Sponsors Link

4 Ciri-Ciri Vitiligo Pada Bayi Yang Bisa Dikenali Sejak Dini

Sponsors Link

Vitiligo merupakan salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit berupa hilangnya pigmen pada kulit sehingga menimbulkan perubahan warna pada bagian tubuh tertentu. Tidak hanya muncul setelah dewasa, tapi ciri-ciri vitiligo ini juga sudah terlihat sejak usia anak-anak. Penyakit kulit vitiligo ini akan menyebabkan hilangnya rasa percaya diri seseorang karena warna kulit yang tidak merata atau belang.

ads

Penyakit vitiligo ini bukanlah jenis penyakit yang menular sehingga tidak perlu ditakutkan seperti penyakit kulit panu atau penyakit kurap kering. Vitiligo pada anak-anak biasanya sudah bisa terlihat sejak usia 4 atau 5 tahun atau terkadang juga bisa muncul pada usia anak di bawah 1 tahun. Berikut adalah ciri-ciri vitiligo pada bayi yang perlu diperhatikan.

1 . Munculnya Bercak Putih

Ciri-ciri vitiligo pada bayi yang pertama adalah terdapatnya bercak putih pada tubuh bayi. Bercak putih ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Bercak putih ini juga bisa muncul dalam ukuran yang besar atau kecil sehingga kulit bayi terlihat belang-belang atau dipenuhi oleh bercak putih pada bagian-bagian tertentu saja. Jika gejala ini terlihat maka diperlukan penanganan yang baik untuk menghindari penyebaran vitiligo ini pada kulit anak.

2. Perubahan Warna Kulit

Terjadinya perubahan warna kulit bayi pada tubuh bayi juga merupakan ciri-ciri vitiligo pada bayi yang bisa dikenali. Bayi yang menunjukkan gejala vitiligo akan mengalami perubahan warna kulit pada bagian tubuh tertentu. Bayi akan mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih putih dalam luas yang bervariasi.

Untuk menghindari penyebaran vitiligo ini pada kulit anak, bisa dengan memberikan menu MPASI yang mengandung tinggi vitamin D dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kulit bayi.

3. Perubahan Warna Di Area Mata Dan Mulut

Ciri-ciri vitiligo pada bayi yang ketiga adalah terjadinya perubahan warna pada kulit di area mata dan mulut. Jika kulit di area sekitar mata dan sekitar mulut bayi terlihat berubah menjadi lebih putih atau munculnya bercak-bercak putih juga merupakan ciri-ciri vitiligo yang perlu diwaspadai. Cara mengatasinya bisa dengan pemberian vitamin D dan obat-obatan untuk mengatasi vitiligo ini. Tentu saja mendapatkannya melalui penanganan dari dokter. Namun ada juga obat tradisional vitiligo yang bagi penderita dewasa.

4. Perubahan Warna Rambut Bulu Mata Dan Alis

Vitiligo pada bayi juga bisa dikenali dengan melihat adanya perubahan pada warna rambut, bulu mata atau alis. Jika warna rambut, alis atau bulu mata anak terlihat memudar atau sedikit memutih bisa jadi ini adalah menjadi gejala vitiligo pada anak. Selain dengan memberikan makanan yang mengandung tinggi vitamin D dan makanan sehat untuk kesehatan kulit, cara mengobati vitiligo pada bayi juga bisa dengan melakukan prosedur medis seperti fototerapi dan terapi laser.

Itulah 4 ciri-ciri vitiligo pada bayi yang perlu diperhatikan agar bisa melakukan pencegahan dan penyebaran vitiligo sedini mungkin. Dan yang penting lagi ketahuilah penyebab vitiligo dan juga berbagai penyebab perubahan warna kulit. Cara mencegah vitiligo ini agar tidak semakin parah adalah dengan memperhatikan pantangan makanan vitiligo.

Sponsors Link
, , , ,