Sponsors Link

Apa Penyebab Demam Tinggi Saat Cacar Air? Apakah Berbahaya?

Sponsors Link

Untuk saat ini, Anda mungkin sudah sedikit banyak memahami apa saja gejala cacar air. Sekaligus juga dengan tanda-tanda terkena cacar air baik pada anak-anak atau pun orang dewasa. Tanda-tanda mulai dari munculnya ruam dan bintik merah, hingga rasa gatal yang mengikuti pun sudah diketahui. Namun bagaimana dengan demam tinggi saat cacar air yang tiba-tiba terjadi? Apa yang menjadi penyebab dan berbahayakah demam tinggi ini?

ads

Penyebab demam tinggi saat cacar air:

  • Salah satu gejala dari cacar air memang sakit kepala, flu, batuk, pilek, yang disertai dengan deman dan juga rasa nyeri.
  • Hal ini dibarengi dengan munculnya ruam serta bintik merah dari bagian tengah tubuh yang akan menyebar hingga kanan dan kiri.
  • Penyebaran ruam secara sentrifugal dan juga merata keseluruh tubuh yang diikuti denga demam ini pun menjadi salah satu gejala pasti dari serangan cacar air.
  • Untuk itu sebenarnya tak perlu terlalu risau bila terkena demam tinggi saat cacar air. Terlebih sekali lagi, pada orang dewasa gejala yang terjadi memang lebih parah dari pada untuk anak-anak.
  • Namun bila demam sudah sangat tinggi ketika cacar air, sebaiknya segera diberikan pengobatan lanjutan. Terlebih bila diikuti dengan kesulitan bernafas.
  • Ini karena virus cacar air bisa menginfeksi dan menjadi komplikasi paru-paru.
  • Komplikasi paru-paru karena cacar air ini pun biasanya ditandai dengan demam yang sangat tinggi, menggigil, hingga kesulitan bernafas. Bila hal ini terjadi, satu-satunya anjuran memang segera berobat ke rumah sakit terdekat.

Bahaya atau Tidak Demam Tinggi Saat Cacar?

Penyebab cacar air atau Varicella sendiri karena infeksi virus. Sistem kekebalan tubuh yang lemah menyebabkan virus lebih cepat masuk dan hingga menyebabkan infeksi. Sedangkan cara penularan cacar air sendiri sangat mudah. Mulai dari melalui kontak langsung, hingga dari cairan tubuh. Bahkan pada beberapa kasus, pertukaran udara juga bisa menyebabkan penularan virus Varicella tersebut.

Demam tinggi saat cacar, sebenarnya tidak membahayakan. Namun apabila di diamkan dan Cacar air akan menyebabkan bahaya yang sangat buruk, infeksi virus lain. Seperti misalnya perbedaan flu singapura dengan cacar air hingga perbedaan biang keringat dan cacar air. Selain itu juga, seumur hidup Anda hanya akan terserang satu kali saja penyakit ini. Unik sekali bukan? Penyakit cacar air yang menyerang orang dewasa pun memiliki gejala dan tanda-tanda yang lebih parah serta proses penyembuhan lebih lama dari pada anak-anak. Salah satunya yang sering terjadi pada penderita orang dewasa ini, adalah demam tinggi saat cacar air.

Banyak yang menyarankan untuk cara mengobati cacar air dengan jagung. Selain itu untuk mengatasi demam tinggi saat cacar air, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis obat seperti anti nyeri, antivirus, dan penurun demam sesuai anjuran dokter. Hindari pula untuk mandi air dingin serta usahakan tidak menggaruk bintik merah karena akan mempercepat proses infeksi virus. Selain itu juga pastikan tidak mengalami dehidrasi selama suhu tubuh meningkat.

Mengalami demam tinggi saat cacar air memang bisa membuat panik. Namun kenali lagi, apakah demam yang dialami masih terbilang normal atau diikuti dengan kesulitan bernafas. Semoga uraian di atas memberikan wawasan lebih pada Anda ya!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Cacar