Sponsors Link

Haid Sering Telat Setelah Melahirkan: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Setiap wanita akan mengalami masa menstruasi saat sudah pubertas, meskipun waktunya berbeda-beda. Tidak sedikit masalah yang sering di hadapi wanita adalah persoalan haid. Khususnya para ibu-ibu rumah tangga yang baru saja melahirkan. Banyak keluhan seperti Haid Sering Telat Setelah Melahirkan dan menjadi tanda tanya seputar masalah wanita. Mungkin anda juga pernah mengalaminya. Informasi kali ini akan menyampaikan masalah tersebut mulai dari gejala, penyebab sampai dengan pengobatan.

ads

Perlu di ketahui, pasca melahirkan payudara akan terasa lebih kencang dan berisi. Hal ini sudah menjadi kondisi mutlak karena seorang ibu harus menyusui buah hatinya. ASI sendiri merupakan kontrasepsi alami, artinya pada waktu memberikan ASI seorang ibu tidak mengalami haid lantaran adanya perubahan hormonal dari organ kewanitaan tersebut.

Pada saat memberikan ASI, kadar prolaktin wanita akan meningkat, hormon ini yang menyebabkan seorang wanita tidak mengalami siklus menstruasi, dan situasi ini akan kembali pulih usai proses menyusui selesai. Jelas, penyebab ini hanya dialami oleh Ibu yang setelah melahirkan saja, beda dengan penyebab menstruasi sering terlambat pada umumnya.

Kendati demikian, pada beberapa wanita masalah haid tetap terjadi di tengah proses ASI eksklusif. Ketika siklus haid sudah mulai terjadi, pada saat itu pula proteksi KB dari ASI ini telah selesai. Apabila anda belum pernah haid sejak masa persalinan, hal ini bisa disebabkan karena menyusui sebagai KB alamiah atau biasa  dikenal dengan nama metode amenore laktasi. Lalu apa saja gejala dari Haid Sering Telat Setelah Melahirkan? Berikut ini bisa anda simak beberapa gejalanya:

  1. Haid Datang Lebih Awal

Anda tentu patut mewaspadai apabila haid datang lebih awal dibanding dari biasanya. Karena hal ini menggambarkan adanya kelainan atau penyakit, antara lain seperti perkembangan kanker atau gangguan kelenjar endokrin meskipun tidak sepenuhnya benar.

Selain itu, menstruasi yang mungkin seringkali datang lebih awal juga bisa memicu terjadinya anemia, keguguran, dan juga mempengaruhi kehamilan. Beberapa kejadian tersebut juga masuk dalam daftar bahaya kista saat hamil maupun akibat kanker rahim yang cukup berbahaya.

  1. Haid Terlambat

Haid yang datang terlalu awal tidak baik, demikian juga dengan haid datang terlambat. Haid bisa dikatakan datang terlalu awal maupun datang terlalu lambat jika kurang atau melebihi 7 hari sebelum serta sesudah haid sebelumnya. Oleh sebab itu, apabila haid anda datang terlambat selama 7 hari setelah haid sebelumnya, anda sudah patut waspada. Terdapat dua kemungkinan yang menjadi penyebab haid anda datang terlambat yakni kehamilan dan haid yang tidak memang teratur.

Jika masalah seperti ini sering terjadi (lebih dari 3 kali), maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan agar bisa ditangani secepat mungkin.

  1. Warna Darah Haid Abnormal

Gejala lainnya adalah warna darah haid abnormal. Anda pasti tahu bahwa haid yang normal darahnya berwarna merah gelap juga disertai bercak warna merah. Bercak tersebutlah yang merupakan lendir serviks. Apabila darah haid anda berwarna merah jernih mendekati tekstur air, berwarna merah muda, warna hitam, ataupun warna ungu, maka hal tersebut menandakan bahwa warna darah haid yang tidak normal. Apabila seluruh darah haid anda berupa gumpalan darah, maka itu juga tidak normal atau haid berwarna abnormal. Meski mirip, namun kejadian ini tidak sama dengan trikomoniasis.

  1. Lama Menstruasi Berubah

Menstruasi yang telat melebihi 7 hari bisa dikategorikan sebagai menstruasi tidak normal. Haid yang terlalu lama dapat menjadikan wanita kehilangan banyak darah sehingga mempengaruhi kesuburan.

  1. Amenorrhea

Amenorrhea yakni suatu keadaan atau kondisi yang terjadi pada seorang wanita dan tidak mengalami menstruasi pada masa menstruasi sebagaimana mestinya atau secara sederhana disebut juga dengan tidak haid pada suatu periode menstruasi. Apakah benar keputihan dapat menghambat menstruasi juga? Ketahui saja langsung pada link tersebut.

Apabila anda sudah pernah haid tetapi saat ini merasa terlambat, bisa saja anda hamil. Menunda pemeriksaan dengan test pack tidak akan merubah kehamilan. Selain kehamilan, telat haid bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti berikut:

Sponsors Link

  • Perubahan berat badan, entah kurus atau gemuk
  • Crash diet
  • Merokok, minum alkohol, minum kopi secara berlebihan
  • Menggunakan obat-obatan tertentu seperti hormon, kemoterapi, dan obat psikotik
  • Stress pada psikologis
  • Terjadinya penyakit kandungan (sindrom ovarium polikistik, myoma uteri, polip rahim, kista rahim, endometriosis)

Haid Sering Telat Setelah Melahirkan bisa di obati dengan langkah alami berikut ini:

  1. Wortel

Wortel bisa menjadi ramuan efektif ketika Haid Sering Telat Setelah Melahirkan. Menurut dr. Christiane Northrup, seorang dokter dan para ahli kesehatan wanita sekaligus penulis buku asal Amerika Serikat, cukup penting untuk mendapatkan banyak antioksidan, vitamin C, serta beta-karoten untuk meningkatkan keseimbangan hormon dan juga kesehatan menstruasi.

Nah, sumber yang bisa anda dapatkan yakni dari wortel, yang turut menyumbang serat dan nutrisi penting dalam jumlah yang signifikan bagi tubuh. Dan Wortel juga termasuk salah satu paling efektif dalam jenis makanan yang mempercepat datangnya haid.

  1. Tomat

Selain wortel, tomat juga mempunyai manfaat tak kalah penting. Tomat merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang kaya akan berbagai nutrisi yang di butuhkan tubuh. Salah satu khasiat baiknya yakni mampu mengobati amenore dan mengatasi haid tidak lancar sekalipun pasca melahirkan. Anda bisa mengkonsumsi olahan dari buah tomat ini dalam bentuk jus atau sup secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Kunyit

Kunyit memang telah lama di percaya untuk kesehatan tubuh. Caranya dengan menjadikan kunyit menjadi olahan minuman segar. Begitupun untuk masalah haid yang telat, kunyit adalah salah satu sumber estrogen yang baik untuk wanita. Jadi kunyit bisa membantu anda melancarkan haid pasca melahirkan. Banyak sekali manfaat dari kunyit ini, dan salah satunya yakni kudis, berikut cara mengobati kudis dengan kunyit yang perlu Anda tau.

Demikianlah gejala, penyebab sampai dengan cara mengobati Haid Sering Telat Setelah Melahirkan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :