Sponsors Link

11 Gejala Sianosis yang Sering Dialami dan Mudah Untuk Dikenali

Sponsors Link

Sebelum mengetahui lebih banyak tentang gejala dan penyebab sianosis, ketahui terlebih dahulu apa itu sianosis. Penyakit sianosis merupakan salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit yang dapat ditemukan di tubuh seseorang. Sianosis merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan warna kebiruan yang munucl di kulit. selain itu, sianosis dapat muncul juga di area gusi, kuku jari tangan, dan selaput lendir. Penyakit ini dapat muncul di kulit diakibatkan kareana kekurangan oksigen dalam darah.

ads

Gejala Sianosis

Gejala sianosis dimulai dari tubuh mulai memperlihatkan wana ungu gelap atau merah. Umumnya terjadi perubahan warna kulit yang tidak biasa di beberapa bagian kulit tubuh anda, seperti di area kaki, tangan, atau pun tubuh. Hal itu terjadi karena darah teroksigenasi penuh, darah akan tetap dalam keadaan sehat dan berwarna merah cerah. Sebaliknya ketika darah tidak teroksigenasi secara penuh, akan timbul bercak-bercak warna merah, ungu gelap, dan atau kebiruan di kulit.

Umumnya akan diawali di ujung jari, sebagai area yang paling akhir mendapatkan pasokan darah area tersebut juga akan menjadi tempat yang pertama klai memperlihatkan tanda-tanda datangnya penyakit kronis dari dalam tubuh. tanda-tanda itu tidak berupa kulit sering keluar bintik merah, ini adalah tanda risiko penyakit lainnya. Intinya sianosis terjadi ketika tidak ada cukup pasokan oksigen di ke aliran darah atau lambannya darah yang mengalir ke seluruh tubuh dalam keadaan teroksigensi. Mulailah mencari perawatan medis ketika anda memiliki gejala-gejala sebagai berikut:

  1. Anda memiliki warna kebiru-biruan pada bibir atau kuku
  2. Anda mulai mengalami kesulitan bernapas, sesak napas
  3. Anda mengalami nyeri dada
  4. Anda mulai merasa kebingungan atau kehilangan kesadaran bahkan untuk sesaat
  5.  Otot dada menarik masuk dengan kali anda mencoba bernafas
  6. Anda mendengkur terllau keras
  7. duduk diam dengan bahu membungkuk
  8. anda mengalami limpness atau kelesuan

Gejala sianosis perifer

Di samping sianosis biasa, ada juga jenis sianosis yang kronis. Salah satu jenis sianosis yang harus anda waspadai ialah sianosis perifer yang ditandai dengan gejala sebagai berikut:

  1. kulit di ujung jari, jari kaki, telapak tangan, atau kaki mulai menunjukkan warna biru kehijauan
  2. Bagian tubuh yang memperlihatkan warna biru dan kehijauan terasa dingin saat disentuh
  3. Warna baru akan kembali normal ketika anda menghangatkan tubuh

Penyebab sianosis ialah karena darah kekurangan pasokan oksigen yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsinya. Tubuh selalu menyerap oksigan dari udara yang dihirup. Darah mengandung protein yang membawa sel-sel tubuh ke seluruh tubuh. Ketika darah dalam tubuh tidak memiliki pasokan darah yang cukup darah akan berubah warna menjadi biru. Hal itu bisa terjadi ketika hemoglobin memiliki kekurangan dalam mengikat oksigen untuk dibawanya ke sel-sel darah. Sedangkan kemampuan hemoglobin ini bisa berkaitan dengan gen sejak lahir. jika orang tua memiliki masalah yang sama, maka anak memiliki kecenderungan atau risiko mengalami sianosis. Ketika sianosis kronis muncul di tubuh seperti sianosis perifer, penyakit ini disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab umum sianosis perifer yang dapat muncul di tubuh:

  • Sindrom Raynaud

Sindrom Raynaud adalah sebuah kondisi di mana ujung jari tangan dan kaki terasa sangat menyakitkan. Perlahan-lahan memunculkan warna biru. Kondisi ini disebabkan oleh pembuluh darah menyempit hingga mencegah darah mencapai ekstremis.

Sponsors Link

  • Tekanan darah rendah

Penyakit ini tidak bisa disamakan dengan penyakit granuloma inguinale, Sianosis perifer bisa disebabkan oleh tekanan darah rendah. Pada seseorang yang memiliki tekanan darah rendah, ia tidak memiliki tekanan darah yang cukup untuk mendorong darah dan oksigen ke tangan dan kaki. Karena hal tersebut, ujung jari tangan dan kaki memperlihatkan tanda-tanda awal sianosis.

  • Hipotermia

Penyebab sianosis yang lain ialah kondisi hipotermia, keadaan darurat medis dimana sushu tubuh pada titik terendah ini menimbulkan darah kekurangan oksigen dan menyebabkan sianosis parah. Keadaan ini bisa membahayakan nyawa. Ini pun sama bahayanya dengan urtikaria kronis.

  • Masalah pembuluh darah atau arteri
Sponsors Link

Seseorang bisa terkena sianosis jika ada masalah pada pembuluh darah atau arteri. Seseorang yang mengalami masalah dengan pembuluh darah atau arteri mungkin tidak akan cukup untuk mengirim darah dengan kandungan oksigen ke seluruh bagian tubuh mereka dan yang paling lambat ialah ujung jari kuku dan jari kaki, singga bagian tersebut terlebih dahulu memperlihatkan perubahan warna ektrem, dari merah menjadi merah gelap, ungu, kemudian kebiruan bahkan bisa cenderung berwarna kehijauan. Jauhkan diri anda dari bahaya bleching untuk kulit, karena kegiatan ini bisa memicu penyakit kronis yang tidak anda sadari sebelumnya.

  • Gagal jantung

Seseorang yang mengalami gagal jantung juga menyebabkan tidak dapat memasok darah beroksigen secara maksimal. Kondisi yang tidak memungkinkan ini dapat menimbulkan sianosis pada bagian tubuh tertentu. Cara pencegahan penyakit kulit ini adalah dengan menjaga tubuh tetap hangat dan dengan memperlancar peredaran darah. Hal itu bisa dipenuhi dengan menjaga gaya hidup sehat, olahraga, tidur yang cukup, serta makan makanan yang bergizi. Anda bisa memanfaatkan khasiat tomat untuk kulit dan untuk menjaga kesehatan peredaran darah anda.

Demikian pemaparan tentang gejala dan penyebab sianosis yang harus anda ketahui. Gejala dan penyebab di atas harus segera ditangani supaya pasien terhindar dari kondisi kronis yang membahayakan nyawa. Kami sarankan agar anda selalu menjaga kesehatan.

Sponsors Link
, , ,