Sponsors Link

Flek Coklat Seminggu Sebelum Haid? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Flek coklat yang keluar melalui vagina memang terasa seperti mengerikan, pasalnya wujudnya menyerupai darah haid atau kecoklatan seperti keputihan. Dalam beberapa kasus yang telah terjadi pada wanita, flek coklat seminggu sebelum haid memang menjadi hal yang kerap kali terjadi dan bisa dibilang wajar karena siapapun pasti mengalaminya. Flek coklat bisa dikatakan hal biasa tapi ada juga yang menyebutkan hal ini adalah ciri-ciri keputihan yang berbahaya. Dengan begitu pastinya akan timbul kekhawatiran  bagi wanita yang mengalaminya. Walaupun sebenarnya anda bisa melihat seberapa bahayanya dengan memahami lebih dalam frekuensi flek tersebut, dan merasakan apakah ada rasa gatal hingga bau menyengat yang membuat anda sangat terganggu.

ads

Diluar hal yang mungkin anda belum tahu, flek coklat juga bisa menjadi pertanda kehamilan dimana saat flek tersebut keluar badan akan terasa tidak nyaman disertai rasa cemas yang berlebihan. Karena pasti anda akan mengira ada penyakit kelamin yang sedang mengintai anda. Sebaiknya jangan dahulu memutuskan perkara tanpa tahu apa yang terjadi sebenarnya, karena stress berasal dari pikiran yang keruh tanpa sebab da nasal muasal yang jelas. Maka dari itu ketahuilah penyebab flek coklat yang muncul seminggu sebelum haid agar tidak ada pikiran negatif mengenai pikiran anda sendiri. Seperti apa penyebabnya? Mari simak penjelasannya di bawah ini :

  1. Stress dan pikiran yang berat

Beberapa penyakit memang bisa datang akibat buah pikiran yang terlalu berat, seperti masalah pekerjaan, keluarga yang akhirya berujung stress dan membuat tubuh serta imunitas seseorang menjadi melemah. Dapat mengelola pikiran menjadi tenang adalah gaya hidup yang perlu anda terapkan setiap harinya. Karena pola pikir yang baik adalah cara menjaga kesehatan selain mengkonsumsi makanan sehat, olahraga dan istirahat teratur. Itulah mengapa jika terlalu stress dapat medatangkan penyakit flek coklat yang mirip seperti keputihan, menganggu dan membuat perasaan menjadi khawatir dan tidak nyaman.

  1. Permenopause / transisi menuju menopause

Premenopause juga bisa menjadi penyebab flek coklat seminggu sebelum haid yang terjadi akibat peluruhan atau pembersihan dinding rahim oleh darah yang tersisa oleh ovulasi pada masa sebelumnya. Saat masa trasnsisi ini proses ovulasi pada reproduksi wanita usia 40 an mulai berhenti, dan biasanya diakhiri dengan tanda timbul flek kecoklatan yang menyerupai darah. Saat flek ini muncul, tidak akan ada rasa sakit yang menyertai atau ada penyakit kelamin wanita lain yang terjadi, hanya saja anda akan merasakan hal aneh saat ia muncul padahal jelas-jelas anda akan menopause. Makanya hal ini sering disebut permenopause / pramenopause.

  1. Terjadi akibat pergantian kontrasepsi

Alat kontrasepsi yang bermacam-macam caranya tersebut dilakukan dengan tujuan mencegah kehamilan namun tetap ingin melakukan hubungan. Nah pada suatu kasus, ketika ingin mengganti jenis kontrasepsi biasanya akan timbul flek kecoklatan yang tidak diketahui pasti apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya. Tapi banyak yang menyatakan bahwa hal itu disebabkan oleh penyesuaian hormon baru yang dilakukan oleh tubuh, pada akhirnya akan timbul sebuah tanda dengan munculnya flek kecoklatan yang tidak berbahaya bagi tubuh. Tetap tenang dan kuasai keadaan sehingga pikiran juga tidak kacau oleh hal teesebut.

  1. Pertanda awal menstruasi

Menstruasi atau haid terjadi akibat peluruhan dinding rahim dan keluar dalam bentuk darah kotor yang memang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh. Saat darah tersebut keluar seringkali menimbulkan rasa perih dan sakit pada perut, dan menjalar hingga ke bagian tubuh lain. Maka dari itu pada saat periode merah seperti ini, wanita sering mengeluhkan badannya yang terasa pegal-pegal dan menjadi mudah marah. Flek kecoklatan akan muncul pada saat menstruasi, dan ini merupakan hal yang sangat wajar. Jadi anda tidak perlu khawatir, setelah itu pahami cara membersihkan kemaluan setelah haid dengan benar agar tidak ada sisa kotoran yang tertinggal pada area kewanitaan. 

Sponsors Link

  1. Pertanda adanya kehamilan

Flek kecoklatan yang timbul pada ibu hamil sering dikait-kaitkana dengan tanda keguguran atau permulaan pendarahan yang mungkin bisa saja berbahaya. Jangan dulu menyimpulkan sebelum bertanya pada ahlinya, karena flek coklat yang terjadi pada ibu hamil pada 3 bulan pertama kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi. Karena pada saat itu sel telur yang dibuahi oleh sperma mulai menempel pada dinding rahim. Anda justru bersyukur karena dengan adanya flek tersebut itu tandanya kehamilan anda normal dan janin yang dikandung juga dalam kondisi normal. Sekali lagi ini bukan pendarahan berbahaya dan penyakit kelamin semacamnya.

