Sponsors Link

Gatal pada Kulit Kantong Buah Zakar: Penyebab, Bahaya, dan Penanganannya

Sponsors Link

Mungkin sering seorang pria merasakan gatal pada kelaminnya. Bisa jadi Anda juga pernah atau sedang mengalami hal tersebut? Hal ini pasti terjadi karena daerah kemaluan Anda juga merupakan kulit yang mudah gatal dan terinfeksi oleh benda atau zat zat di sekitarnya. Terlebih kemaluan Anda memiliki keadaan yang berbeda dengan organ lainnya, lembab dan tempat pembuangan hasil ekresi.

ads

Sehingga banyak kuman, jamur, dan bakteri penyebab penyakit yang bersarang. Lalu, jika Anda pernah merasakan gatal pada kulit kantong buah zakar, apa penyebabnya? Artikel kali ini akan membahas penyebab, bahaya, dan penanganan jika kulit buah zakar Anda gatal. Simak baik baik sebagai pengetahuan dan antisipasi dini Anda.

Penyebab Kulit Kantong Buah Zakar Gatal

Penyebab gatalnya kulit buah zakar Anda perlu diketahui terlebih dahulu agar penanganan yang Anda lakukan sesuai dengan penyebabnya. Apa saja penyebab gatal tersebut. Berikut akan dibahas penyebab kulit kantong buah zakar Anda gatal.

  1. Kutil Kelamin

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya setiap orang memiliki gejala dan intensitas penyakit yang berbeda beda. Pengobatan yang dibutuhkan pun juga berbeda beda satu orang dengan lainnya. Sehingga memeriksakan diri Anda ke dokter adalah cara yang paling tepat agar kutil kelamin segera sembuh.

  1. Kudis

Penyebab lain masalah kesehatan Anda tersebut kudis. Kudis adalah masalah kulit pada umumnya yang bisa menyerang bagian mana pun termasuk kulit kantong buah zakar Anda. Penyebab penyebab penyakit scabies adalah adanya kutu yang bersarang dan berkembang pada kulit Anda. Jika gatal gatal Anda rasakan maka segera mengunjungi dokter untuk penanganannya. Biasanya dokter akan memberikan salep atau krim kulit lainnya yang sesuai dengan kulit dan masalah alergi obat lainnya.

  1. Infeksi Jamur

Jamur akan tumbuh dan berkembang pada daerah daerah kulit yang cukup hangat. Biasanya keadaan kulit yang berlipat adalah tempat terbaik jamur untuk berkembang. Bahkan jika tidak segera ditangani jamur tersebut akan menyebabkan infeksi dengan gejala gatal gatal seperti yang Anda alami. Infeksi jamur tidak hanya menyerang organ kelamin Anda saja, melainkan juga bagian lain seperti anus atau ada pula ciri-ciri jamur di selangkangan.

  1. Alergi

Penyebab kulit kantong buah zakar Anda gatal juga bisa jadi karena alergi. Alergi terhadap makanan atau sesuatu hal selalu memberikan gejala gatal pada kulit. Sehingga perlu diwaspadai dahulu bermacam makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Anda juga memerlukan obat obatan khusus yang cocok untuk meredakan alergi Anda.

  1. Herpes Kelamin

Herpes kelamin juga dapat menjadi penyebab gatalnya kulit kelamin Anda. Perbedaan herpes zooster dengan herpes genital. Biasanya herpes menular karena Anda melakukan kontak langsung dengan penderita baik secara seksual maupun bersentuhan. Virus penyebab herpes tidak hanya memberikan rasa gatal sebagai indikasi atau gejalanya, melainkan ada beberapa gejala lain seperti rasa panas atau terbakar sekitar kemaluan atau rasa sakit saat akan buang air kecil. Pemeriksaan ke dokter sangat perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda.

