Sponsors Link

4 Efek Buruk Sering Mengelupas Kulit Bibir Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Mempunyai masalah bibir kering, pecah-pecah  dan mengelupas tentunya sangat mengganggu penampilan.  Hal ini seringkali membuat anda merasa gatal dan risih sehingga tanpa sadar anda akan mengelupas kulit bibir.  Tapi apakah kebiasaan yang tanpa disadari ini aman bagi kesehatan? apa bahaya sering mengelupas kulit bibir?. Kulit bibir merupakan lapisan kulit terluar pada bibir, sangat tipis dan cenderung sensitif. Apalagi pada kulit bibir bayi yang sering mengelupas karena lapisan yang sangat sensitif.

ads

Dalam beberapa kondisi seperti saat cuaca sangat dingin ataupun saat peralihan musim, bibir akan cenderung kering dan pecah-pecah, lalu akhirnya mengelupas. Maka tak jarang anda iseng mengelupas kulit bibir. tidak hanya bibir, bahkan kulit tubuh juga mengalami hal sama. Lalu apakah efek buruk sering mengelupas kulit bibir bagi kesehatan? Berikut cara mengatasi kulit mengelupas secara alami. Namun artikel ini akan fokus membahas efek buruk mengelupas kulit bibir bagi kesehatan.

  1. Menimbulkan Luka Dan Iritasi

Salah satu efek buruk akibat sering mengelupas kulit bibir adalah timbulnya luka dan iritasi. Luka ini muncul akibat kulit kering yang anda kelupas, sehingga lapisan kulit yang di bawahnya yang cenderung sensitif membuka dan menimbulkan iritasi. Daripada mengelupas, coba untuk memberikan pelembab bibir yang alami untuk mengembalikan kelembaban bibir sehingga lama-kelamaan akan kembali lembab dan sehat alami. Selain itu, untuk kulit wajah mengelupas setelah memakai cream, anda juga bisa mengoleskan madu sebagai pelembab alami secara rutin sebelum tidur.

  1. Menimbulkan Rasa Perih

Saat anda mengelupas kulit bibir, maka yang timbul justru rasa perih akibat luka pada bibir. Jika dibiarkan, maka luka itu bisa menyebabkan bibir berdarah. Rasa perih dan tidak nyaman ini bisa mengganggu aktivitas. Jangan anggap remeh hal ini karena masalah lain yang serius bisa timbul seperti sariawan dan panas dalam. Sebaiknya hindari makanan pedas dan berminyak agar perih tidak semakin menyiksa. Gantilah dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit.

  1. Warna Bibir Menghitam

Efek buruk lainnya akibat sering mengelupas kulit bibir adalah warna bibir yang menghitam. Perubahan warna ini bisa disebabkan karena luka dari kulit yang mengelupas meninggalkan bekas luka yang lama-kelamaan bisa menghitam. Tentunya anda tidak mau kan mempunyai kulit bibir yang hitam, maka sebisa mungkin hindari kebiasaan mengelupas kulit bibir ya, demi penampilan dan kesehatan.

  1. Lipstik Tidak Menempel

Ketika kulit bibir mengelupas, tekstur permukaan bibir menjadi tidak rata. Tentu pemakaian produk kecantikan seperti lipstick tidak akan bisa menempel dengan maksimal akibat tekstur bibir tidak rata. Selain itu, salah satu solusi terbaik adalah hindari memakai lipstick yang cenderung mengandung bahan yang lebih keras bagi kulit bibir yang sedang kering dan mengelupas, dan jika memang terpaksa memakai lipstick maka pakailah pelembab bibir sebagai lapisan luar agar bibir lebih terlindungi dan selain itu juga lebih lembab.

Mengingat efek buruk yang ditimbulkan, alangkah baiknya untuk menjaga dan mempertahankan kelembaban bibir sehingga akan mengurangi masalah kulit bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu konsumsi makanan untuk membuat kulit kencang sehingga dapat menunjang penampilan kulit cantikmu.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan