Sponsors Link

Waspadailah 9 Efek Samping Es Batu bagi Kulit Wajah yang Sering Disepelekan

Sponsors Link

Kulit seseorang adalah bagian tubuh terluar yang mampu dilihat oleh orang lain. Biasanya penilaian bagaimana menjaga kesehatan tubuh, dapat dilihat dengan bagaimana menjaga penampilan dan kesehatan kulit. Begitu juga kesehatan kulit wajah Anda. Kulit wajah terutama bagi perempuan adalah masalah terbesar karena menganggu penampilan. Mungkin Anda juga setuju demikian?

ads

Beragam cara dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan bersih tanpa luka ata noda. Tahukah Anda ternyata bahan di sekitar kita mampu memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan kulit terutama kulit wajah Anda? bahan tersebut yaitu, es batu. Meskipun memiliki manfaat, tentu es batu juga memberikan efek samping yang mungkin bisa berbahaya bagi Anda, bisa juga hanya terjadi dalam sekali waktu saja. Berikut penjelasan mengenai es batu untuk kesehatan kulit wajah. Anda juga perlu tahu jenis ruam pada kulit.

Manfaat Es Batu Bagi Wajah

Es batu pada umumnya di gunakan oleh orang sebagai penyegar minuman. Siapa sangka jika es batu mampu membantu masalah kulit yang menganggu kepercayaan diri Anda? Terutama dalam menjaga atau menghilangkan masalah kulit wajah. Berikut pemaparan manfaat es batu bagi kesehatan kulit wajah Anda.

  1. Membantu mengecilkan pori-pori

Beberapa wanita memiliki pori-pori kulit wajah yang cukup besar. Biasanya ini menjadi ciri ciri kulit wanita yang memiliki jenis wajah berminyak dan cepat kusam. Dengan memiliki pori-pori yang besar maka produksi minyak pada wajah akan semakin banyak. Selain itu, wajah akan mudah berjerawat karena kuman dan kotoran yang masuk pada pori-pori kulit wajah. Lantas apa manfaat es batu bagi wajah? Ternyata sifat es batu yang dingin dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah Anda. Rasa dingin itu akan memberikan relaksasi pada kulit. Tapi Anda perlu memperhatikan kebersihan es batu dan permukaannya agar tidak menimbulkan masalah lain pada kulit wajah. Cari tahu kulit gatal kering dan menghitam.

  1. Mengecilkan Jerawat

Siapa yang tak jengkel saat jerawat keluar pada kulit Anda? terlebih jika jerawat tersebut muncul dengan ukuran yang besar dan memerah. Tentu selain merusak penampilan Anda, jerawat yang memerah tersebut juga memberikan rasa linu bila disentuh. Tapi Anda tak perlu khawatir sebab dengan es batu masalah jerawat membandel dapat teratasi. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan es batu yang bersih dengan permukaan yang halus. Tempelkan pada jerawat Anda. Beberapa hari ke depan jerawat akan mengecil. Tahukan Anda perbedaan jerawat dan bisul pada tubuh?

  1. Mengurangi flek hitam

Apakah Anda memiliki masalah kulit wajah karena flek hitam? Biasanya flek hitam ini terjadi karena kulit wajah semakin menua atau bekas jerawat Anda yang tidak hilang. Dengan menggunakan es batu, masalah Anda tersebut akan berangsur berkurang. Es batu tidak menjamin hilang dan sembuhnya flek hitam melainkan mengurangi flek tersebut. Cara mengaplikasikannya sama dengan cara biasanya. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebersihan kulit dan es batu terlebih dahulu sebelum di tempelkan pada wajah.

  1. Kulit Kering

Jenis kulit lainnya selain berminyak yaitu kulit kering. Memiliki kulit kering tentu membuat kulit wajah Anda mudah teriritasi dan kasar seperti sisik. Berikut dijelaskan kulit kering bersisik dan keriput. Keadaan ini akan menganggu kesehatan wajah Anda. Anda dapat sesekali mengaplikasikan es batu ke wajah Anda untuk membuat wajah Anda lebih lembab dan ringan. Meskipun tetap disarankan menggunakan pelembab dan beragam kebutuhan perawatan wajah yang cocok dengan jenis wajah Anda. Tetap memperhatikan kebersihan es batu saat penggunaan agar tidak terjadi masalah yang berlipat lipat.

Sponsors Link

  1. Mengurangi Luka Iritasi

Pernahkah kulit wajah Anda teriritasi oleh karena suatu hal? Anda bisa menggunakan es batu untuk membantu kulit wajah lebih rileks. Es batu tidak membuat luka Anda sembuh atau hilang melainkan membuat kulit Anda lebih nyaman dan tenang. Sebab sesekali iritasi tersebut membuat kulit perih. Tapi gunakan es batu 2 atau 3 hari setelah iritasi. Anda bisa melapisi es batu dengan kain lembut agar permukaan es batu tidak menambah luka pada wajah melainkan memberikan sensasi dingin yang mampu membantu perbaikan iritasi. Cari tahu pula penyebab kulit kering bersisik pada penjelasan ini.

Di atas telah dijelaskan beberapa manfaat es batu bagi kulit wajah Anda. Ternyata begitu banyak manfaatnya. Meski demikian, Anda tetap perlu memerhatikan bagaimana keadaan es batu. Memastikan bahwa es batu terbuat dari air yang bersih. Memastikan pula bahwa es batu telah tercuci bersih. Tidak kalah penting Anda juga memastikan bahwa es batu tersebut memiliki permukaan yang halus dan tidak ada sisi yang runcing yang dapat melukai kulit wajah Anda.

