Sponsors Link

5 Efek Samping Pasta Gigi untuk Kulit yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Pasti Anda pernah mendengar bahwa kulit putih dan bersih dapat dengan mudah Anda dapatkan dengan mengaplikasikan pasta gigi ke wajah, bukan? Cara memutihkan kulit dengan pasta gigi. Hal ini tidak selamanya berhasil untuk semua jenis kulit.

ads

Sebab ternyata pasta gigi memberikan beberapa efek samping yang belum banyak di ketahui oleh orang. Bahkan efek samping tersebut justru menambah daftar masalah kulit yang akan Anda alami setelah beberapa kali menggunakannya. Apa saja efek samping penggunaan pasta gigi sebagai pemutih wajah? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Mengiritasi Kulit

Pasta gigi memiliki kandungan basa yang bisa membuat kulit Anda teriritasi. Hal ini karena senyawa basa menyerap beberapa nutrisi pada kulit dan air. Kulit akan lebih kering dan mudah teriritasi. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pasta gigi sewajarnya dan tidak terlalu sering. Terlebih jika kulit Anda bersifat sensitif dan mudah alergi dengan jenis bahan dan kandungan tertentu.

Maka, hentikan pemakaian jika selama proses penggunaan pasta gigi Anda merasakan beberapa gejala iritasi seperti gatal, memerah, mulai muncul luka tanpa sebab dan perih ketika terkena air atau alat make up. Segera beritahu dokter Anda terkait gejala tersebut agar mendapatkan perawatan medis yang memadai seperti salep atau obat yang lebih aman untuk Anda gunakan.

  1. Memicu Komedo Menjadi Jerawat

Tidak semua jenis kulit mampu merespon penggunaan pasta gigi dengan baik. Ada pula yang terlalu sensitif sehingga pori-pori kulit menjadi besar dan banyak kotoran yang menyumbat. Bahkan beberapa orang mengalami keadaan yang parah yaitu komedo nya tak kunjung hilang justru menjadi jerawat yang semakin banyak.

Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk tidak menggunakan pasta gigi sebagai obat masalah kesehatan atau pun perawatan kulit mendapatkan kulit yang bersih putih dan berseri. Pasta gigi justru dapat merusak kesehatan kulit Anda. Salah satunya dengan memicu perubahan komedo menjadi jerawat. Hentikan pemakaian jika itu memang memperburuk keadaan kulit Anda. konsultasikan ke dokter terkait obat yang cocok untuk jenis kulit Anda. Sehingga hasil yang didapatkan akan lebih optimal. Yuk, cari tahu makanan yang baik untuk kulit.

  1. Kulit Pecah dan Kering

Permasalahan ini tidak hanya bagi jenis kulit yang alergi atau sensitif, tapi juga untuk semua jenis kulit. Hal ini karena umumnya, pasta gigi memiliki kandungan yang berbahaya yang apabila digunakan secara terus menerus justru membuat kulit Anda mudah pecah dan sangat kering. Cukup mengerikan, bukan? Kembali lagi hal ini dikarenakan pasta gigi bersifat basa yang memang pada umumnya tidak baik untuk kesehatan Anda.

Jika Anda masih menggunakan pasta gigi sebagai perawatan kesehatan kulit, pastikan Anda memiliki pelembab yang cocok untuk mengurangi masalah tersebut. Jika tidak, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk jenis pelembab yang cocok untuk Anda gunakan. Yuk cari tahu cara mengatasi kulit yang kering.

  1. Peningkatan Produksi Minyak

Terkadang, pasta gigi juga dapat menyebabkan munculnya minyak berlebih pada wajah Anda. Hal ini disebabkan bahan pada pasta gigi mengimpuls kerja kelenjar yang menyebabkan minyak terproduksi cukup banyak. Sehingga tidak hanya kering, pasta gigi juga bisa menyebabkan kulit menjadi kusam akibat produksi minyak berlebih. Tentu hal ini juga tidak baik untuk jenis kulit yang berminyak bukan?

Sponsors Link

Maka disarankan untuk memiliki produk perawatan kulit khusus untuk kulit berminyak. Sehingga Anda bisa meminimalisir produksi minyak berlebih pada kulit terutama kulit wajah. Hal lain yang bisa Anda lakukan yaitu berkonsultasi dengan dokter terkait perawatan yang cocok untuk mengatasi hal tersebut. Baca manfaat tomat untuk kulit yang belum Anda ketahui.

  1. Kulit Menjadi Bersisik

Kulit bersisik bisa menjadi penyebab lanjutan kulit kering yang cukup parah. Kulit bersisik tentunya menjadikan Anda tidak percaya diri dan menjadi alasan banyak masalah kesehatan lainnya. beberapa gejala yang bisa menjadi indikasi yaitu kulit kasar, mudah mengelupas, memiliki tekstur yang tidak normal, dan jika sudah mulai parah, bisa juga mengalami iritasi.

Hal yang tidak ingin Anda alami bukan? Oleh karena itu, hentikan penggunaan pasta gigi sebagai perawatan kulit atau upaya untuk mendapatkan kulit yang putih secara non medis. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait obat atau perawatan yang lebih aman dan jelas terpercaya melalui konsultasi pada dokter. Jangan sampai tujuan mendapatkan kulit cantik menjadikan Anda memiliki kulit yang rusak dan tidak sehat. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal demikian bukan? Baca penyebab kulit bersisik.

Memiliki kulit yang bersih, cantik, dan sehat memang dambaan semua orang terutama wanita. Namun, tidak semestinya melakukan perawatan yang tidak sesuai medis atau anjuran dokter. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa beberapa bahan yang ada pasta gigi justru memberikan efek samping yang berbahaya bagi kulit Anda. Hentikan perawatan menggunakan pasta gigi agar tubuh Anda terutama kulit memiliki kesehatan yang alami. Mulai lah dengan makan makanan yang sehat, melakukan perawatan yang dianjurkan dokter, dan hentikan penggunaan barang yang tidak direkomendasikan oleh medis. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan