Sponsors Link

Kanker Melanoma: Gejala, Penyebab dan Perawatannya

Sponsors Link

Kanker MelanomaPernahkah Anda mendengar penyakit melanoma? Mungkin penyakit ini cukup asing bagi telinga Anda. Tetapi Anda perlu tahu hal tersebut karena melanoma adalah penyakit kanker kulit yang umumnya terjadi pada anak anak atau remaja. Mengapa demikian? Seberapa bahaya penyakit tersebut dan dapatkah ditangani? Oleh karena itu, simak baik baik artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut penyebab, gejala, dan perawatan penyakit kanker kulit satu ini.

ads

Penyebab Melanoma

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit pada manusia. Seperti kanker pada umumnya hal ini terjadi karena adanya perubahan sel DNA pada tubuh Anda. Perubahan ini membuat beberapa sel tubuh yang awalnya tidak tumbuh dan berkembang, mampu tumbuh menjadi sel kanker atau tumor. Tentu ketidaknormalan hal tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor. Sedangkan penyebab atau faktor uatama yang mengakibatkan sel pada tubuh Anda tumbuh dan berkembang dan menjadi masalah melanoma yaitu sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet yang terpancar mengenai kulit tubuh Anda akan merusak susunan DNA pada sel kulit Anda. Kerusakan ini akan menyebabkan kerja DNA dalam membelah dan menghambat pertumbuhan sel menjadi terganggu. jika ini terus berlanjut dan tidak segera ditangani, maka sel sel tersebut bisa menjadi masalah besar bagi kesehatan Anda. Sebab sel tersebut berkmebnag menjadi sel kanker. Umumnya sinar ultraviolet berasal dari paparan sinar matahari. Akan tetapi sinar tersebut bisa juga Anda dapati pada beberapa mesin buatan. Oleh karena itu, diperlukan kehati hatian pengguna agar paparan radiasi tidak memberikan dampak yang buruk pada tubuh Anda.

Perusakan DNA oleh sinar ultraviolet tidaklah berlangsung cepat. Membutuhkan waktu bertahun tahun hingga sel tersebut benar benar berubah menjadi sel kanker. Setelah perusakan selesai dan tidak kunjung ada upaya pengobatan, maka kanker akan menyerang tubuh Anda. Keadaan melanoma lebih sering menyerang anak anak atau masa remaja seseorang. Sebab paparan sinar ultraviolet lebih sering mengenai dua generasi manusia tersebut.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit melanoma, tentunya gen yang dibawanya akan memberikan resiko lebih tinggi bagi keturunannya untuk mempunyai penyakit melanoma. Meskipun tidak mutlak terjadi adanya penyakit turunan, tetapi akan ada kemungkinan keluarga dari penyakit melanoma akan memiliki penyakit tersebut pula. Maka dari itu, jika terjadi perubahan pada tubuh Anda segeralah melakukan check up kesehatan agar mendapat penanganan dini.

Gejala Melanoma

Anda perlu tahu gejala gejala yang akan muncul jika Anda terjengkit melanoma. Pengetahuan tentang gejala ini diperuntukkan agar Anda dapat segera melakukan penanganan atas gejala yang ada. Apa saja gejala gejala yang akan Anda temui? Simak paparannya di bawah ini.

Gejala umumnya yang akan Anda temui pada tubuh yaitu adanya perubahan warna kulit. Perubahan ini hanya terjadi pada area tubuh, tidak keseluruhan kulit tubuh. Selain itu, selama perjalanan waktu perbedaan tersebut semakin terlihat karena adanya perbedaan bentuk, semakin membesar atau berisi. Perubahan tersebut memperlihatkan adanya perkembangan pada sel kulit tubuh Anda. apakah ada langkah tertentu dalam menemukan perubahan tersebut? Tentu! Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk emnemukan adanya sel kanker pada tubuh Anda. berikut langkah langkahnya.

