Sponsors Link

Waspadalah 6 Efek Samping Vasektomi yang Menjadi Penyebab Mandul

Sponsors Link

Program KB (Keluarga Berencana) yang sedang marak dilakukan oleh pemerintah tidak hanya bisa dilakukan oleh perempuan dan ibu hamil saja, namun para laki-laki dewasa pun bisa menjalankan program ini. Hal ini tentunya juga didorong oleh canggihnya teknologi yang sekarang ini merambha dalam dunia kedokteran. KB pada pria ini disebut dengan vasektomi, dimana vasektomi sendiri adalah operasi yang dilakukan oleh medis dengan memotong saluran sperma sehingga alirannya menjadi terhenti atau terputus. Jadi ketika sperma tidak dihasilkan maka penyatuan sperma dengan ovum pada wanita juga tidak akan berhasil.

ads

Vasektomi cenderung berhasil digunakan oleh mereka yang masih menginginkan jalinan seks dengan pasangan namun sudah tidak ingin memiliki momongan lagi. Namun anda juga perlu mengetahui apa saja efek samping vasektomi yang mungkin belum diketahui. Sebenarnya tidak selalu proses operasi vasektomi berhasil dengan baik, karena sejatinya pria tetap memiliki kandungan sperma yang dihasilkan oleh kelenjar prostatnya yang masih aktif. Saat akan melakukan hubungan dengan pasangan sebaiknya tetap menggunaka kondom agar lebih aman, kehamilan dapat dihindari dengan baik serta cara mencegah penyakit menular seksual agar terhindar dari penyakit kelamin yang berbahaya.

Dibawah ini adalah keuntungan dan efek samping dari vasektomi yang wajib anda ketahui sebelum terlanjur menemui kesalahan nantinya, seperti :

Keuntungan dan manfaat operasi vasektomi

  • Permanen seumur hidup

Vasektomi yang dilakukan biasanya akan berlangsung selama seumur hidup, yang tentunya juga tergantung seberapa beaik anda menjaga organ kelamin anda. 11 dari 100 orang ada juga yang mengalami gagal vasektomi yang berlangsung dalam beberapa tahun saja. Tidak diketahui pasti apa yang menjadi penyebabnya gagalnya prosedur vasektomi yang dilakukan oleh medis tersebut. Tetapi yang jelas, saat anda melakukan maka bisa awet seumur hidup. Jadi tidak perlu lagi ada operasi lanjutan untuk menyempurnakan operasi yang sebelumnya. Meskipun begitu tetap ada perawatan khusus yang harus dilaksanakan oleh pasien operasi vasektomi.

  • Bisa rawat jalan di rumah

Kelebihan yang dimiliki oleh operasi vasektomi lainnya adalah perawatan lebih lanjut bisa dilakukan walaupun hanya di rumah. Penderita juga harus mengikuti tata aturan selama rawat jalan di rumah. Tidak melakukan pantangan dan tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Meskipun di rumah, check up ke dokter tetap harus dilakukan di rumah sakit seperti biasanya. Agar penyembuhan pasca operasi vasektomi juga tetap berjalan normal dan benar-benar sembuh. Dokter akan memberikan arahan bagaimana merawat diri saat berada di rumah, makanya periksa ke dokter secara berkala menjadi kebutuhan yang teramat penting dari kasus ini.

  • Hubungan suami istri tidak terganggu

Ada yang mengatakan bahwa vasektomi memiliki komplikasi seperti penyebab mandul, hilangnya keharmonisan rumah tangga dan lain sebagainya. Tapi justrus sebaliknya, vasektomi memiliki nilai positif untuk mempererat hubungan sumai dan istri. Hal ini dapat digambarkan dengan tujuan mereka yang cukup berani mengambil keputusan vasektomi demi mengurangi terjadinya kehamilan dan tetap ingin melakukan hubungan. Intinya adalah saat melakukan hubungan itulah ada ikatan yang kuat antara saumai dan juga istri. Karena banyak dari mereka yang tidak ingin mempunyai anak lagi namun juga berhenti melakukan hubungan, malahan hal itu dapat menganggu keharmonisa rumah tangga.

 

  • Lebih hemat biaya

Hematnya dana yang dikeluarkan dari vasektomi berhubungan langsung dengan sifatnya yang permanen atau seumur hidup. Kondisi ini jelas berbeda ketika kita melakukan operasi plastik yang harus dilakukan dengan banyak tahapan. Biaya yang dikeluarkan untuk vasektomi juga tidak terlalu mahal yang jungkir balik dengan operasi transgender. Kelebihan operasi vasektomi inilah yang juga banyak dipertimbangkan dengan baik oleh keluarga penggerak KB karena ekonomis juga menjadi bagian penting dalam menjalakan rumah tangga. Tapi sebaiknya jangan hanya murah saja yang menjadi tolok ukur, pikirkan juga risiko lain selain kelebihannya. Karena sisi kelebihan akan diiringi erat dengan kelemahan vasektomi yang tidak bisa dihindari. 

Sponsors Link

Risiko / efek samping operasi vasektomi

Ini dia efek samping vasektomi yang akan muncul setelah betahun anda melakukan operasi. Ketahuilah sebuah informasi secara komplit, bahkan hingga ke akarnya. Seperti definisi, manfaat hingga komplikasi atau efek samping yang muncul nantinya.

  1. Nyeri pada testis

Setelah dilakukannya operasi vasektomi dengan cara kerja memotong saluran sperma, maka anda akan merasakan nyeri pada testis atau sakit pada telur kemaluan pria yang sering kumat di kadangkala. Tidak semua pria yang melakukan vasektomi akan merasakan hal ini. Namun banyak dari mereka mengeluhkan rasa sakit ini hingga pada akhirnya memutuskan untuk menemui dokter guna mengetahui penyebabnya. Penderita harus cepat tanggap saat ia merasakan keanehan di dalam dirinya yang menganggu aktifitas seksual dengan pasangan. Dalam dunia medis, penyebab nyeri testis yang dialami oleh pria dewasa bukan hanya karena vasektomi namun juga bisa terjadi karena adanya gangguan penyakit menular seksual yang dilakukan dengan hubungan tidak aman seperti tidak menggunakan pengaman, berhubungan dengan penderita HIV/AIDS, sering berganti-ganti pasangan hingga budaya hidup yang tidak sehat.

ads

  1. Kemerahan pada skrotum atau kantor pelir

Kemerahan pada skrotum memiliki banyak sekali penyebabnya seperti, kanker testis, infeksi virus atau penis yang terjepit hingga hernia oleh melemahnya otot pada dinding perut. Jika anda merasakan ada keanehan yang dirasakan perlu untuk ditanyakan ke dokter maka segeralah temui dokter agar tidak melakukan diagnose sendiri yang belum tentu benar keberadaannya. Radang kemerahan seperti ini sebenarnya kondisi wajar yang dimana gejala penyakit kelamin lainnya juga akan timbul, seperti perih saat buang air kecil atau nyeri saat berhubungan pertama kalinya setelah vasektomi. Lakukan dahulu penyembuhan pasca operasi hingga sembuh benar. Karena efek samping vasektomi masih ada jika penyembuhan belum total anda lakukan.

  1. Infeksi luka yang menyakitkan

Saat dilakukannya operasi vasektomi dengan cara memotong saluran sperma, hal ini tentu melukai bagian dalam organ pria yang kemudian dipaksa ditutup agar tidak terjadi pendarahan yang tidak diinginkan. Namun sayangnya banyak dari penderita yang merasakan efek sampingnya dengan adanya luka yang kembali terasa sakit atau terasa seperti belum kering. Anda bisa mengurangi rasa sakit karena infeksi dengan mengompresnya air hangat agar terasa nyaman dan seperti sedang relaksasi atau bisa dengan istirahat teratur di rumah tanpa melakukan pekerjaan yang berat terlebih dahulu. Jangan sepelekan gejala efek samping ini, karena akan berbahaya jika terus-terusakn dibiarkan tanpa diobati.

  1. Terdapat darah pada air mani / hematospermia

Belum diketahui pasti apa yang menjadikan penyebab air mani yang bercampur dengan darah. Yang jelas saat anda memutuskan untuk vasektomi, anda juga harus siap menanggung segala efek samping yang nanti anda terima. Saat darah bercampur air mani anda alami, anda bisa menguranginya dengan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter serta tidak melanggar pantangan hematospermia agar efek samping tidak bertambah parah. Karena jika sembarangan melakukan pengobatan maka dikhawatirkan ada penyakit lain yang ternyata membuntuti anda. ketika melakukan pengobatan pun jangan lupa untuk melihat perkembangan dari darah yang keluar, apakah makin lama makin pekat atau bertambah membaik dengan kandungan yang lebih sedikit dari biasanya.

  1. Perasaan tidak enak

Pasangan suami istri yang melakukan vasektomi atau tubektomi pastinya telah meyakinkan diri bahwa tidak akan ada keturunan yang mereka hasilkan setelah berhubungan. Meskipun vasektomi sukses dan perasaan bahagia muncul, terkadang juga ada perasaan cemas yang mungkin timbul karena takut aka nada penyakit lain atau efak samping bahaya yang mungkin mengancam nyawa pasangan pria. Hal yang benar-benar harus anda pastikan adalah selalu yakinkan diri sebelum bertindak, jika sudah terlanjur maka anda tidak boleh menyesal dan hiduplah dengan bahagia baru yang anda ciptakan sendiri. Jangan membuat keputusan seperti senjata makan tuan yang istri anda pun tidak ingin melihat anda seperti depresi.

Sponsors Link

  1. Tidak bisa memiliki keturunan lagi

Hal paling utama dan paling penting yang harus anda dan pasangan tanamkan adalah tujuan dari dilakukannya vasektomi adalah meghentikan kehamilan dengan tidak berhasilnya pertemuan antara sperma dan ovum yang dihasilkan oleh wanita. Jadi jika berniat akan vasektomi anda juga harus tau efek sampingnya yang anda akan terima nanti. Kurangnya pemahaman yang dimiliki oleh pasien cenderung membuatnya stress karena dikiranya dengan vasektomi tidak aka nada efek yang diterimanya. Sebagaimana operasi bedah oleh medis  apapun itu tetap aka nada efek samping yang terjadi. Jadi jangan heran jika tubuh anda merasa tidak enak pasca operasi vasektomi dilakukan.

Itulah dia beberapa efek samping vasektomi yang belum atau mungkin saja telah anda ketahui. Ingatlah selalu bahwa kelebihan dan kelemahan adalah dua keterkaitan yang tidak bisa dihindarkan dalam kehidupan manusia. Jadi ketika memutuskan diri untuk melakukan vasektomi, jangan lupakan efek samping yang nanti akan anda rasakan. Seseorang yang jatuh dengan goresan luka pun akan merasakan risiko seperti perih saat diberi obat merah atau dengan warna kulit yang disisakan dengan bekas luka berbeda dengan kondisi kulit sehat sebelumnya. Analogi ini adalah perumpaan mudah yang semoga bisa anda pahami. Karena tidak ada operasi yang tidak menimbulkan efek samping. Tetap jaga kesehatan anda, keluarga serta saudara dekat anda dengan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk lainnya.

Sponsors Link
, , ,