Sponsors Link

15 Ciri-ciri Penyakit Sipilis Sudah Sembuh yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Penyakit infeksi menular seksual telah menjadi perhatian pemerintah Indonesia karena jumlah penderita yang cenderung naik tiap tahunnya. Sehingga upaya pemberian edukasi dan pengetahuan seputar penyakit infeksi menular seksual seperti tentang cara mencegah penyakit menular seksual kepada masyarakat, semakin ditingkatkan. Bakteri treponema pallidum adalah bakteri  yang menginfeksi tubuh manusia sehingga menjadi penyakit sipilis. Secara alami, manusia adalah satu-satunya inang/tempat berkembang biak bakteri treponema pallidum. Bakteri ini masuk kedalam tubuh manusia lewat luka kecil pada kulit atau lewat selaput mukosa yang menyatu dengan kulit seperti pada daerah kemaluan, anus, lubang hidung, bibir, dan lubang telinga. Tidak lama setelah berada di dalam lapisan kulit, kemudian bakteri yang berbentuk spiral ini berkembang biak atau memperbanyak diri dan menginfeksi.

ads

Selanjutnya treponema pallidum masuk kedalam aliran darah, pembuluh limfe dan akhirnya menyebar ke jaringan tubuh lainnya. Masa inkubasi bakteri treponema pallidum yaitu 3 minggu. Pengobatan sipilis terbilang mudah, hanya saja banyak penderita sipilis  yang terkadang masih bingung ketika terjadi perubahan pada tubuhnya setelah melakukan pengobatan, apakah perubahan tersebut menunjukan ciri-ciri penyakit sipilis sudah sembuh atau justru merupakan ciri penyakit sipilis semakin meradang. Selain itu, rasa minder dan malu ditambah lagi penilaian negatif terhadap penderita penyakit infeksi menular seksual seperti sipilis yang dikenal sebagai pelaku seks bebas, kerap menjadi alasan untuk mereka tidak melakukan pengobatan terutama secara medis. Padahal, penyakit infeksi menular seksual yang disebabkan infeksi bakteri seperti sipilis akan membahayakan jiwa jika tidak segera diobati secara benar dan tuntas.

Ada beberapa faktor risiko yang membuat kita terkena dan terinfeksi bakteri treponema pallidum yaitu seperti disebutkan di bawah ini :

  1. Siapapun mereka, pria atau wanita yang melakukan aktivitas seks baik heteroseksual, homoseksual atau biseksual
  2. Risiko tertinggi yaitu pada mereka yang sering melakukan aktivitas seks bebas.  Banyak penderita dari kaum gay yang notabene sering melakukan seks anal dan oral. Berganti-ganti pasangan atau kebetulan salah satu pasangan, suami atau istri terkena penyakit sipilis.
  3. Janin dalam kandungan seorang ibu pengidap penyakit sipilis
  4. Memiliki kekebalan tubuh yang kurang baik atau daya tahan tubuh sedang menurun. Termasuk mereka yang sedang mengidap penyakit lain seperti  HIV (Human Immunodeficiency Virus) sehingga bakteri mudah hinggap dan menginfeksi tubuh.
  5. Menggunakan jarum infus, jarum suntik, jarum suntik narkoba bekas penderita sipilis, dapat pula menjadi salah satu cara penularan sipilis

Gejala Penyakit Sipilis

Sebelum membahas tentang bagaimana ciri-ciri penyakit sipilis sudah sembuh, kita perlu mengetahui gejala-gejala penyakit  sipilis tersebut. Sebab tidak jarang penderita sipilis terkecoh oleh perubahan yang dialami tubuhnya. Bisa saja perubahan yang terjadi, merupakan gejala timbulnya sipilis fase tertentu. Perlu diketahui bahwa penyakit sipilis memiliki gejala yang dibagi atas empat fase yaitu sebagai berikut :

  • Fase pertama/Sipilis primer

Ditemukan luka tunggal yang dapat bertahan dalam kurun waktu 1 hingga 2 bulan. Pada laki-laki luka tersebut biasanya berbentuk seperti kancing. Umumnya penderita tidak menyadari karena luka tersebut tidak terasa nyeri. Jika penderita melakukan upaya pencegahan untuk tidak lagi terkena bakteri Treponema pallidum, maka luka akan sembuh dengan sendirinya walau tanpa pengobatan. Jika sipilis hendak diobati dengan obat kimia, cukup diberkan obat antibiotik berupa suntikan penisilin dan selama pengobatan tidak melakukan hubungan seksual dengan penderita sipilis atau tidak menggunakan alat pengaman seperti kondom.

  • Fase kedua/Sipilis sekunder

Pada umumnya fase kedua akan muncul jika fase pertama telah lama tidak sembuh. Gejalanya berupa ruam merah pada telapak tangan dan telapak kaki, kemudian ditemukan kutil kelamin. Gejala tadi disertai dengan demam, nyeri sendi, sakit kepala dan nyeri tenggorokan. Fase kedua ini memakan waktu, 1 bulan sampai 3 bulan.