Efek Samping Penggunaan Es Batu di Wajah

ads

Es batu memang memberikan manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan kulit wajah Anda. tetapi apakah Anda juga tahu bahwa es batu juga memberikan efek samping? Anda perlu tahu efek samping tersebut guna meningkatkan kewaspadaan dalam penggunaannya. Bisa jadi efek samping tersebut akan Anda alami saat menggunakannya. Dengan mengetahui efek samping sebelum menggunakan, maka Anda tidak akan khawatir. Sebab efek samping ini tidak akan berlangsung lama. Beberapa hanya bentuk dari reaksi tubuh terhadap sensasi dingin yang diberikan oleh es batu. Berikut beberapa efek samping penggunaan es batu untuk kulit wajah.

  1. Pembengkakan

Meski es batu mampu mengecilkan jerawat Anda yang cukup besar, ternyata es batu juga memberikan efek samping pembengkakan. Hal ini terjadi karena kulit memberikan reaksi spontan atas rasa dingin tersebut. Biasanya pembengkakan tidak nampak dan akan hilang beberapa jam kemudia. Jadi, Anda tak perlu khawatir. Anda juga perlu mencari tahu mengapa penyebab bercak merah pada kulit .

  1. Kulit menjadi kaku

Reaksi kaku pada kulit ini juga merupakan bentuk spontan kulit karena adanya perubahan suhu pada area kulit wajah. Setelah beberapa waktu penggunaan es batu, kulit wajah akan beradaptasi dan kembali normal. efek samping ini tidak akan membahayakan kulit wajah Anda. Sehingga dapat dikatakan ini merupakan keadaan yang noemal.

  1. Iritasi

Efek samping lainnya yang diberikan oleh es batu yaitu adanya iritasi pada kulit Anda. Meskipun kulit Anda mampu meredakan iritasi, tapi es batu juga memberikan efek samping iritasi. Ini bisa terjadi jika sisi es batu runcing atau Anda menggosokkan es tersebut secara kasar pada kulit wajah. Selain itu, es batu yang tidak bersih juga membuat iritasi pada kulit semakin parah. Cari tahu pula cara mengobati herpes dengan es batu pada kulit Anda.

  1. Memerah

Beberapa kulit tidak mampu menerima rangsangan dingin pada tingkat tertentu. Akibatnya kulit memerah karena perubahan suhu tersebut. Memerahnya kulit tidak disertai rasa nyeri. Sehingga masih tergolong aman dan tidak menganggu kesehatan. Jadi disarankan untuk menggunakan es batu dengan tingkat dingin yang disesuaikan oleh kemampuan kulit dalam menerima. Jangan sampai kesehatan Anda terganggu karena hal hal kecil.

Telah dijelaskan efek samping es batu di atas. Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk tetap memerhatikan hal hal yang berkaitan dengan kemampuan kulit menerima rangsangan dan juga kebersihan es batu yang akan digunakan. Mengingat bahwa es batu yang dijual di pasaran belum tentu higienis atau terbuat dari air yang bersih, maka disarankan untuk tidak menggunakan es batu sebagai obat atau pilihan Anda dalam menangani masalah kesehatan terutama kulit wajah. Baca pula manfaat es batu untuk menghilangkan varises.  Beberapa hal bisa Anda lakukan untuk menjaga atau mengurangi masalah kulit wajah. Di anataranya yaitu:

Sponsors Link

  • Menggunakan krim khusus kulit wajah untuk pereda nyeri saat iritasi
  • Setelah membersihkan wajah gunakan penyegar dan pelembab untuk menjaga kandungan air pada wajah
  • Gunakan handuk yang lembut dan bersih untuk mengusap wajah
  • Rajin membersihkan alat make up agar tidak menimbulkan masalah kulit wajah
  • Gunakan kosmetik yang tidak menyebabkan alergi. Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter kepercayaan Anda.
  • Rajin membersihkan muka.
  • mengonsumsi air putih yang cukup. Air putih dipercaya menjadi kunci kesehatan tubuh.
  • mengonsumsi buah dan sayur yang baik untuk keseluruhan kulit Anda.

Beberapa hal di atas memang dianjurkan untuk dilakukan rutin. Sebab mencegah memang selalu menjadi cara terbaik menjaga kesehatan. Selain itu, Anda tak boleh malas untuk membersihkan dan merawat kesehatan wajah Anda. Kemalasan dalam menjaga tubuh akan berdampak pada kesehatan Anda. Tidak hanya kesehatan kulit, akan ada kemungkinan masalah kesehatan lainnya. Kepercayaan diri Anda akan terpancar melalui kulit wajah yang bersih. Seringlah mengunjungi dokter untuk sekadar berkonsultasi bila memiliki masalah kesehatan. Anda juga bisa melakukan cek rutin sebagai bentuk perawatan rutin.

Dengan kulit wajah yang bersih atau kulit tubuh secara keseluruhan, maka Anda siap melakukan beragam aktivitas di luar. Jangan lupa menjaga kesehatan kulit Anda saat beraktivitas dengan menggunakan pelembab, zat pelindung kulit dari sinar matahari, atau beragam produk yang Anda percaya dan cocok. Semoga pembahasan di atas memberikan penjelasan dan wawasan terkait manfaat serta efek samping es batu bagi kesehatan kulit Anda. Selamat mencoba dan mengaplikasikan es batu pada kulit wajah Anda. Selamat merasakan manfaat yang diberikan es batu untuk kesehatan Anda.

Sponsors Link
, , , , ,