  • Adanya ketidaksimetrisan dari kemunculan warna tersebut.
  • Kemunculan perubahan pada era tertentu tersebut seperti benjolan
  • Warna yang muncul tidak normal. Kemungkinan warnanya yaitu pink, cokelat, atau kehitam hitaman.
  • Perubahan yang terjadi memiliki ukuran diameter lebih dari 6 mm
Sponsors Link

Gejala yang telah disebut di atas tidak selamanya di miliki oleh penderita. Bisa jadi gejala setiap orang berbeda. Misalnya, tidak semua orang memiliki gejala adanya ukuran diameter lebih dari 6 mm. Sebab melanoma bisa jadi memiliki ukuran yang lebih kecil dari itu. Apapun itu gejalanya, Anda perlu curiga pada kesehatan tubuh Anda dan melakukan beberapa penanganan medis dengan mengkonsultasikan kesehatan kepada dokter. Ketahui pula perbedaan biduran dan kanker kulit.

Perawatan Melanoma

Jika Anda telah terjangkit melanoma, Anda harus tenang dan memiliki pikiran positif. Mengapa demikian? Semakin memburuknya kemampuan Anda untuk berpikir positif, tentu akan mempengaruhi tingkat kemampuan tumuh dalam menyebuhkan diri. Anda harus tetap tenang sebab melanoma dapat berangsur hilang. Ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan tergantung dengan tingkat melanoma Anda. Artinya, setiap orang tertentu memasuki tahap melanoma yang berbeda. Maka perawatan yang perlu dilakukan pun juga berbeda. Apa saja perawatan perawatan tersebut? Berikut penjelasannya.

  • Perawatan untuk tahap 0 melanoma
ads

Tahap 0 adalah tahap awal atau biasanya masih memasuki gejala adanya melanoma pada kulit Anda. Pada tahap ini tentu belum banyak perubahan atau perbedaan fisik pada area tertentu kulit. Langkah yang bisa dilakukan yaitu datang ke dokter untuk melakukan tindakan medis seperti pengambilan sampel untuk uji laboratorium. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat terhadap gejala yang Anda alami. Setelah diagnosis diberikan oleh dokter dan Anda memang terjangkit melanoma maka akan disarankan melakukan operasi ringan.

Namun apabila perubahan pada area kulit tertentu Anda tidak memberikan hasil yang mengindikasikan tubuh Anda terserang melanoma, maka dokter akan memberika krim khusus sebagai cara mengobati melanoma. Obat ini biasanya bernama Zyclara. Dalam beberapa hari ke depan Anda akan diminta untuk rutin mengaplikasikannya pada tubuh sehingga gejala yang Anda alami berangsur angsur berkurang.

  • Perawatan untuk tahap I melanoma

Pada tahap I, perubahan pada area tertentu kulit Anda mulai terlihat dengan adanya perbedaan ketebalan atau seperti tonjolan. Perawatan yang bisa dilakukan tentunya mengangkat gejala tersebut. Pengangkatan yang dilakukan adalah dengan operasi sesuai tingkat ketebalan tonjolan. Waktu sembuh dari operasi pun juga berbeda beda sesuai tingkat ketebalannya.

Setelah melakukan operasi, dokter akan memberikan beberapa obat untuk memulihkan luka pada sel kanker tersebut. Bahkan beberapa kasus membutuhkan pemberian vaksin sebagai bentuk proteksi agar melanoma tidak menjangkit kulit Anda lagi. Pastikan melakukan semua saran yang diberikan dokter, misalnya check up rutin atau mengonsumsi obat pasca operasi. Hal ini penting agar melanoma Anda tidak kambuh di kemudian hari.