Di atas telah disebutkan beberapa penyebab rasa gatal pada kulit kelamin Anda beserta beberapa gejala lainnya untuk Anda ketahui. Dengan membaca hal tersebut, ada kesimpulan bahwa gatal pada kulit buah zakar bukan hal yang normal. keadaan ini akan membawa pada beberapa penyakit yang serius bahkan ada yang menular pula. Seberapa berbahayakah rasa gatal yang Anda alami? Akankah keadaan tersebut mengganggu kesehatan tubuh Anda lainnya? Setelah ini akan dibahas bahaya rasa gatal pada kulit kantong buah zakar yang Anda alami.

Sponsors Link

Bahaya Rasa Gatal pada Kulit Kantong Buah Zakar

Membaca penyebab penyebab di atas mungkin beberapa rasa gatal pada buah zakar Anda bisa menjadi masalah yang cukup serius. Mengapa demikian? Rasa gatal pada kulit buah zakar Anda disebabkan oleh beragam hal. Ada yang virus, bakteri, atau kutu dan jamur. Penyebab tersebut akan berdampak pada kesehatan Anda. Mungkin hal ringan karena kurang bersihnya daerah intim Anda salah satu hal yang mendasari atau menyebabkan rasa gatal tersebut. Tetapi ada hal lain seperti terular penyakit menular seksual merupakan penyebab yang cukup serius bagi masalah gatal tadi.

Ada juga beberapa penyakit menular seksual lainnya yang memberikan gejala awal seperti rasa gatal pada buah zakar. Penyakit tersebut antara lain trikonomiasis, klamidia, atau antibiotik untuk gonore. Penyakit penyakit tadi bukan masalah kesehatan yang sepele. Jika Anda mengabaikan gejalanya dan berpikir bahwa akan sembuh sendiri nantinya, maka hal ini adalah kesalahan besar dan akan berujung pada masalah masalah berbahaya lainnya. sehingga sangat dianjurkan kepada Anda apabila mengalami gatal pada kulit kantong buah zakar, maka segera mengunjungi dokter dan mengadakan tes kesehatan lebih lanjut. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan diagnosis yang akurat sesuai gejala dan mendapatkan pengobatan atau penanganan sesuai porsi masalah kesehatan Anda tadi.

Penanganan Kulit Kantong Buah Zakar Gatal

ads

Dengan beragam penyebab dan bahaya yang ada, tentu penanganan yang tepat kini ada pada pikiran Anda. Tidak perlu khawatir karena keadaan tersebut akan dapat diobati. Bahkan beberapa penanganan dapat dilakukan di rumah dengan bahan alami sebagai obatnya. Apabila beberapa bahan tersebut ternyata tidak memberikan hasil, Anda diharuskan untuk tetap berobat kepada dokter. Maka, apa saja penanganan yang tepat untuk mengobati gatal pada kulit kantong buah zakar Anda? Berikut penjelasannya.

  1. Cuka Apel

Ternyata cuka apel telah dipercaya sejak dulu untuk digunakan dalam mengobati beragam macam penyakit kulit. Sehingga penanganan gatal pada kulit kantong buah zakar Anda dapat menggunakan cuka apel. Bagaimana penggunaannya? Anda tak perlu khawatir sebab cara mengolahnya sangat mudah.

Bersihkan daerah kemaluan Anda yang terkena gatal tersebut dengan campuran dua sendok teh cuka apel dan dua cangkir air bersih. Dengan menggunakan campuran tersebut, maka bakteri dan jamur penyebab gatal akan mati. Gunakan secara teratur dan rutin agar gatal gatal yang Anda rasakan segera sembuh.

  1. Minyak Daun Teh

Untuk mendapatkan minyak daun teh, Anda tidak perlu membuatnya sendiri. Sebab saat ini sudah banyak sekali apotek yang menjual minyak tersebut sehingga lebih praktis dan Anda tinggal menggunakannya secara rutin. Sifatnya yang anti jamur dan anti inflamasi membuat minyak daun teh menjadi alternatif terbaik dalam mengobaati rasa gatal pada kulit kantong buah zakar Anda.

Cara penggunaanya yaitu aplikasikan minyak daun teh pada area yang terasa gatal dengan menggunakan cotton bud atau kapas. Lakukan ini dua kali sehari. Jika gatal yang Anda rasakan disertai sensasi terbakar, maka aplikasikan campuran minyak daun teh dan minyak kelapa. Anda juga bisa menambahkan minyak tersebut pada air mandi Anda untuk membasuh organ intim Anda saat mandi. Mudah dan praktis, bukan?

  1. Listerine

Bahan kimia tersebut ternyata juga mampu mengurangi rasa gatal yang dirasakan pada kulit kantong buah zakar Anda. anti bakteri dan anti jamur pada listerine ternyata mampu mengobati rasa gatal Anda dengan cepat. Cara penggunaannya pun sama dengan minyak daun teh.

Aplikasikan listerine menggunakan kapas pada daerah yang terasa gatal. Untuk hasil yang maksimal Anda perlu melakukan kegiatan tersebut dua sampai tiga kali sehari. Anda juga dapat mencampurkan listerine tersebut pada sejumlah air untuk digunakan sebagai pembasuh organ kelamin Anda. Apapun caranya, tetap lakukan secara rutin.

  1. Cuka Putih

Bahan tersebut juga dapat Anda gunakan sebagai alternatif mengobati rasa gatal pada kulit kantong bauh zakar. Sifatnya yang anti jamur dan anti bakteri akan membunuh jamur serta bakteri penyebab gatal tersebut. Penggunannya pun sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan satu sendok teh cuka putih dengan 4 gelas air bersih. Campur kedua bahan tersebut.

Kemudian gunakan campuran tersebut untuk membilas daerah kemaluan Anda yang terasa gatal. Lakukan hal tersebut berulang-ulang dua atau tiga kali sehari agar bakteri dan jamur segera mati. Anda juga bisa membuat campuran cuka putih dengan minyak kelapa untuk diaplikasikan pada daerah yang terasa gatal. Sama hal nya dengan campuran sebelumnya, gunakan campuran tersebut secara rutin dua sampai tiga kali sehari.

  1. Menggunakan Bedak atau Krim Gatal
Sponsors Link

Selain menggunakan bahan bahan herbal atau alami, obat yang dipasarkan di apotek seperti krim gatal dan bedak khusus juga dapat Anda gunakan. Biasanya hal ini dianjurkan untuk rasa gatal yang disebabkan oleh iritasi. Penggunannya juga sangat mudah.

Anda tinggal membersihkan terlebih dahulu organ kelamin Anda kemudian aplikasikan bedak atau krim tersebut pada daerah atau area yang terasa gatal. Lakukan setelah Anda mandi juga sangat efektif untuk menjaga kulit dalam keadaan bersih sebelum pengobatan.

  1. Mengonsumsi Antibiotik

Jika penanganan ini yang Anda pilih, maka Anda harus berobat ke dokter terlebih dahulu. biasanya penggunaan antibiotik sebagai penanganan dikarenakan penyebab gatal pada kulit kantong buah zakar adalah penyakit menular seksual. Antibiotik chlamydia untuk pengobatannya. Begitu juga gonore.

Sehingga Anda tidak bisa sembarang menggunakan antibiotik sebelum Anda tahu diagnosis atas rasa gatal yang menjangkit alat kelamin Anda. Maka disarankan untuk terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada dokter sehingga jenis dan dosis antibiotik yang Anda konsumsi sudah tepat dan sesuai kebutuhan dalam pengobatan rasa gatal tersebut.

Nah itulah beberapa penjelasan yang sudah dijelaskan mengenai bagaimana gatal pada kulit kantong buah zakar yang bisa ketahui.

Sponsors Link
, , , ,