  1. Tanda-tanda ovulasi

Terjadinya ovulasi adalah penyebab utama flek coklat seminggu sebelum haid dan umum terjadi pada wanita. Proses ini terjadi akibat hormon yang dihasilkan mengalami peningkatan yang cukup banyak, dimana kondisi tersebut untuk mempersiapkan kehamil yang ditandai juga dengan penebalan dinding rahim. Nah pada saat itulah akan timbul flek kecoklatan kurung dari seminggu sebelum menstruasi. Jika tetap tidak ada pembuahan dalam kurun waktu sebelum menstruasi tersebut maka penebalan dinding rahim tetap akan terjadi dengan peluruhan padanya dengan keluarnya darah. Ketahuilah sejak dini mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan kewanitaan, karena banyak wanita yang tidak memahami informasi sederhana seperti ini dan terlanjur stress karena memikirkannya terlalu dalam. 

ads

  1. Hormon progesteron yang rendah

Ternyata faktor hormonal juga bisa menjadi penyebab timbulnya flek kecoklatan pada wanita yang masih menjadi pernyataan bagi mereka yang belum mengerti. Untuk wanita yang memiliki hormon progesteron seimbang, tidak ada flek coklat saat ia akan menstruasi. Dan kondisi ini berbeda hal nya dengan mereka yang memiliki ketidakseimbangan hormon. Namun anda juga perlu tahu bahwa kelebihan hormon juga tidak baik dan berdampak negatif pada tubuh, misalnya akan ada tumor payudara yang otomatis terjadi dengan penggumpalannya berupa lemak pada payudara atau bagian tubuh lainnya.

  1. Penyakit menular seksual

Meski tidak semua penderita PMS (penyakit menular seksual) mengalami gejala penyakit kelamin seperti munculnya flek kecoklatan pada vagina, namun beberapa kasus di  lapangan menyatakan bahwa tanda-tandanya adalah dengan keluarnya flek atau bahkan keputihan abnormal yang terjadi saat wanita melakukan hubungan seks tidak sehat. Hal tersebut tentu terjadi akibat kelainan yang terjadi pada organ reproduksi akibat virus atau penyakit meular seksual yang ditularkan dari pasangan anda. biasanya akan terjad dengan mudah ketika anda sering sekali berganti-ganti pasangan, dan hal ini merupakan hal yang seharusnya perlu untuk dihindari. Lakukan saja seks dengan aman dengan pasangan anda sendiri dan jangan melanggar jika tidak ingin tubuh anda menjadi terkena risikonya. Karena jika sudah terkena, maka proses penyembuhan akan berlangsung lama. Dan belum tentu virus yang ada pada tubuh anda bisa hilang secara pasti, ditakutkan masih bisa kambuh selang beberapa tahun.

  1. Ada penyakit polip

Polip adalah sebuah kelainan yang terjadi pada wanita dimana polip tersebut yang bertanggung jawab atas flek coklat sebelum terjadi menstruasi. Polip terletak tepat diatas uterus, dimana sangat dekat sekali dengan rahim. Jadi ketika polip terjadi dengan sel yang tumbuh secara tidak normal di rahim, maka polip akan berdarah dan muncul flek coklat sebelum terjadinya menstruasi. Kondisi ini berbeda dengan hal yang sebelumnya telah kita bahas diatas, karena hal ini cenderung dalam kategori berbahaya dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jangans sepeleka hal ini, karena terlambat mengobatinya hanya akan menimbulkan penyesalan. Lakukan pencegahan timbul flek kecoklatan karena penyakit polip ini dengan cara menjaga kebersihan vagina dengan rajin dan telaten setiap harinya.

  1. Ada penyakit endometriosis

Sama seperti polip, endometriosis juga merupakan penyebab berbahaya oleh flek kecoklatan yang timbul sebelum menstruasi. Endometriosis adalah sel endometrium yang terbentuk di luar rahim, jadi tidak berada pada tempat yang sebenarnya. Kondisi ini tentu berbahaya, karena adanya kelainan yang tidak semua wanita bisa menyadarinya. Saat mengalami penyakit ini, wanita akan mengalamai flek coklat seminggu sebelum haid yang terkadang tidak disadari bahayanya. Maka dari itu selalu rutin memeriksakan diri ke dokter adalah cara terbaik untuk menanggulangi diri dari penyakit kelamin yang berisiko tinggi.

Sponsors Link

  1. Ada penyakit kanker serviks

Selain adanya penyakit endometriosis, flek coklat juga bisa disebabkan oleh kanker serviks yang terjadi akibat sel-sel di leher rahim yang berkembang dengan tidak normal. Sel abnormal tersebut akan menimbulkan tumor menjadi serviks. Oleh sebab itu flek kecoklatan akan timbul ketika organ kewanitaan mulai terserang penyakit kanker serviks ini. Jadi bagi anda, wajib sekali untuk selalu menjaga kesehatan vagina serta organ kewanitaan yang lainnya. Tentunya untuk menjaga kelangsungan hidup menjadi berkualitas dan tetap dalam tubuh serta jiwa yang sehat.

Itula dia beberapa penyebab timbulnya masalah kewanitaan seperti flek kecoklatan yang terjadi seminggu sebelum terjadinya menstruasi. Tingkat kewaspadaan bagi anda para wanita sebaiknya juga harus diseimbangkan dengan virus yang sekarang ini mudah sekali menjangkiti tubuh siapapun. Karena bukan hanya flek coklat saja yang mungkin terjadi jika kesehatan wanita tidak dijaga, namun lebih parahnya akan terjadi kanker rahim, serviks, kanker payudara hingga panyakit lainnya. Lakukan budaya hidup sehat dengan menghindari rokok, minuman keras, minuman bersoda dan makanan yang bersifat lemak jahat. Tidak waktu yang tepat untuk melakukan cara yang tepat, lebih baik adalah melakukannya sekarang daripada harus menundanya dengan bekal penyesalan.

Sponsors Link
, , ,