kantung Testis

Kendurnya kantung testis pada pria biasanya disebabkan oleh penuaan. Hal ini akan mulai dialami oleh remaja yang akan memasuki masa dewasa. Sehingga keadaan ini sangat normal karena bagian dari penuaan dan tidak akan menimbulkan bahaya apapun bagi kesehatan Anda. Karena testis memrlukan suhu khusus agar mampu cara memperbanyak sperma secara alami, maka buah zakar biasanya akan refleks mengontrol diri untuk menempatkan dirinya. Maka dari itu, dibutuhkan kantung yang fleksibel dan tidak memiliki ruang untuk geraknya buah zakar Anda.

Otot cremaster akan mengontrol jarak buah zakar Anda antara daerah paha untuk mengatur suhu yang tepat. Buah zakaar secara alami akan menjauh dari tubuhmu tetapi akan mendekat ketika dingin. Hal ini dilakukan agar suhu yang didapatkan tetap hangat. Buah zakar juga akan mendekati tubuh ketika ada rangsangan seksual yang memacu kantung menjadi lebih kendur sebelum atau saat melakukan hubungan seksual.

Keadaan lain juga dapat menjadi penyebab mengapa kantung testis kendur. Keadaan yang disebut hydrocele testis misalnya. hydrocele testis adalah keadaan dimana cairan terakumulasi atau terkumpul pada scrotum, atau keadaan varicocele, yaitu keadaan dimana nadi sekitar spermatik menjadi meluas. Sehingga hal-hal tersebut mengakibatkan kantung testis Anda mengendur. Sedangkan, retractile testis menjaga buah zakar Anda lebih dekat pada tubuh Anda.

Sehingga, keadaan ketika kantung testis Anda kendur adalah wajar atau normal karena usia yang semakin menua atau kemampuannya untuk meregangkan dan kembali normal agar mendapat suhu yang tepat. Setiap orang mengalami masa tersebut pada umur yang berbeda-beda. Sehingga satu pria dengan yang lainnya tidak sama.

Bahaya Kendurnya Kantung Testis

Karena kendurnya kantung testis adalah hal normal dan tidak perlu diwaspadai, maka hal ini tidak memberikan efek samping yang berbahaya. Kebanyakan pria hanya tidak percaya diri dengan kedaan tersebut. Tidak perlu khawatir sampai stres sebab apabila itu terjadi, justru akan membuat produksi sperma Anda terganggu. Hal ini perlu ditekankan lagi, bahwa meskipun kantung testis yang kendur tidak enak dipandang dan membuat Anda tidak percaya diri, tetapi buah zakar memerlukan kantung yang elastis untuk mengatur suhunya.

Pengobatan yang Dapat Dilakukan

Tidak ada pengobatan yang khusus yang dapat Anda lakukan apabila kantung testis Anda kendur. Sebab merupakan proses yang normal dan wajar, maka pengobatan atas konsultasi kepada dokterpun tidak memberikan hasil. Sebab dokterpun akan menyarankan hal-hal biasa karena kendurnya kantung testis Anda sungguhlah normal dan wajar. Akan tetapi jika Anda merasa tidak percaya diri, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kendurnya kantung testis Anda:

Sponsors Link

  • Gunakan celana dalam yang ketat. Cara ini akan secara langsung membuat kantung testis Anda tidak kendur lagi dan membuat Anda percaya diri. Tapi setelah Anda tidak menggunakannya, jelas kantung akan kembali kendur. Sehingga dapat dikatakan tidak ada tindakan khusus sebenarnya dalam penanganan ini.
  • Gunakan krim, khasiat minyak zaitun untuk kelamin pria, atau pelembut khusus. Penggunakan ini dapat mengurangi kendur pada kantung testis Anda. Tetapi cara ini jelas tidak akan menghentikan perilaku sebab hal ini akan terjadi selama dibutuhkan oleh buah zakar Anda. Sehingga perlu diwaspadai jika ada bahan atau obat yang menjanjikan demikian.
  • Mengonsumsi vitamin atau suplemen. Jangan percaya apabila ada iklan yang mengatakan bahwa kendur pada kantung testis Anda akan hilang dengan meminum tersebut. Sebab hal ini bersiafat alami dan tidak dapat dicegah dan hanya mampu dikurangi. makanan yang baik untuk testis yang baik untuk testis juga dianjurkan
  • Melakukan Scrotoplasty. Scrotoplasty adalah perawatan jalan yang tidak diperlukan untuk menginap di rumah sakit. Perawatan ini akan sedikit mengakibatkan luka setelah pembedahan dan akan sembuh beberap minggu kemudian.
  • Pemotongan scrotal. Sebelum melakukan ini, diharapkan para pria telah melakukan konsultasi terlebih dahulu dan telah mendapat persetujuan dokter. Sebab hal ini beralaskan hal-hal yang memang menganggu kesehatan Anda.

Kendurnya kantung testis Anda hal yang normal dan alami dalam sistem reproduksi Anda selama tidak ada penyebab adanya benjolan di skortum. Terlebih saat proses pembuatan sperma yang memang membutuhkan suhu yang tepat. Sehingga ketika dingin, buah zakar akan mendekati tubuh Anda untuk mendapatkan suhu yang hangat. Apabila Anda merasa tidak percaya berlebihan, justru akan membuat masalah lebih serius seperti stres dan mempengaruhi kinerja sistem reproduksi dalam menghasilkan testis. Memiliki keputusan untuk efek samping operasi kelamin seperti melakukan Scrotoplasty dibutuhkan konsultasi terlebih dahulu oleh dokter. Jika tidak, Anda akan mendapat masalah yang lebih serius. Sudah tahukah penyebab dan penanganan kendurnya kantung testis? Semoga menambah pengetahuan Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan