Sponsors Link

3 Ciri-ciri Scabies Sudah Sembuh dan Tidak Kembali Lagi

Sponsors Link

Infeksi kutu skabies termasuk sebagai infeksi parasit yang termasuk jenis-jenis penyakit kulit. Penyebab penyakit scabies adalah kutu skabies disebut juga sarcoptes scabiei. Penyakit ciri-ciri scabies sudah sembuh ini disebut juga gudik. Kutu skabies dapat menginfeksi semua orang baik berusia muda atau berusia tua, baik bayi maupun orang dewasa dan baik itu wanita atau pria. Resiko tertinggi orang yang mengalami skabies sering terjadi dengan tingkat kepadatan yang tinggi (misalnya orang satu asrama atau kos) dan juga dengan tingkat kebersihan yang kurang, seperti jarang membersihkan atau mencuci sprei kasur, handuk, ataupun pakaian lain.

ads

Cara Mengenali kutu skabies:

  • Kutu skabies merupakan salah satu dari jenis kutu yang dapat menginfeksi manusia.
  • Bentuk kutu skabies ini sangat kecil dan sulit dilihat dengan mata. sehingga pemeriksaannya biasanya dilakukan dibawah mikroskop.
  • Karena sifat skabies dapat berpindah dengan mudah jika ada riwayat kontak langsung, atau kita menggunakan barang yang sama dengan orang lain secara bergantian, maka resiko terkena kutu skabies paling tinggi pada orang yang hidup serumah, sekamar, atau satu asrama. Tiap orang harus memiliki barang pribadi, misalnya handuk sendiri, dan jika bisa tempat tidur sendiri (terpisah).
  • Kutu skabies yang berpindah ke kulit inang barunya, kemudian akan bertelur di kulit tersebut. Secara berulang kutu tersebut dapat melakukan siklus hidup dengan berkembang biak.
  • Kutu ini dapat bertahan 2 hari jika tidak menginfeksi manusia, dan ketika sudah menginfeksi kulit manusia mampu bertahan hidup sekitar 2 bulan. Namun orang yang mengalami gejala skabies dapat terjadi bertahun-tahun, sebab kutu skabies sudah berkembang biak atau meregenerasi menghasilkan kutu-kutu baru.
  • Dampak terberat dari kutu skabies disebut crusted scabies, yang merupakan kondisi dimana kulit tertutupi lapisan tebal seperti kulit pohon akibat sudah banyaknya kutu skabies yang menginfeksi dibawahnya.

Gejala Skabies

Kulit yang paling sering terkena adalah pada sela-sela jari, selangkangan, dan lipatan paha. Selain itu, jika kita sudah terlanjur terserang oleh kutu skabies, maka kita perlu melakukan pembersihan kalau boleh di seluruh bagian sudut rumah. Contoh paling sering misalnya menjemur bantal dan karpet dibawah sinar matahari, mencuci barang yang digunakan di dalam air panas atau hangat seperti sprei kasur. Selain itu, sebisa mungkin cuci semua pakaian kita seperti handuk, baju, celana, dan pakaian dalam secara terpisah dengan orang lain.

Pengobatan secara tepat sangat menentukan kesembuhan setelah kita mengetahui cara membunuh kutu scabies yang dapat dirasakan dengan mengetaui ciri-ciri scabies sudah sembuh dan bebas dari gejala. Untuk mengetahui cara mengobati gudik atau scabies, kita perlu mengenali gejalanya.

1. Gatal

Orang yang mengalami penyakit skabies sering datang ke dokter dengan keluhan rasa gatal terutama memberat pada malam hari. Gatal dapat juga dirasakan pada keadaan lingkungan cuaca panas atau sedang mengalami banyak keringat. Hal ini dikarenakan kutu skabies lebih aktif pada malam hari dengan pada suhu yang lembab dan panas.

2. Iritasi tambahan

Akibat gatal, biasanya orang sakit akan terus menggaruk hingga terkadang terjadi iritasi kulit akibat bekas garukan.

3. Penderita biasanya lebih dari satu orang (dalam satu rumah)

Sponsors Link

Penyakit kutu skabies juga menyerang manusia secara berkelompok. Dalam artian dapat mengenai orang satu rumah atau satu kamar. hal ini dikarenakan mudah menular atau berpindahnya kutu ini pada orang lain. Oleh karena itu, biasanya orang yang datang ke dokter biasanya lebih dari satu orang dalam serumah, atau mengeluh ada orang yang mengalami keluhan serupa di tempat tinggalnya.

4. Tampak ada garis timbul berkelok

Pada umumnya, kulit yang mengalami gatal atau terkena serangan kutu ini biasanya akan tampak seperti terowongan lurus atau berkelok jika diperhatikan. Pada ujung terowongan biasanya terdapat tonjolan padat ataupun terdapat gelembung berisi cairan.

Tanda-tanda Scabies Sudah Sembuh

Prinsip pengobatan kutu skabies adalah bahwa keluhan gatal yang dicurigai tersebut harus benar-benar didiagnosa dengan tepat sebagai kutu skabies. Caranya adalah menemukan kutu ini, baik bentuk kutu dewasa atau telur kutu pada daerah lukanya.

Sponsors Link

Secara umum pengobatan dari kutu skabies adalah dengan mengolesi krim permetrin. Krim ini harus di oles menyeluruh hingga lipatan-lipatan kulit. Pemakaiannya sebaiknya digunakan pada malam hari. Sebab krim ini harus didiamkan selama penggunaannya dan tidak boleh terhapus. Oleh karenanya, penggunaannya biasanya dianjurkan malam hari agar tidak mudah terhapus saat aktivitas.

  • Kesembuhan secara sempurna adalah seluruh orang yang satu rumah atau satu tempat tinggal dalam hal ini keluarga atau teman sekama harus benar-benar bebas dari gejala dan infeksi dari skabies. Sebab jika dalam satu rumah atau satu kamar hanya diri kita yang mengalami kesembuhan, sementara keluarga atau kerabat kita masih mengalami penyakit, maka kemungkinan kita akan kembali terserang kutu skabies berulang.
  • Salah satu tanda terjadinya penyembuhan dari skabies, adalah hilangnya keluhan utama atau keluhan yang tersering seperti rasa gatal.
  • Hilangnya ruam dan terowongan yang diakibatkan kutu ciri-ciri scabies sudah sembuh perlahan berkurang. Selain itu, terdapat juga cara menghilangkan bekas gudik. Disisi lain, gelembung cairan yang biasanya timbul sudah tidak ada lagi. Biasanya kesembuhan atau perbaikan gejala dirasakan 2 minggu setelah pengobatan.

Demikian beberapa ulasan tentang penyakit scabies yang bisa anda ketahui bila penyakit ini sudah sembuh, yang bisa anda rasakan sendiri ciri-cirinya.

Sponsors Link
, , ,