Sponsors Link

5 Efek Samping Lidah Buaya Terhadap Kulit yang Perlu Anda Cermati

Sponsors Link

Lidah buaya atau Aloe Vera dikenal sebagai bahan baku untuk banyak produk kosmetik, kesehatan, dan produk lainnya. Menilik pada kandungannya yang kaya dan bermanfaat, tidak heran memang jika lidah buaya dijadikan sebagai joker untuk segala macam permasalahan kesehatan dan kecantikan. Sebut saja di antaranya, lidah buaya mampu mengatasi berbagai gangguan pada kulit seperti alergi, kering, dan ruam. Di sisi lain, lidah buaya juga mampu membuat rambut Anda tetap sehat dan hitam legam.

ads

Akan tetapi di balik manfaatnya yang segudang termasuk cara mengobati bisul dengan lidah buaya, lidah buaya ternyata memiliki efek samping. Tidak hanya dalam bentuk produk yang digunakan secara oral, lidah buaya juga mampu memberikan efek samping terhadap kulit Anda jika dilakukan sebagai lulur atau obat oles. Lantas, apa saja efek samping lidah buaya untuk kulit?

  1. Menimbulkan Gejala Alergi

Gel lidah buaya yang digunakan sebagai lulur memang mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit Anda, namun di sisi lain penggunaan lidah buaya dalam kadar yang berlebihan atau overdosis akan menimbulkan gejala alergi. Hal ini menjadi paradoks sebab pada umumnya lidah buaya juga mampu mengatasi berbagai jenis keluhan yang disebabkan oleh alergi kulit.

Kasus penggunaan gel lidah buaya segar yang mampu menimbulkan gejala alergi terhitung langka. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya, lidah buaya adalah bahan segar yang mampu menyejukkan kulit manusia. Bahkan, lidah buaya mengandung zat antialergi. Kasus ini biasanya terjadi karena kecerobohan Anda dalam penggunaan aloe vera. Selain karena penggunaan lidah buaya yang berkualitas buruk, bisa jadi Anda juga melakukan kesalahan dalam pengolahan terutama pada proses pembersihan lidah buaya.

  1. Meninggalkan Rasa sakit

Efek dari alergi yang ditinggalkan oleh penggunaan gel lidah buaya yang tidak benar kerap kali mendorong penderitanya untuk mendapatkan rasa sakit di area kulit yang mendapatkan pengaplikasian gel lidah buaya. Rasa sakit yang muncul bisa jadi karena adanya interaksi bakteri jahat yang mengontaminasi lidah buaya dengan permukaan kulit Anda. Di sisi lain, tingkat sensitifitas kulit Anda pun mampu memperparah kondisi tersebut.

Maka dari itu sebelum menggunakan gel lidah buaya apalagi untuk mengambil manfaat lidah buaya untuk kutil kelamin, pastikan kulit Anda bersih dan sedang dalam kondisi yang baik. Meski lidah buaya juga bisa diaplikasikan pada area kulit yang terluka atau mengalami masalah lainnya, jika Anda menggunakan gel lidah buaya yang segar langsung dari pohonnya, usahakan untuk mencermati hal-hal remeh yang memiliki potensi untuk menjadi sesuatu yang membahayakan.

  1. Membekaskan Ruam Kemerahan

Selain meninggalkan rasa sakit, gejala alergi yang muncul dari penggunaan lidah buaya yang tidak benar kadang kala menimbulkan ruam di permukaan kulit Anda. Ruam-ruam tersebut biasanya berwarna kemerahan. Kemunculan ruam tidak selalu berbanding lurus dengan rasa sakit, tapi rasa sakit karena alergi biasanya ditandai dengan kemunculan ruam-ruam di kulit Anda.

Jika Anda merasa mendapatkan ruam setelah menggunakan gel lidah buaya, usahakan untuk membersihkan permukaan kulit Anda dengan air bersih. Munculnya ruam di permukaan kulit Anda bisa menjadi tanda adanya kontaminasi bakteri atau hal berbahaya lainnya di permukaan kulit Anda. Jika kemunculan ruam diiringi dengan rasa sakit atau terbakar, segera hubungi dokter sebelum keluhan bertambah parah.

Pada dasarnya, setiap bahan yang digunakan oleh manusia tidak selalu memberikan manfaat yang baik. Dalam beberapa kasus, bahkan bahan paling aman pun bisa memberikan Anda keluhan kesehatan jika tidak digunakan dengan benar dan layak. Oleh itu, sebelum Anda menggunakan lidah buaya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit seperti cara mengobati eksim dengan lidah buaya atau sekadar perawatan, jangan lengah dan merasa aman begitu saja. Anda perlu mencermati berbagai hal seperti kondisi kulit Anda, kebersihan gel lidah buaya dan bahan tambahan lainnya serta cara pengolahan yang benar.

Sponsors Link

Efek samping lidah buaya lainnya

Efek samping lidah buaya ternyata tidak hanya memiliki dampak terhadap kesehatan kulit. seperti yang telah tertulis sebelumnya, lidah buaya yang dikonsumsi dalam produk makanan seperti jus juga bisa memberikan Anda efek samping terhadap kesehatan pencernaan yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Berikut beberapa efek lidah buaya yang dimaksud:

  • Dehidrasi. Konsumsi jus lidah buaya ternyata mampu membuat Anda mengalami dehidrasi. Efek dehidrasi bersumber dari zat laxatid yang terkandung di dalam lidah buaya. Pengaruh dehidrasi pada kulit bukan isapan jempol. Anda yang menderita dehidrasi atau kekurangan cairan cenderung memiliki kulit yang kering dan kasar serta kusam.
  • Diabetes. Zat laxatid dalam lidah buaya ternyata mampu merangsang ketidakseimbangan elektrolit pada Anda yang memiliki riwayat atau risiko diabetes. sementara itu, diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh naiknya gula darah. Kesehatan kulit penderita diabetes tidak cukup baik dengan kecenderungan memiliki berbagai luka seperti ulkus di tangan dan kaki.

Meski efek samping lidah buaya untuk kulit terhitung cukup merepotkan, jangan pernah takut untuk menggunakan lidah buaya dalam perawatan dan pengobatan berbagai masalah kesehatan kulit, rambut, dan tubuh. Akan tetapi, Anda perlu mencermati kebersihan lidah buaya dan proses pengolahan dan langkah-langkah penggunaan. Cara menghilangkan bekas cacar dengan mentimun tentu berbeda dengan cara mengobati herpes dengan lidah buaya. Jika penggunaan lidah buaya meninggalkan keluhan yang tidak kunjung membaik, sudah sepatutnya Anda menghubungi dokter pribadi.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan