Sponsors Link

7 Gejala Kondiloma Akuminata yang Sering Tidak di Sadari

Sponsors Link

Kondiloma akuminata adalah salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit yang dimana penyakit ini merupakan nama lain dari kutil kelamin. Penyakit kulit ini sendiri disebabkan oleh infeksi virus yang ditularkan melalui aktifitas seksual. Lebih spesifiknya adalah aktifitas seksual yang dilakukan dengan cara tidak aman, seperti berhubungan tanpa pengaman, berhubungan dengan pasangan penderita penyakit menular dan lain sebagainya. Kondiloma akuminata memiliki bentuk berupa benjolan kecil yang menyendiri atau berkelompok, hal ini tentu tergantung pada seberapa parah penyakit ini terjadi pada tubuh manusia tersebut.

ads

Virus yang menjadi penyebab jenis-jenis kutil ini sangat  menyukai daerah yang lembab seperti area sekitar kemaluan. Maka dari itu kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan organ reproduksi sehingga tidak ada bakteri yang membuat tubuh kita sakit terserang kondiloma akuminata atau jengger ayam ini.

Ada banyak gejala kondiloma akuminata yang bisa menjadi petunjuk pada tubuh anda, apa saja itu :

  • Kutil tumbuh dengan cepat dan membesar

Pada mulanya penyakit ini akan diawali dengan tumbuhnya benjolan-benjolan kecil yang terdapat pada area kemaluan, ada yang bergerombol dan ada juga yang tumbuh menyendiri. Kutil yang tumbuh biasanya akan berbentuk kecil, namun jika sudah parah maka akan bertambah besar dengan cepat. Pertumbuhan kutil yang cepat inilah yang sering dikeluhkan para penderitanya. Karena bukan hanya kutil yang menganggu penampilan, namun rasa risih juga pasti ada menghampiri.

  • Keluar cairan putih tidak normal

Pada ciri penyakit kelamin wanita cairan putih tidak normal yang keluar melalui vagina biasa disebut dengan keputihan. Namun pada kasus ini, cairan putih yang keluar juga terjadi pada pria. Apabila anda mengalaminya, maka anda akan merasakan gatal luar biasa di bagian alat kelamin. Karena cairan putih tersebut juga mengandung banyak bakteri yang jangan sampai tersentuh oleh tangan kosong dan tidak segera dicuci. Jika cairan tersebut telah mengenai celana dalam anda sebaiknya langsung ganti yang baru agar tidak ada bakteri atau bau yang tertinggal di dalamnya. Jagalah kebersihan organ intim anda, untuk mendapatkan kelangsungan hidup yang sehat bebas penyakit.

  • Rasa gatal pada kulit dan rasa tidak nyaman

Entah itu adalah kutil baru atau kutil lama, maka akan tetap terasa gatal. Kulit yang ditumbuhi kutil akan terasa gatal dan menimbulkan rasa tidak nyaman. ketika gejala kondiloma akuminata ini terasa pada puncaknya, anda bisa mengompresnya dengan air hangat atau obati saja dengan obat-obatan herbal. Agar tidak menimbulkan efek samping serius bagi tubuh anda.

  • Timbul rasa nyeri ketika berhubungan seksual

Rasa nyeri yang timbul ketika berhubungan seksual tentu akan membuat anda dan pasangan merasa tidak nyaman dan menjadikan hubungan tersebut terasa mengerikan. Memang benar, kutil kelamin seringkali menjadi permasalahan yang menganggu keintiman pasangan suami istri. Rasa nyeri akan terasa ketika penetrasi mulai dilakukan, karena disitulah kutil yang tumbuh akan tersentuh atau bahkan terdesak. Untuk mencegahnya agar tidak menjadi lebih parah, sebaiknya lakukan pengobatan dahulu sampai kutil benar-benar sembuh. Nah setelah itu barulah hubungan anda dan pasangan akan kembali nyaman seperti sedia kala.

  • Kemerahan di sekitar alat kelamin

Kutil yang tumbuh akan memberikan warna kemerahan pada kulit kelamin. Terkadang area sekitar kelamin juga terasa sedikit perih, seiring dengan pertumbuhan kutil yang semakin pesat. Perlu diingat, jangan pernah menggaruk kutil yang baru atau sudah lama tumbuh pada kulit anda. karena hal tersebut hanya akan membuat infeksi yang parah atau bahkan konsekuensinya adalah kutil kelamin yang tak kunjung sembuh.

  • Lebih sering buang air kecil daripada biasanya

Jika anda lebih sering buang air kecil, maka bisa saja infeksi virus sudah merajalela hingga ke bagian saluran kemih. Saat hal ini terjadi anda harus berkonsultasi pada dokter dan menanyakan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh anda. selain itu anda juga akan diberi jenis pengobatan yang terbaik, agar penyakit tidak lagi datang mampir atau singgah dalam waktu lama. 

Sponsors Link

  • Kehilangan selera makan

Pada dasarnya apapun penyakit yang diderita oleh seseorang akan cenderung merasakan gejala kondiloma akuminata yakni kehilangan selera makan. Hal ini juga terpengaruhi oleh faktor psikologis dan kondisi badan yang dirasakan, dimana ketika tubuh dan pikiran terasa tidak nyaman akibat suatu penyakit maka akan berdampak pada nafsu makan yang buruk. Padahal sejatinya, tubuh yang sakit harus senantiasa dipelihara agar cepat sembuh dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit, seperti sayuran, buah-buahan, mengurangi makanan cepat saji, bersantan dan berlemak. Makanan sehat adalah makanan yang mudah diperoleh dan mudah diolah. Jangan pernah menyesali penyakit jika anda sendiri tidak menjaga tubuh anda dengan baik. Karena akan ada timbal balik atas apa yang anda lakukan pada tubuh anda.

Setiap penyakit pasti akan ditandai dengan gejala awal, yang tentunya pada kondisi tersebut kita dituntut untuk waspada dengan melakukan hal yang sekiranya membatalkannya menjadi penyakit berbahaya. Melakukan cara mencegah penyakit menular seksual adalah salah satu cara untuk menjaga kelangsungan hidup yang paling wajib untuk dilakukan.

Sponsors Link
, , ,