Sponsors Link

5 Jenis-jenis Bisul: Penyebab dan Obatnya

Sponsors Link

Salah satu perhatian orang ketika berinteraksi dengan orang lain adalah tampilan kulitnya, baik dalam arti sebenarnya ataupun kiasan. Namun yang akan di bahas disini adalah kulit dalam arti sebenarnya. Yaitu bagian terluar pada tubuh manusia yang paling luas. Perhatian seseorang terhadap kulit biasanya tertuju pada warna kulit dan kesehatannya. Kesehatan kulit akan menjadi lebih penting daripada warnanya manakala seseorang sedang menderita suatu penyakit kulit. Sehingga kepercayaan diripun menurun karenanya. Ada banyak jenis-jenis penyakit kulit yang perlu kita ketahui agar dapat waspada dan terhindar dari terjangkit penyakit kulit.

ads

Banyak orang mengetahui  bisul hanya satu jenis penyakit saja. Namun ternyata terdapat lima jenis bisul yang digolongkan berdasar penyebab terjadinya. Berikut ini ulasannya:

1. Furunkel (Bisul Tunggal)

Furunkel (Bisul Tunggal)Bisul ini tumbuh dan membesar menyerupai gunung berapi karena didalamnya terdapat nanah dan dipuncak benjolan terdapat titik putih atau kuning yang disebut pustule sedangkan disekitar benjolan berwarna kemerahan. Bisul jenis furunkel ini timbul akibat adanya infeksi dari bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini adalah bakteri paling banyak di kulit. Penderita pada  umumnya akan mengalami demam tinggi manakala terjadi perang antara bakteri yang masuk kedalam tubuh dengan sel darah putih yang melawan masuknya bakteri tersebut.

Jenis furunkel dapat tumbuh di daerah leher, wajah, paha dan di daerah lipatan. Yang perlu diwaspadai jika furunkel tumbuh disekitar hidung, maka perlu tindakan cepat dengan mengkonsumsi obat antibiotik sebelum furunkel menjadi lebih parah karena akan menyebabkan infeksi yang mengancam menyebar ke otak. Furunkel diawali dengan gejala timbulnya benjolan kecil yang akan tumbuh menjadi lebih besar dengan penampakan seperti gunung berapi dimana disekitar furunkel membengkak dan berwarna merah didalamnya terdapat nanah dan pada puncak furunkel terdapat titik yang seolah furunkel akan pecah. Pada akhir fase furunkel pun pecah mengeluarkan nanah yang bercampur dengan darah.

Walaupun tidak berobat ke dokter, furunkel bisa diobati sendiri di rumah dengan cara:

  1. Mengkonsumsi obat antibiotik sebelum furunkel menjadi lebih parah.
  2. Mengompres menggunakan air hangat agar furunkel lekas pecah, karena penderita  akan merasa nyeri dibagian furunkel dan penderita mengalami demam tinggi jika furunkel belum pecah selama 14 hari.
  3. Tidak mencoba memecahkan furunkel dengan cara memencet atau menusuk menggunakan jarum karena dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi yang lebih serius.
  4. Menjaga kebersihan tubuh terutama dibagian furunkel. Selalu mencuci tangan sebelum membersihkan furunkel dan selalu menggunakan kasa baru ketika akan membersihkan furunkel yang mengeluarkan nanah.
  5. Mengoleskan salep bisul yang bisa didapat di apotik untuk membantu furunkel mengempis.

Furunkel yang membahayakan yaitu jika bakteri dalam furunkel telah masuk kedalam aliran darah yang akan menimbulkan keracunan darah, menyerang otak, menyerang jantung, dan menyerang sistem pembuluh darah.

2. Karbunkel

KarbunkelKarbunkel adalah sekumpulan bisul yang tumpang tindih, berukuran lebih kecil dibanding furunkel tumbuhnyapun bersama. Karbunkel lebih sulit disembuhkan dan mudah menjalar ke bagian tubuh lain serta menular lebih cepat pada orang lain. Sama seperti furunkel, karbunkel pun disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri Staphylococcus aureus.

Bentuk-bentuk, awal penyakit karbunkel pada kulit yang terjadi sebagai berikut:

  • Gejala dan penanganan karbunkel pun sama seperti karbunkel. Pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata bisul.
  • Bisul merupakan sejenis penyakit infeksi yang terjadi pada bagian dalam kulit.
  • Dari infeksi, reaksi selanjutnya yaitu berkembang menjadi  benjolan yang didalamnya terdapat nanah, dan terjadi pembengkakan di sekitar benjolan. Ketika tertekan atau bahkan hanya tersentuh, bisul akan terasa begitu nyeri.
Sponsors Link

3. Cystic Acne (Jerawat Batu)

Cystic Acne (Jerawat Batu)Cystic Acne (Jerawat Batu) adalah jenis-jenis bisul yang tidak dialami oleh anak-anak namun banyak dialami oleh remaja dan orang dewasa. Pada wanita biasanya dialami ketika masa menstruasi. dan jerawat batu lebih banyak muncul di daerah wajah. Jerawat batu disebabkan oleh banyak faktor yaitu:

  1. Berubahnya hormon androgen. Hal ini banyak dialami oleh seseorang ketika masuk usia remaja dimana tingkat kesuburan pun sedang meningkat.
  2. Tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati yang menumpuk sehingga sel kulit baru sulit tumbuh serta sirkulasi udara dalam kulit terganggu.
  3. Penggunaan produk KB yang digunakan sebagai alat kontrasepsi seperti pil KB yang sering menyebabkan terjadinya perubahan hormon.
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang membuat peredaran darah tidak lancar dan mengandung zat-zat pemicu penyakit seperti makanan yang digoreng dengan minyak yang telah dipakai berkali-kali, masakan yang mengandung santan dan lemak, masakan yang kurang matang, makanan yang gosong yang banyak ditemukan pada makanan yang dibakar, makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam.
  5. Penggunaan kosmetik yang berganti-ganti atau bermacam-macam
  6. Mengalami stress. Karena stress dapat mengganggu produksi hormon.
ads

Kemunculan jerawat batu diawali dengan pembentukan komedo di wajah terutama lebih banyak muncul di daerah hidung yang selanjutnya menjadi benjolan kecil yang keras dan lama kelamaan membesar namun tidak sebesar ukuran jenis-jenis bisul furunkel.

