Sponsors Link

Daging Tumbuh di Kemaluan Wanita: Gejala, Penyebab, Pengobatan

Sponsors Link

Adanya daging misterius yang tumbuh begitu saja pada bagian tubuh mana pun tentunya dapat membuat siapa saja yang mengalaminya panik. Terlebih lagi apabila daging aneh tersebut muncul di kemaluan. Para wanita, khususnya, pasti akan berpikiran yang tidak-tidak pada saat menemukan bahwa ada daging tumbuh di kemaluan mereka.

ads

Jika ini juga dialami oleh Anda, sebaiknya buanglah jauh-jauh pikiran-pikiran aneh tersebut, sebab daging yang tumbuh di kemaluan wanita tidak semuanya berbahaya. Lalu sebenarnya apa sih daging ini? Mengapa bisa tumbuh di kemaluan wanita? Adakah cara untuk menghilangkannya? Berikut ini adalah penjelasannya.

Daging Tumbuh di Kemaluan Wanita?

Daging yang tumbuh di kemaluan wanita sebenarnya adalah sebuah gangguan kesehatan pada kulit. Berdasarkan letak, gejala, dan pengobatannya, daging yang tumbuh di kemaluan wanita ini bisa saja kista atau kutil kelamin. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai keduanya:

Penyebab Daging Tumbuh di Kemaluan Wanita

Daging tumbuh di kemaluan wanita yang Anda alami bisa saja merupakan kista kelenjar bartholin. Kista ini terbentuk ketika saluran kelenjar bartholin tersumbat. Kelenjar bartholin itu sendiri adalah kelenjar yang terletak di kedua sisi lipatan kulit kelamin (labia) yang mengelilingi bagian bawah wanita serta uretra. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi cairan yang berperan sebagai pelumas saat melakukan hubungan seksual. Kelenjar bartholin berukuran sangat kecil sehingga tidak dapat mudah terdeteksi oleh mata atau tangan.

Daging atau benjolan yang tumbuh terjadi karena cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar bartholin menumpuk akibat adanya penyumbatan. Cairan yang menumpuk tersebut kemudian membentuk benjolan atau daging atau kista. Umumnya daging yang tumbuh di kemaluan yang berupa kista ini berukuran kecil dan tidak menimbulkan sakit.

Adapun penyebab kelenjar bartholin tersumbat yang dapat mengakibatkan daging tumbuh di kemaluan wanita, antara lain:

  • Infeksi bakteri, misal bakteri E. Coli
  • Iritasi jangka panjang
  • Inflamasi atau peradangan
  • Infeksi Menular Seksual (IMS), seperti gonore (kencing nanah) dan klamidia

Terdapat perbedaan abses bartholin dengan kista bartholin. Kista bartholin yang berukuran kecil dan tidak terinfeksi umumnya tidak menimbulkan gejala yang berarti, tetapi masih ada gejala daging tumbuh di kemaluan wanita berupa kista bartholin yang tidak terinfeksi atau ciri-ciri penyakit bartholinitis yang perlu diketahui, antara lain:

  • Tumbuh daging atau benjolan yang tidak nyeri ketika disentuh di daerah vulva
  • Benjolan biasanya tidak terdeteksi, kecuali jika dilakukan pemeriksaan medis secara rutin pada daerah panggul
  • Benjolan biasanya akan berukuran lebih besar ketika dan setelah melakukan hubungan seksual
  • Daerah vulva membengkak dan memerah
  • Ada rasa mengganjal dan tidak nyaman saat duduk, berjalan, atau berhubungan seksual

Sedangkan kista bartholin yang terinfeksi akan menimbulan gejala yang sangat nampak sekali. Di bawah ini adalah gejala daging tumbuh di kemaluan wanita berupa kista bartholin yang terinfeksi:

  • Daging atau benjolan yang tumbuh di kemaluan terasa sangat sakit, sehingga membuat kesulitan si penderita untuk berjalan, duduk, atau bergerak
  • Daerah vulva membengkak
  • Benjolan semakin membesar dalam kurun waktu jam atau hari
  • Benjoan atau kista mengalami abses atau keluarnya cairan berupa nanah
  • Demam dan menggigil