  • Perawatan untuk tahap II melanoma

Pada tahap II ini, melanoma tidak hanya menyerang kulit Anda melainkan ada kemungkinan juga telah menyerang getah bening. Penganan operasi tentu saja menjadi cara terbaik untuk menyembuhkan melanoma. Biasanya tidak hanya mengangkat sel kanker saja, tetapi juga memeriksa adanya benjolan getah bening. Jika telah terjadi masalah yang serius, maka Anda juga akan mendapatkan operasi biopsi pada getah bening. Penyembuhan pasca operasi akan membutuhkan waktu yang lebih lama mengingat proses operasi yang Anda alami ada dua jenis. Selain operasi Anda juga diberi beberapa jenis obat untuk memulihkan kesehatan pasca operasi. Dokter juga menyarankan pemberian vaksin pada tahap II sebab melanoma sudah memasuki tahap berbahaya pada tubuh dan ada kemungkinan untuk muncul lagi saat tubuh Anda mulai memiliki metabolisme yang rendah.

  • Perawatan untuk tahap III melanoma

Tahap III memasuki tahap melanoma Anda sudah cukup berbahaya dan menyebar ke organ tubuh Anda lainnya. operasi pada tahap ini tentu lebih berat dibandingkan pada tahap tahap sebelumnya. Sehingga masa penyembuhannya pun juga lebih lama. Benjolan yang ada pada getah bening pun juga memiliki ukuran yang berbeda dengan tahap II. Maka, setelah operasi pengangkatan sel kanker, biasanya dokter juga memberikan terapi pada tubuh Anda untuk memperbaiki sistem imun tubuh dan beberapa perawatan lainnya. pemberian obat tertentu juga dilakukan dokter agar luka operasi segera mengering. Perawatan perawatan tersebut perlu Anda lakukan untuk menghindari adanya penyakit melanola yang menyerang tubuh saat keadaan tubuh sedang tidak sehat.

  • Perawatan untuk tahap IV melanoma

Melanoma tahap IV lebih sulit untuk disembuhkan sebab tidak hanya menyerang sel kulit tetapi juga beberapa organ tubuh Anda lainnya. keadaan ini sebenarnya bisa ditangani dengan operasi akan tetapi operasi yang dibutuhkan tentunya operasi berat. Pada tahap IV ini sel kanker tidak bisa dihilangkan dengan radiasi atau kemoterapi sejenisnya.

Sponsors Link

Hanya operasi solusi yang bisa dilakukan. penggunaan beberapa obat pasca operasi justru lebih efisien menyembuhkan dan menghilangkan sel kanker Anda dibandingkan melakukan kemotrapi. Anda hanya perlu melakukan hal hal yang dianjurkan dokter. Sebab kanker Anda pada tahap ini sudah parah. Saran dokter adalah hal terbaik yang perlu Anda jalankan.

  • Perawatan Saat Melanoma kambuh

Telah disebutkan di atas bahwa melanoma bisa kambuh kembali saat tubuh Anda dalam keadaan kesehatan yang buruk. Hal ini dapat terjadi meskipun operasi telah Anda jalankan. Lantas apa yang bisa dilakukan saat melanoma Anda kambuh lagi? Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter keadaan Anda. Dengan memberi tahu dokter, maka beberapa pilihan penanganan akan diberikan dokter. Umumnya melakukan operasi yang sama menjadi pilihan kebanyakan orang. Tetapi, terapi imun, kemoterapi, dan radiasi juga bisa menjadi pilihan lainnya. Maka sangat disarankan untuk menanyakan hal ini kepada dokter terlebih dahulu agar lebih valid dan tentunya menghentikan kambuhnya melanoma lebih lanjut. Ada juga beberapa pantangan makanan kanker kulit.

Melanoma adalah masalah kulit yang berbahaya bagi Anda. Mengingat penyakit ini adalah salah satu penyakit kanker kulit. Oleh karena itu, Anda tidak diperbolehkan mengabaikan setiap gejala atau perubahan aneh pada kulit tubuh Anda. Segera tanyakan kepada dokter masalah Anda untuk mendapat diagnosis yang tepat. Semakin cepat Anda melakukan cara mengobati kanker kulit, maka semakin cepat pula masalah kulit tersebut dapat disembuhkan. Dengan penanganan dini pula Anda telah mencegah kambuhnya melanoma Anda.

Sponsors Link
, , ,