Sponsors Link

4 Hubungan Antara Penyakit Hipertiroid Dengan Lupus Secara Medis

Sponsors Link

Sistemik Lupus Eritematosus (STE) atau biasa dikenal awam hanya dengan sebutan lupus. Banyak artikel yang akan menjelasakn penyakit lupus dengan lengkap, intinya penyakit ini adalah penyakit yang menyerang antibody secara kronis. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita dengan usia reproduksi dan angka kematiannya pun cukup tinggi untuk penyakit lupus tersebut. Ternyata ada juga hipotis yang menjelaskan tentang hubungan penyakit hipertiroid di dalam lupus. Pada artikel ini akan menjelaskan tentang hubungan antara penyakit hipertiroid dengan lupus yang mungkin ada kemiripan diantara kedua penyakit tersebut. Ada baiknya untuk mengetahui tentang cara mengobati jamur kulit untuk mengenali  jenis-jenis penyakit kulit.

ads

Hubungan Hipertiroid dengan Penyakit Lupus

  1. Penyakit autoimun tiroiditis biasa ditandai dengan adanya antibodi yang dapat menyerang antigen tiroid dan yang menjadi hal terpentingnya adalah karena dihubungkan dengan organ non spesifik yang terjadi pada gangguan reumatologi yang diantaranya merupakan sistemik lupus eritematous. Penelitian yang dilakukan memiliki hasil yaitu gangguan tiroid lebih sering ditemukan pada penyakit lupus dibandingkan dengan orang pada umumnya yang kondisi badannya sehat.
  2. Menjadi permasalahan adalah masih belum ada kejelasan tentang adanya gangguan tiroid tersebut adalah gangguan hipotiroid atauadanya hipertiroid yang memang lebih dominan dan ada dalam tubuh. Penelitian yang dilakukuan juga memberikan informasi bahwa adanya temuan tentang antimicrosomal antibodi dan antithiroglobulin antibodi yang terdapat pada penyakit lupus dibanding dengan orang yang memiliki kesehatan normal.
  3. Memang benar gejala yang ditimbulkan pada gejala klinis tiroid tidak terlihat muncul, namun penyakit lupus merupakan salah satu faktor yang dapat memicu resiko terjadinya gangguan tiroid, konsistensi dari teori ini belum bisa dijelaskan secara jelas dengan kacamata medis. Tetapi banyak fakta yang menjelasakan bahwa memang gangguan tiroid ada dibalik penyakit lupus yang diderita pasien.
  4. Salah satu fakta yang mendukung teori hubungan tiroid dan lupus adalah dimana subyek yang menjadi penderita biasa dirasakan oleh remaja usia muda dan perempuan. Berdasarkan juga pada penelitian yang dilakukan, bahwa benar adanya antimicorsomal antibodi lebih sering terlihat dan ditemukan pada kumpulan hipotiroid dan penting untuk mengetahui  makanan sehat untuk kesehatan kulit.

Penjelasan singkat dari uraian diatas adalah, pada dasarnya hipertiroid tidak menyebabkan penyakit lupus, tetapi banyak teori dan penelitian yang membuktikan bahwa pada sebagian kasus penyakit lupus ini banyak ditemukan kasus hipertiroid dan hipotiroid. Penyakit lupus memang penyakit yang menyerang bagian autoimun, dimana sistem kekebalan kita salah mengenali target yang harus dibasmi dan balik menyerang organ-organ normal tubuh, seperti :

  • Bagian kulit, yang termasuk pada sel-sel rambut
  • Organ ginjal
  • Organ jantung
  • Paru-paru
  • Sel darah merah, dan organ-organ penting tubuh yang lainnya.

Sehingga sebenarnya tidak menutup kemungkinan apabila penderita hipertiroid juga terkena penyakit lupus, bisa juga gejala yang dihasilkan memang efek dari penyakit hipertiroid. Untuk hasil dan informasi yang lebih meyakinkan ada baiknya untuk memeriksakan fiik lebih intens, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter terkait dan memang yang spesialis menghadapi penyakit-penyakit tersebut. Sekilas informasi yang harus anda ketahui pada dasarnya cara mengobati jamur kulit tergantung pada penyebab jamur kulit yang dialami.

Penderita penyakit lupus memiliki kaitan yang cukup signifikan terkait tentang adanya gangguan tiroid apabila dibandingan dengan orang sehat. Hal ini dapat dibuktikan dengan tinggi kadar antibodi antimicrosomal dan antibodi antihyroglobulin. Hipotesis dan hubungannya sangat sulit untuk diidentifikasi karena memang kedua penyakit ini memiliki gejala dan diagnosa yang sama, terutama untuk tahap-tahap awal munculnya penyakit. Untuk dibuktikan diperlukan pembuktian dan riset yang memerlukan waktu dan biaya untuk dilakukan.

Sponsors Link
, ,