Pengobatan Daging Tumbuh di Kemaluan Wanita

Sponsors Link

Daging yang tumbuh di kemaluan wanita ini bisa ditangani melalu cara yang berbeda tergantung jenis kista bartholininya, apakah terinfeksi atau tidak, apakah berukuran kecil atau besar, dan sebagainya. Kista bartholin yang berukuran kecil, tidak menimbulkan rasa sakit, dan tidak menggangu si penderitanya, biasanya dapat ditangani sendiri di rumah tanpa memerlukan prosedur medis atau obat-obatan tertentu.

Sedangkan kista bartholin yang yang telah terinfeksi, berukuran besar, terasa sakit, dan sangat mengganggu si penderitanya, memerlukan penanganan medis yang lebih lanjut. Adapun beberapa cara mengobati kista bartholin atau cara pengobatan daging tumbuh di kemaluan wanita berupa kista bartholin, di antaranya:

  • Sitz Bath (berendam duduk di air hangat)

Cara ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh kista dan mengompres benjolan agar mengecil atau pecah. Yang perlu si penderita lakukan hanya duduk berendam di air hangat yang merendam sampai ke bagian panggul selama 10 sampai 15 menit.

  • Konsumsi Obat Pereda Nyeri
ads

 Obat penekan rasa sakit seperti paracetamol dan ibuprofen dapat diminum jika rasa nyeri yang ditimbulkan sangat hebat. Jangan lupa untuk selalu perhatikan dosis dan cara penggunaan obatnya agar tidak salah konsumsi dan untuk menghindari efek samping ynag tidak diinginkan.

  • Konsumsi Obat Antibiotik

Antibiotik dikonsumsi untuk membantu membunuh bakteri penyebab infeksi pada kista atau benjolan yang tumbuh. Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu ketika memilih antibiotik yang sesuai untuk menghilangkan infeksi jenis ini.

  • Memasangkan Kateter

Dokter dapat melakukan prosedur pemasangan kateter untuk mengeluarkan abses atau nanah dari benjolan.

  • Marsupialisasi Kista

Marsupialisasi kista adalah prosedur medis untuk mengeluarkan abses dengan cara mengiris benjolan atau kista, kemudian ujung pada kulit sekitar kista dijahit untuk mencegah tumbuhnya kista baru. Biasanya prosedur ini dikombinasikan dengan prosedur pemasangan kateter.

  • Mengangkat Kelenjar Bartholin

Jika semua cara tidak berhasil dalam menyembuhkan kista, dokter akan melakukan prosedur akhir, yakni prosedur peangangkatan kelenjar bartholin.

Kutil Kelamin

Apabila Anda merasa bahwa gejala kista kelenjar bartholin yang dijelaskan di atas tidak Anda rasakan, maka bisa jadi daging tumbuh di kemaluan wanita yang Anda alami adalah bukan kista, melainkan kutil kelamin. Kutil kelamin adalah salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS) yang berupa benjolan seperti daging tumbuh di area kelamin atau dubur. Sama seperti kista bartholini yang tidak terinfeksi, kutil kelamin juga biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri ketika disentuh.

Penyebab kutil kelamin adalah serangan dari virus yang berjenis human papiloma virus (HPV). Kutil kelamin sangat mudah menular, karena virus yang menyebabkannya juga dapat menyebar dengan mudah. Hanya dengan melalui bersentuhan langsung dengan penderitanya saja, kita dapat langsung tertular masalah kesehatan kulit ini. Di bawah ini adalah beberapa cara penularan kutil kelamin atau virus papiloma human yang dapat menyebabkan daging tumbuh di kemaluan wanita yang berupa kutil kelamin:

  • Berhubungan seksual tanpa kondom
  • Berganti-ganti pasangan hubungan seksual
  • Berhubungan seksual dengan penderita kutil kelamin
  • Memiliki riwayat infeksi seksual
  • Menggunakan alat bantu seks (sex toy) yang telah terkontaminasi virus yang menyebabkan kutil kelamin