Ada beragam cara dan jenis obat untuk mengobati jerawat batu yang bisa digunakan seperti :

  1. Menggunakan obat jerawat. obat jerawat hingga kini semakin beragam ada yang berupa pil untuk diminum, sabun pencuci muka, atupun salep yang bisa didapat di apotik ataupun di toko-toko.
  2. Menjaga kesehatan kulit dengan cara menjaga kebersihan kulit dan mengkonsumsi makanan khususnya makanan sehat untuk kesehatan kulit
  3. Tidak menekan ataupun menusuk jerawat menggunakan jarum karena akan beresiko terjadinya infeksi dan peradangan sehingga mengakibatkan luka yang membesar yang dikhawatirkan akan menimmbulkan pula gejala kanker kulit
  4. Berkonsultasi/berobat ke dokter kulit. cara ini diperlukan terutama apabila pada seseorang yang memiliki jerawat yang sulit dihilangkan dan meradang
  5. Menggunakan obat tradisional diantaranya menggunakan masker seperti madu, air jeruk lemon, parutan belimbing wuluh/belimbing sayur, putih telur dan masih banyak lagi. Bisa juga dengan meminum campuran jeruk lemon, madu dan air hangat. minuman ini dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dari dalam tubuh.

4. Hidradenitis Suppurativa

Hidradenitis SuppurativaHidradenitis Suppurativa adalah jenis bisul yang proses munculnya diawali dengan infeksi secara langsung pada bagian kelenjar keringat. Adapun faktor penyebab munculnya jenis bisul ini yaitu :

  1. Perubahan hormon. Faktor ini banyak dialami oleh remaja.
  2. Mengalami stress. Karena stress akan memicu produksi hormon yang berlebih
  3. Hormon yang diproduksi pada wanita menyebabkan wanita lebih banyak terkena jenis-jenis bisul ini.
  4. Faktor keturunan
  5. Kelebihan berat badan (obesitas) yang menyebabkan masalah pada kelenjar keringat
  6. Mengkonsumsi makanan yang membuat peredaran darah tidak lancar dan mengandung zat-zat pemicu penyakit seperti makanan yang digoreng dengan minyak yang telah dipakai berkali-kali, masakan yang mengandung santan dan lemak, masakan yang kurang matang, makanan yang gosong yang banyak ditemukan pada makanan yang dibakar, makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam

Bisul ini berukuran besar seperti jenis bisul furunkel namun berbentuk bulat seperti kelereng dan bisul ini tidak seperti jenis bisul furunkel yang bisa pecah dengan sendirinya melainkan harus dilakukan bedah kecil untuk mengeluarkan nanah dan cairan lainnya. Jenis bisul ini sering muncul dan tumbuh disekitar lipatan tubuh seperti selangkangan dan ketiak. kemunculan bisul ini membuat rasa sakit yang sangat sampai penderita mengalami demam tinggi.

Akibat yang ditimbulkan jenis bisul Hidradenitis Suppurativa seperti berikut ini :

  • Karena kemunculannya dibagian lipatan seperti selangkangan maka tidak jarang terjadi mengakibatkan pembekakan alat kelamin dan menghambat aktifitas karena gerakan tubuh yang terbatas.
  • Mengeluarkan bau tidak sedap sehingga menurunkan rasa percaya diri
  • Dapat meninggalkan bekas seperti bekas koreng ketika bisul ini telah sembuh. Sehingga kita perlu mengetahui cara menghilangkan bekas koreng agar kulit tetap terlihat sehat.
Sponsors Link

5. Pilonidal Cyst (Kista Pilonidal)

Pilonidal Cyst (Kista Pilonidal)Jenis bisul ini sering dialami oleh orang yang sering duduk dalam jangka waktu yang lama, kaum pria yang masih remaja, seseorang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas), serta orang yang memiliki banyak bulu/rambut halus di area pantat. Kista Pilonidal merupakan kantung abnormal pada kulit yang berisi rambut dan sisa-sisa kulit mati. Jenis bisul ini dapat kambuh, banyak kasus penderita yang pernah mengalami terjangkit penyakit ini kembali mengalaminya lagi. Penderita akan merasakan nyeri yang sangat ketika kista pilonidal terinfeksi. Untuk cara mengobati bisul jenis ini biasanya banyak dilakukan hanya oleh dokter.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit bisul usaha yang paling penting dilakukan ialah menjaga kebersihan badan, pakaian serta lingkungan. Usahakan mandi dua kali sehari. Dan pastikan tidak memakai pakaian yang sama berulang-ulang tanpa dicucui. Konsumsi makanan pun perlu dijaga. Mengkonsumsi makanan sehat kaya gizi dan vitamin serta berolahraga yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh, peredaran darah lancar, dan proses regenerasi kulit tidak terhambat. Jika upaya-upaya tersebut enggan dilakukan maka kita akan mudah terjangkit berbagai jenis penyakit terutama penyakit kulit.

Demikian itulah beberapa ulasan dari bentuk-bentuk jenis bisul, dengan di sertai beberapa penyebab dan juga dijelaskan beberapa obatnya.

Sponsors Link
, ,




Oleh :