Sponsors Link

6 Ciri-ciri Terkena Kutu Kemaluan yang Mudah Diketahui

Sponsors Link

Apabila tiba-tiba anda merasa sangat gatal pada daerah kemaluan, hati-hati, bisa jadi anda terkena kutu kemaluan yang mungkin anda pun baru mendengar nama serangga yang satu ini. Kenali dan temukan jawaban mengenai ciri-ciri terkena kutu kemaluan dengan menyimak uraian yang akan disajikan berikut ini.

ads

Timbulnya rasa gatal pada kemaluan memang bisa disebabkan bermacam-macam faktor. dan penyebab rasa gatal tersebut memiliki ciri yang berbeda satu sama lain. Berikut ini berbagai Penyebab gatal pada kemaluan wanita dan pria, yaitu :

  1. Akibat adanya salah satu gejala kutu kemaluan – Kutu kemaluan mengeluarkan air liur dan eskreta pada waktu menghisap darah. Air liur dan eskreta itulah yang menyebabkan rasa gatal tersebut.
  2. Bakteri, kuman atau virus pada celana dalam – Bisa akibat celana dalam yang lama tidak diganti
  3. Bakteri dari pembalut saat haid – pembalut yang terlalu lama tidak diganti akan mengundang banyak bakteri, kuman, jamur dan virus penyebab gatal pada kemaluan
  4. Akibat adanya salah satu gejala penyakit sipilis – Gatal pada kemaluan ketika terjangkit penyakit sipilis dikarenakan bakteri penyebab penyakit sipilis yang menginfeksi
  5. Akibat sering keputihan – Apabila keluar keputihan dari kemaluan dan terasa gatal, itu berarti keputihan yang tidak normal. Keputihan tidak normal disebabkan serangan bakteri, kuman atau virus pada sistem reproduksi. Keputihan normal berwarna putih transparan dan sedikit kental. Sedangkan keputihan yang tidak normal, terkadang berwarna bening dan encer, terkadang berwarna agak hijau, atau berwarna putih keruh, lebih banyak dari biasanya dan berbau tidak sedap.
  6. Akibat adanya salah satu gejala kandidiasis – infeksi jamur candida albicans dapat menyebabkan rasa gatal pada kemaluan
  7. Bisa juga merupakan ciri-ciri jamur diselangkangan – Jamur diselangkangan menimbulkan rasa gatal diselangkangan, dan rasa gatal akan menyebar kedaerah kemaluan bila jamur tidak segera dibasmi.
  8. Alergi terhadap suatu produk – Alergi terhadap sabun mandi, sabun pembersih kewanitaan, salep/krim untuk mengobati penyakit di kemaluan, kertas toilet, alat kontrasepsi yang dipasang melalui vagina, dan lainnya.

Mengenal Terkena kutu kelamin (Pthirus pubis)

Infeksi pada kulit yang disebabkan pediculus (yang termasuk family pediculidae seperti kutu) disebut dengan istilah pediculosis. Manusia menjadi inang/hospes dari tiga jenis kutu yaitu :

  • Kutu kemaluan (Pthirus pubis yang dahulu dikenal dengan istilah pediculus pubis)

Habitat kutu kemaluan yaitu pada rambut kelamin pria dan wanita dewasa atau remaja. Ditemukan pula infeksi kutu kemaluan pada bulu mata, bulu alis, kumis, jenggot, anus, perut bagian bawah, ketiak dan tepi batas rambut kepala, namun jarang terjadi. Anak-anak pun dapat terinfeksi kutu kemaluan. Infeksi yang terjadi pada anak-anak, lebih sering pada alis dan bulu matanya (pediculosis ciliarum). Yang perlu dicurigai dari anak-anak yang terinfeksi kutu kemaluan yaitu kemungkinan anak tersebut mengalami kekerasan seksual atau pelecehan seksual. Penularan kutu kemaluan dapat terjadi melalui berbagai faktor seperti berikut ini :

  1. Paling sering melalui hubungan intim – Pada anak-anak yang mengalami kasus pelecehan seksual, selain berisiko tinggi tertular penyakit kutu kemaluan, juga berisiko tinggi terkena penyakit infeksi menular lainnya.
  2. Handuk yang dipakai oleh penderita kutu kemaluan – Kutu kemaluan menyukai tempat lembab dan gelap, sehingga walaupun kutu kemaluan tidak tahan berlama-lama jauh dari inangnya (manusia), kutu kemaluan akan bertahan sejenak pada handuk untuk kemudian berpindah pada inang yang lain. 
    Sponsors Link

  3. Celana/pakaian yang dipakai oleh penderita kutu kemaluan – Tidak seperti penularan pada handuk. Penularan kutu kemaluan melalui celana/pakaian jarang terjadi karena biasanya pakaian lebih sering dicuci dibandingkan handuk.
  4. Toilet duduk – Perpindahan kutu kemaluan dari tempat dudukan toilet  untuk kemudian berpindah pada tubuh inang yang baru
  5. Tempat tidur – Perpindahan kutu kemaluan melalui benda-benda yang ada ditempat tidur yaitu bantal, guling, selimut yang kemudian kutu kemaluan akan berpindah lagi ke tubuh inang yang baru

Melihat kutu kemaluan agak sulit jika dengan mata telanjang karena ukuran tubuhnya yang amat kecil. Kutu betina berukuran 1-2 mm sedangkan jantannya lebih kecil. Telur kutu kemaluan yang tampak seperti debu putih, akan menetas setelah 10 hari sejak hadirnya dan telur ini lebih sulit dilepaskan dari rambut, dibanding kutu kemaluan yang telah dewasa. Kutu kemaluan selalu memasukkan kepalanya kedalam muara folikel rambut sehingga membuat kutu ini sulit dilepaskan dari kulit atau tempat berdiamnya. Kutu kemaluan berwarna abu-abu kecoklatan dan agak merah setelah menghisap darah inangnya. Kutu kemaluan juga tidak dapat hidup lebih dari 2 hari jika tidak hinggap ditubuh inangya.

ads
  • Kutu Kepala (Pediculus humanus capitis)

Orang yang memiliki kutu kepala sangat umum ditemukan, terutama anak-anak dan mereka yang jarang membersihkan rambut. Infeksi ciri-ciri terkena kutu kemaluan yang disebabkan oleh kutu kepala (pediculus humanus capitis) diistilahkan dengan pediculosis capitis. Ukuran kutu kepala lebih besar dari kutu kemaluan. Ukuran kutu kepala yang telah dewasa maksimum 3 mm. Kutu kepala dapat terbang sehingga seseorang akan berisiko tinggi terkena kutu kepala apabila berdekatan lama dengan orang yang memiliki kutu kepala.

  • Kutu Badan (Pediculus humanus corporis)

Kutu badan paling sering ditemukan pada kain yang tidak pernah dicuci, lebih detailnya, mereka bersembunyi pada serat kapas, benang atau pada lipatan kain. Kutu badan akan hinggap pada tubuh manusia hanya untuk menghisap darah, yang kemudian kembali lagi pada kain tempatnya semula. Maka bila seseorang kurang memperhatikan kebersihan pakaian dan tubuhnya akan berisiko tinggi terserang kutu badan ini.

Untuk mengetahui apakah seseorang terkena kutu kemaluan, tidak cukup dengan mengenal etiologi (asal muasal) dan epidemiologinya (penyebaran penyakit) saja. Untuk mengetahuinya, tentu kita harus mengetahui ciri-ciri terkena kutu kemaluan. Ciri-ciri tersebut yaitu seperti disebutkan di bawah ini :

  1. Apabila tiba-tiba merasa sangat gatal pada daerah kemaluan, anus dan sekitarnya. Jika tidak lekas dibasmi, kutu kemaluan yang terus menerus bertelur dan menetas, akan memperluas penjelajahannya ke perut bagian bawah, dada, bulu mata, alis, kumis, jenggot, ketiak dan tepi batas rambut kepala.
  2. Ditemukan bekas gigitan berupa bercak abu-abu kebiruan pada kulit
  3. Telur kutu kemaluan akan terlihat serupa titik-titik putih pada dasar bulu/rambut
  4. Bila menggunakan kaca pembesar akan terlihat wujud kutu kemaluan, yaitu seperti kepiting dengan ukuran sekitar 1-2 mm
  5. Ketika bangun tidur di pagi hari, ditemukan bercak berwarna hitam yang merupakan darah yang mengering. Hal tersebut disebabkan makanan dan cara makan kutu kemaluan ialah dengan menghisap darah inangnya
  6. Merasakan demam ringan yang disebabkan adanya pembesaran kelenjar getah bening

Waspada jika orang terdekat disekitar ada yang mempunyai kutu kemaluan untuk meminimalisir risiko tertular. Infeksi akibat kutu kemaluan akan berbahaya jika dibiarkan tidak diobati. Terlebih lagi luka akibat garukan yang kencang kemungkinan besar akan menyebabkan peradangan parah pada kulit.

Cara Membasmi Kutu Kemaluan

Membasmi kutu kemaluan dapat dicoba dilakukan sendiri dirumah. Bila memilih menggunakan obat-obatan kimia, kita akan mudah menjumpai obat pembasmi kutu kemaluan tersebut di apotik dalam bentuk seperti shampo, krim, atau lotion. Agar pengobatan membuahkan hasil, pengobatan perlu dilakukan dengan cara tepat seperti berikut ini :

  1. Mencukur rambut kemaluan atau rambut lain yang dihuni oleh kutu kemaluan kecuali bulu mata
  2. Menyisir rambut kemaluan dengan sisir khusus untuk kutu kemaluan yang sebelumnya diolesi minyak zaitun atau bahan apa saja yang aman yang berfungsi agar kutu kemaluan mudah disisir/terlepas. Usahakan telur kutu yang berada di dasar rambut, banyak terambil. Lakukan cara ini 3 kali sehari.
    Sponsors Link

  3. Bacalah cara pemakaian obat kutu kelamin yang ada pada kemasan. Yang perlu diperhatikan ialah, setelah produk diaplikasikan pada rambut kemaluan, biarkan selama waktu yang ditentukan contohnya 15 menit sebelum di bilas agar produk bekerja. Dan jangan mencoba melebihi waktu tersebut karena pada dasarnya obat tersebut adalah racun yang justru dikhawatirkan akan merusak kulit.
  4. Orang-orang yang sering berdekatan dengan penderita kutu kemaluan, juga perlu melakukan pengobatan. Mereka adalah pasangan hubungan seksual, teman tidur seranjang, orang yang menggunakan handuk, pakaian dan toilet duduk bersama penderita.
  5. Untuk kutu kemaluan yang terdapat pada bulu mata, dapat menggunakan pinset untuk mencabut kutu kemaluan tersebut.
  6. Rendam dengan air panas handuk, sprei, sarung bantal, sarung guling, selimut dan pakaian, cuci bersih, kemudian jemur pada panas matahari yang terik hingga benar-benar kering supaya kutu kemaluan dipastikan hilang.

Apabila dalam 10 hari pengobatan seperti di atas telah dilakukan, namun anda masih menemukan ciri-ciri bahwa kutu kemaluan masih bersemayam pada tubuh anda, maka memeriksakan diri atau berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin, sangat cocok untuk mejadi pilihan terakhir. Berikan informasi terperinci mulai dari ditemukannya ciri-ciri keberadaan kutu kemaluan di tubuh anda, gejala-gejala yang dirasakan pada tubuh seperti terjadi infeksi akibat garukan atau adanya pembengkakan, sampai ketika mencoba melakukan pengobatan mandiri di rumah dengan menyebutkan pula berbagai obat-obatan yang telah digunakan. Dengan memberikan informasi yang jelas pada dokter, maka dokter akan mudah mediagnosis keberadaan kutu tersebut dan dokter akan memberikan penjelasan atau informasi seputar kutu kemaluan dan resep obat yang harus digunakan.

Sponsors Link
, ,




Oleh :