Tentunya ada perbedaan kutil kelamin dan kutil biasa. Kutil kelamin pada umumnya memang berukuran kecil dan sulit dideteksi oleh kasat mata. Akan tetapi kutil kelamin di kemaluan wanita akan memunculkan gejala tertentu berupa:

  • Gatal di daerah kemaluan
  • Kutil dapat tumbuh secara berdekatan
  • Kutil kelamin pada wanita biasanya tumbuh di area dinding bagian bawah wanita, vulva, leher rahim, area di antara lubang bagian bawah wanita dan lubang anus
  • Mengalami pendarahan ketika berhubungan seksual
  • Gangguan emosi

Meskipun kutil kelamin tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, jangan anggap remeh gangguan kulit ini karena gangguan ini dapat menimbulkan komplikasi yang cukup serius jika tidak segera dilakukan tindakan untuk mengatasinya. Komplikasi yang bisa ditimbulkan oleh kutil kelamin pada wanita antara lain:

  • Kanker serviks
  • Kanker vulva
  • Kanker anus
  • Menurunkan kemampuan bagian bawah wanita untuk meregang saat melahirkan jika kutil terdapat di dalam dinding bagian bawah wanita.

Pengobatan daging tumbuh di kemaluan wanita Lainnya

Untuk mencegah komplikasi dari kutil kelamin yang serius di atas, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kutil kelamin. Berikut ini adalah sejumlah cara sebagai pengobatan daging tumbuh di kemaluan wanita yang berupa kutil kelamin:

Sponsors Link

  • Pemberian Obat-Obatan Topikal

Salah satu cara penanganan yang dapat dilakukan dalam upaya mengobati kutil kelamin adalah pemberian pbat-obatan topikal. Obat topikal adalah obat yang berbentuk salep, krip, atau cairan yang memiliki zat kimia khusus untuk meningkatkan kemampuan sistem imunitas tubuh dalam melawan kutil kelamin. Obat topikal yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Saran dokter sangat diperlukan dalam memilih obat tipikal yang tepat untuk mengobati kutil kelamin.

  • Cryotherapy

Cryotherapi adalah salah satu prosedur pembedahan kutil kelamin dengan cara memakai nitrogen cair untuk membekukan kutil.

  • Elektrokauter

Pembedahan kutil kelamin yang melibatkan arus listrik untuk membakar kutil.

  • Eksisi Bedah

Prosedur pembedahan kutil ini dilakukan dengan cara memotong kutil kelamin. Pembiusan (anestesi) lokal dilakukan sebelum prosedur pembedahan ini dimulai.

  • Terapi Laser

Apabila dagiong tumbuh di kemaluan wanita yang berupa kutil kelamin berukuran sangat besar dan sulit untuk diobati, terapi laser adalah cara medis untuk mengobatinya. Prosedur medis ini melibatkan balok intens cahaya untuk menghilangkan kutil kelaminnya.

  • Obat Kutil Kelamin Tradisional Alami

Menggunakan obat kutil kelamin tradisional atau obat alami adalah cara lain untuk mengobati daging tumbuh di kemaluan wanita. Ada beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan dalam upaya menghilangkan kutil yang tumbuh di daerah kelamin wanita. Beberapa obat tradisional tersebut di antaranya vitamin E, bawang putih, bawang merah, cuka apel, lidah buaya, kulit pisang, daun dewa, dan kentang.

Itu tadi penjelasan mengenai gejala, penyebab, dan pengobatan daging tumbuh di kemaluan wanita. Ternyata ada dua jenis kemungkinan penyakit kulit yang ditandai dengan daging tumbuh di kemaluan wanita.

Untuk tahu pasti apa sebenarnya daging yang tumbuh tersebut, alangkah baiknya untuk segera mendatangi dokter agar dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut. Nantinya dokter akan mendiagnosis jenis benjolan apa yang Anda alami tersebut. Dokter juga akan memberitahu jenis obat atau penanganan apa yang cocok untuk mengatasi daging tumbuh di kemaluan wanita yang Anda alami.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :