Sponsors Link

6 Efek Cacar Air Pada Mata yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Banyaknya penderita penyakit kulit yang disebut dengan cacar air mengalami gejala umum yang sama, yaitu benjolan berisi cairan hampir di seluruh bagian tubuh serta demam tinggi. Namun ada pula gejala khusus penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini, salah satunya adalah benjolan cacar air yang mengenai organ tubuh vital tertentu seperti mata.

ads

Di balik keberadaan benjolan yang biasanya baru sembuh sekitar satu minggu ini, tentu terdapat alasan yang menandai tingkat keparahan cacar air pada mata. Selain sebagai indera penglihatan, mata memiliki peran yang penting dalam keseimbangan hormon, misalnya sebagai tempat keluarnya air mata seseorang ketika mengalami perasaan tertentu.

Ketika cacar air menyerang seseorang, dapat dipastikan terdapat efek yang umum dialami seperti kehilangan nafsu makan, tubuh menjadi lemas, demam, batuk, pilek, hingga sariawan. Pada bagian tubuh yang biasa dihinggapi benjolan cacar, misalnya kulit, maka benjolan tersebut akan terasa gatal. Namun, rupanya cacar air yang muncul di area sekitar mata memiliki gejala lain yang sedikit berbeda dengan cacar di bagian tubuh lainnya.

Cacar Air Dimata

Virus penyebab cacar air sangat mudah menular melalui udara, benda yang dipakai bersama, dan kontak langsung dengan penderita cacar air. Virus yang disebut varicella zoster ini mampu bertahan dalam tubuh meskipun tidak aktif lalu menginfeksi sel saraf mata dalam jangka panjang dan berkelanjutan sehingga menjelma menjadi virus herpes zoster.

Berbeda dengan virus varicella zoster, virus herpes zoster mampu merusak saraf mata dengan efek beragam, mulai dari yang sifatnya ringan hingga memiliki potensi penyebab komplikasi pada mata. Berikut ini efek cacar air pada mata yang sering terjadi:

1. Timbulnya Kemerahan Pada Mata 

Karena cacar air bersifat mudah menyebar ke seluruh tubuh, maka kemerahan pada mata menjadi hal yang cukup sering dijumpai. Efek ini merupakan situasi yang relatif sedang jika disertai gatal. Namun efek ini dapat menurunkan kepercayaan diri karena muncul di area mata yang juga sering berair sebagai efek lain infeksi oleh virus penyebab cacar ular yang telah mencapai lapisan terluar mata.

2. Terdapat Benjolan Berisi Cairan dan Disertai Sakit Kepala

Efek khusus cacar air pada mata selain benjolan berisi cairan ialah sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh virus herpes zoster yang juga memicu cacar ular, yaitu kondisi ketika sudah imunisasi masih terkena cacar untuk kedua kalinya. Virus ini menyerang saraf pada mata yang juga terletak di kepala sehingga timbul rasa sakit di kepala mulai dari yang ringan hingga parah.

3. Munculnya Bekas Luka Pada Mata Secara Permanen

Kemunculan bekas luka terjadi ketika virus mampu menyerang bagian terdepan mata, yaitu kornea. Bagian mata ini terhubung dengan serabut saraf menuju otak. Bekas luka yang sejatinya bisa mengering sendiri ini biasanya langsung digaruk oleh penderita cacar air, sehingga kemungkinan waktu bertahan bekas luka yang sejatinya sudah ada ketika cacar air menyerang mata justru akan bertambah lama. Beberapa cara agar cacar air tidak berbekas juga dapat dilakukan untuk mempercepat kembalinya rasa percaya diri.

4. Terganggunya Pengelihatan

Sponsors Link

Luka parut dapat menjadi semakin parah karena terlalu lama atau melakukan aktivitas yang memicu komplikasi seperti menggunakan kosmetik di sekitar mata, memasang lensa mata, berada di area berdebu, dan lain-lain. Hal ini terkait dengan virus herpes zoster yang menyerang saraf terhubung dengan retina. Sebelum mata terinfeksi virus, sebaiknya Anda mengetahui cara penularan virus herpes zoster yang hampir mirip dengan virus varicella zoster.

5. Menurunnya Produksi Air Mata

Virus varicalla zoster terkanal menjadi penyebab Bell’s Palsy atau munculnya gangguan seperti kelumpuhan sementara pada wajah jika saraf kranial mengontrol otot tertentu. Jika cacar air dan gangguan ini terjadi bersamaan dapat menurunkan produksi air mata atau liur dari bagian tubuh yang terinfeksi. Ketika mulai sembuh, Anda akan merasakan ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh pada tubuh.

6. Timbulnya Komplikasi 

Sponsors Link

Efek berat cacar air pada mata ialah komplikasi atau penyakit berat yang mungkin terjadi jika virus menyerang namun keadaan tubuh sangatlah lemah. Jenis komplikasi pun beragam, mulai dari peradangan kornea (keratitis), konjungtivitis atau peradangan konjungtiva yaitu pelindung sklera atau cairan putih mata, dan lain-lain. Para wanita juga harus mengetahui pengaruh cacar air dengan menstruasi karena memiliki beberapa efek tambahan seperti ruam kemerahan di vagina, nyeri persendian, ruam merah tersebar secara sentrifugal, dan lain-lain.

Efek cacar air pada mata di atas merupakan beberapa hal yang mungkin dialami oleh penderita dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Beragam efek ini juga tidak bisa dianggap remeh karena mudah menimbulkan komplikasi yang berakibat fatal bagi mata melalui tindakan yang tidak disadari, seperti memakai kosmetik dan lensa mata. Namun, sebelumnya Anda juga harus mengidentifikasi perbedaan cacar air dan campak karena memiliki efek yang serupa tetapi jika pengobatannya tidak tepat dapat memicu gangguan kesehatan lain.

Tindakan yang seharusnya dilakukan oleh penderita ialah berkonsultasi ke dokter sesegera mungkin ketika benjolan cacar air terlihat di sekitar mata. Namun cara mencegah cacar air pada mata juga dapat dilakukan melalui imunisasi dan rutin memeriksa kesehatan tubuh terutama bagi orang berumur lansia yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Cacar