Sponsors Link

4 Efek Samping Pengobatan Lupus dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Penyakit lupus memang penyakit yang harus dihindari, karena penyakit ini merupakan salah satu dari penyakit yang membahayakan serta akan mengancam nyawa seseorang. Bahkan sampai sekarang belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan penyakit lupus sampai benar-benar hilang dari tubuh. Tetapi penyakit ini tetap membutuhkan pengobatan yang intensif, karena walaupun bukan untuk menyembuhkan, tetapi paling tidak pengobatan yang dilakukan dapat mengurangi tingkah keparahan dari gejala yang dirasakan, dapat mencegah adanya kerusakan yang mungkin dirasakan pada organ organ tubuh, serta berfungsi untuk meminimalisir adanya dampak pada kehidupan penderita penyakit lupus. Ada baiknya untuk mengetahui tentang cara mengobati jamur kulit untuk mengenali  jenis-jenis penyakit kulit.

ads

Tetapi yang harus diketahui obat-obat yang digunakan untuk pengobatan lupus ini memiliki kandungan kimia yang cukup kuat, sehingga hal ini dapat berakibat pada adanya efek samping yang akan terasa pada tubuh. Jenis obat dan dosis yang diberikan untuk pengobatan lupus ini tidak akan sama dengan satu penderita lainnya. Semua tergantung pada gejala dan kondisi penderita di setiap harinya. Pada artikel ini akan membahas tentang efek samping dari pengobatan lupus yang dirasakan penderita.

  1. Efek samping pertama yang dapat dirasakan dari pemberian obat kortikosteroid adalah dapat mengakibatkan penipisam [ada tulang, penipisan pada kulit, bertambah berat badan, dan dimungkinkan untuk peningkatan tekanan darah tinggi. Maka dari itu harus benar-benar dilihat dosis dari penggunaan obat ini, jangan sampai diberikan melebihi dosisnya dan penting untuk mengetahui  makanan sehat untuk kesehatan kulit.
  2. Serta pada obat Hydroxychloroquine ini akan mengakibatkan efek samping, yaitu nyeri sendi dan otot, menimbulkan kelelahan, muncul ruam pada kulit, mempengaruhi gangguan pencernaan, sakit kepala, diare, dan yang lebih parah adalah dapat merusak mata dan menyebabkan kebutaan.
  3. Obat imunosupresan adalah obat yang dapat menimbulkan efek samping seperti muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, diare, terjadi pembengkakan pada gusi, badan mudah lebam dan sering berdarah, sering terasa sakit kepala, kejang-kejang, dan akan bertambah berat badan, dan munculnya jerawat. Resiko dari terjadinya infeksi yang akan terus meningkat dan mengakibatkan adanya penekanan sistem kekebalan tubuh. Gejala yang dirasakan tidak jauh berbeda dari munculnya penyakit lupus, diantaranya adalah batuk yang disertai sesak, demam tinggi, diare dan ada sensasi terbakar disaat dengan buang air kecil, serta kencing darah.
  4. Menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid juga dapat menimbulkan efek samping seperti pendarahan pada lambung, masalah ginjal, dan dapat memicu meningkatnya penyakit jantung, untuk mengantisipasinya dapat diberikan obat untuk menambah melindungi lambung.

Maka dari itu selain adanya obat-obatan yang diberikan itu, ada beberapa yang harus dilindungi untuk menghindari gejala lupus yang semakin parah. Salah satunya adalah melindungi kulit dari sinar matahari yang akan berefek pada tubuh anda terlebih bagi penderita lupus. Ruam yang timbul karena gejala lupus ini akan semakin parah apabila terpapar sinar matahari. Untuk menanggulanginya sinar matahari dan melindungi kulit adalah dengan cara

  • Menggunakan pakaian yang dapat menutupi seluruh bagian kulit
  • Memakai topi yang berukuran lebar dan menggunakan kacamata hitam
  • Mengoleskan krim tabir surya yang mengandung SPH minimal SPH 55 ketika keluar ruangan agar kulit tidak terbakar matahari.

Demikian penjelasan mengenai efek samping dari pengobatan lupus yang dirasakan penderita setelah melakukan pengobatan. Sekilas informasi yang harus anda ketahui pada dasarnya cara mengobati jamur kulit tergantung pada penyebab jamur kulit yang dialami. Selain itu ada baiknya juga untuk mengetahui penyebab dari adanya penyakit lupus dan dapat mengenali adanya gejala-gejala yang dirasakan oleh penderita ataupun orang-orang terdekat anda untuk paling tidak mendapatkan penanganan sejak dini, dan untuk menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, ,