Sponsors Link

Haid Sering Keluar Gumpalan Darah: Penyebab, Bahaya dan Penanganan

Sponsors Link

Masalah yang sering di hadapi oleh sebagian besar wanita adalah menstruasi. Hal ini sangat wajar sekali, karena setiap wanita mempunyai hormon yang berbeda-beda. Salah satu yang sering terjadi adalah Haid Sering Keluar Gumpalan Darah. Demikian adalah masalah yang paling umum terjadi dan akan di sampaikan dalam artikel kali ini mulai dari penyebab, bahaya sampai dengan penanganannya. Meski begitu anda tetap harus memantau siklus haid anda setiap bulannya.

ads

Darah yang menggumpal dan keluar saat haid adalah hal umum yang dialami wanita, dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan ataupun di resahkan. Kendati demikian, anda tetap harus waspada, sebab pada dasarnya hal ini juga di latar belakangi oleh kondisi tertentu, dan ini mungkin merupakan pertanda atau gejala dari kondisi yang serius. Untuk mengerti lebih jauh, berikut ini di sampaikan beberapa penyebab dari darah haid anda yang seringkali keluar serta menggumpal:

Penyebab Darah Menggumpal Pada Saat Haid

Pada waktu siklus haid berlangsung, lapisan rahim anda mengalami penebalan untuk mempersiapkan kehamilan. Akan tetapi, jika kehamilan tidak terjadi maka akan ada hormon yang memberi sinyal pada lapisan rahim untuk meluruhkannya dan menjadi darah haid. Gumpalan darah saat haid tersebut umumnya dipicu oleh pelepasan senyawa antikoagulan yang bertugas mengencerkan darah, tidak punya cukup waktu guna menjalankan fungsinya dengan baik.

Darah haid yang menggumpal ini sering terjadi saat menstruasi berlangsung banyak, umumnya pada awal masa haid, jumlah darah yang dikeluarkan melampaui batas biasanya timbul setelah mengalami penyebab menstruasi berlebihan berikut. Tapi darah haid menggumpal bisa berlangsung lebih lama pada wanita yang biasanya sedang mengalami haid lebih panjang. Sedang bentuk dari gumpalan darah saat haid itu sendiri umumnya menyerupai gel, dengan warna merah hingga merah tua kecokelatan. Gumpalan darah haid akan di anggap normal apabila gumpalan tersebut berukuran kecil dan hanya terjadi sesekali dan bukan termasuk gejala penyakit kelamin.

Dalam kondisi yang tidak normal dari darah yang menggumpal saat haid yakni ketika gumpalan darah tampak lebih besar dan sering muncul, atau tidak kunjung berkurang. Terutama jika anda harus mengganti pembalut tiap dua jam atau kurang dari itu. Lantas apakah kejadian ini cukup berbahaya?

Jika bicara tentang bahaya atau tidak, sebetulnya ini hanyalah masalah umum dan sering terjadi. Akan tidak masuk akal jika darah yang menggumpal saat haid cukup berbahaya, mengingat semua wanita juga pasti akan mengalaminya. Namun mesti terbilang tidak berbahaya, setiap wanita harus bisa mewaspadai hal ini.

Kondisi yang Perlu Diwaspadai

Selain kondisi normal lantaran darah haid yang keluar cukup banyak, gumpalan darah saat haid juga dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih serius,misalnya adalah sebagai berikut:

  • Hormon yang Tidak Seimbang

Penyebab serius lainnya yakni ketidakseimbangan hormon. Kondisi lapisan rahim pada tubuh bergantung pada keseimbangan hormon esterogen dan progesteron anda. Jika terlalu banyak atau sedikit, maka kemungkinan besar yang akan terjadi perdarahan menstruasi yang tidak wajar, termasuk keluarnya darah haid yang berlebihan dan bakal menjadi penyebab penyakit prostatitis.

  • Miom

Miom atau disebut dengan fibroid merupakan suatu tumor non-kanker yang tumbuh di dinding Rahim. Kondisi ini yang akan mampu menyebabkan haid lebih banyak, sehingga mampu meningkatkan risiko keluar darah haid menggumpal. Penyakit ini beda dengan kista ovarium dimana bedanya dapat dilihat pada perbedaan miom dan kista ovarium berikut.

  • Endometriosis

Endometriosis ini terjadi pada saat  jaringan rahim yang disebut endometrium tumbuh di luar rahim. Penyebab pasti dari endometriosis memang tidak diketahui, akan tetapi beberapa faktor seperti keturunan, hormon dan operasi panggul ikut memengaruhi. Endometriosis kerap juga ditandai dengan terjadinya perdarahan abnormal dari vagina yang dapat disertai dengan gumpalan. Dan ketika Anda menemukan ciri ciri endometriosis, segera lakukan penanganan dengan menerapkan cara mengobati kista endometriosis berikut.

Sponsors Link

  • Adenomyosis

Adenomysis ini kondisi yang terjadi ketika lapisan rahim telah tumbuh ke dalam dinding rahim tanpa sebab yang jelas. Hal ini menimbulkan rahim menebal dan membesar hingga 2-3 kali ukuran normal. Selain itu juga menyebabkan perdarahan dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga mungkin disertai juga dengan gumpalan.

  • Keguguran

Pada saat mengalami keguguran, terutama di usia awal kehamilan, jaringan yang telah keluar dapat terlihat seperti gumpalan darah. Hal ini bisa juga diikuti dengan pendarahan.

  • Kanker

Akibat kanker rahim dan juga kanker serviks bisa ditandai dengan perdarahan hebat, disertai dengan gumpalan. Perdarahan bisa timbul di luar dari siklus menstruasi, atau bisa juga setelah berhubungan seksual. Perhatikanlah gumpalan darah saat haid yang telah anda alami. Jika anda mencurigai gumpalan darah yang terjadi tersebut tidak normal, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter guna pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Demikian dari penyebab dan bahaya dari Haid sering Keluar Gumpalan Darah, dan sebagai salah satu penanganannya, berikut ini bisa anda simak:

  1. Kurangi minuman beralkohol
  2. Banyak minum air putih
  3. Kurangi asupan softdrink
  4. Banyak konsumsi sayuran hijau
  5. Perbanyak makan buah-buahan
  6. Minum ramuan alami seperti kunir asam, kunyit asam, beras kencur dan beberapa lainnya
  7. Kurangi asupan obat-obatan tertentu.

Demikianlah tentang Haid Sering Keluar Gumpalan Darah mulai dari penyebab, bahaya dan penanganannya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sponsors Link
, , , , , , , , ,




Oleh :