Sponsors Link

  • Fase ketiga/Sipilis laten

Setelah fase pertama dan kedua berakhir, fase ketiga muncul dengan gejala awal, tidak ada yang dirasakan. Mungkin terdengar aneh. Namun, justru pada fase ini bakteri treponema pallidum sedang menginfeksi tubuh dengan waktu yang lama yaitu bisa sampai bertahun-tahun sampai akhirnya terjadi kerusakan pada otak, jantung dan hati. Pada fase inilah kemungkinan banyak penderita yang menyangka bahwa penyakit sipilisnya telah sembuh, karena pada awal fase ketiga ini tidak ada gejala awal yang nampak

  • Fase keempat/sipilis tersier

Pada fase terakhir ini bakteri akhirnya semakin menyebar luas bahkan menginfeksi sistem saraf pusat sehingga mengakibatkan demensia, kelumpuhan, masalah pada pendengaran, kebutaan dan sampai merenggut nyawa.

Mengenal Sipilis sudah sembuh

Sipilis atau penyakit raja singa ini, memiliki ciri-ciri penyakit sipilis sudah sembuh tersendiri yang berbeda pada penderita pria dan penderita wanita. Ciri-ciri tersebut yaitu seperti berikut ini:

ads

Ciri sipilis pada wanita :

  1. Keluar keputihan yang berbau tidak sedap
  2. Terasa nyeri ketika berhubungan intim dan ketika buang air kecil
  3. Gatal disekitar anus dan vagina
  4. Warna kulit dan warna mata berubah
  5. Nyeri pada persendian dan panggul
  6. Area luar vagina membengkak diakibatkan terjadinya komplikasi infeksi kelenjar bartolin atau bartolinitis, yaitu kelenjar yang terletak pada kedua sisi bibir vagina.

Ciri sipilis pada Pria :

  1. Keluar cairan kotor dan berbau tidak sedap dari penis
  2. Nyeri pada penis ketika berhubungan intim dan ketika buang air kecil
  3. Pada mereka yang kerap mempraktekan anal seks, anus akan terasa gatal dan nyeri. Dan mereka yang melakukan oral seks, akan merasakan nyeri tenggorokan
  4. Ada lepuhan di sekitar penis yang lambat laun berubah mengering dan menjadi koreng
  5. Air kencing keruh, dan peses berwarna terang
  6. Keluar keringat dan kelelahan di malam hari

Bila sipilis diderita oleh wanita yang sedang hamil, otomatis penyakit tersebut akan menular pada janin dalam rahimnya. Namun jika diobati atau sembuh sebelum kehamilan menginjak usia 4 bulan, maka bermacam-macam komplikasi seperti berikut ini tidak akan terjadi:

  1. Ibu mengalami keguguran
  2. Bayi meninggal dalam kandungan
  3. Bayi meninggal tidak lama setelah dilahirkan
  4. Bayi lahir prematur
  5. Bayi lahir dengan mengidap penyakit sipilis

Bayi yang lahir dengan mengidap sipilis akan mengalami masalah dalam tumbuh kembangnya, diantaranya seperti :

  • Pertumbuhan tulang yang tidak normal
  • Mengalami masalah pendengaran seperti tidak bisa mendengar
  • Gigi mudah rapuh

Jika telah mengoptimalkan usaha kesembuhan khususnya terhadap penyakit sipilis ini, tentu akan dirasakan ciri-ciri penyakit sifilis sudah sembuh seperti di bawah ini :

  1. Lesi (luka penyakit) berupa bintik putih di dalam mulut, atau luka disekitar bibir akan memudar
  2. Lesi (luka penyakit) pada alat kelamin berangsur-angsur mengering walau terkadang masih dirasa gatal
  3. Nanah yang keluar dari alat kelamin berhenti
  4. Tidak merasakan sakit seperti terbakar ketika buang air kecil
  5. Tidak lagi bengkak pada alat kelamin, justru berangsur mengempis dan rasa ngilu hilang
  6. Air kencing tidak lagi berwarna keruh/gelap
  7. Tenggorokan tidak lagi terasa sakit
  8. Nafsu makan membaik
  9. Berat badan yang pada awalnya turun, berangsur normal
  10. Persendian dan panggul yang biasanya dirasakan sakit oleh wanita, berangsur pulih
  11. Hilangnya ruam pada telapak kaki dan tangan
  12. Sembuh dari flu dan demam pun reda
  13. Badan terasa bugar, rasa lemas, kepala pusing berangsur hilang
  14. Gejala pada fase pertama/sipilis primer hilang
  15. Gejala pada fase kedua/sipilis sekunder hilang
Sponsors Link

Namun perlu diingat kembali bahwa perubahan-perubahan yang terjadi seperti di atas, mungkin saja merupakan gejala sipilis fase pertama dan kedua yang akan menghilang. Oleh karena itu pemeriksaan secara medis/oleh dokter spesialis kulit dan kelamin perlu dilakukan terutama untuk mengetahui apakah masih ada bakteri treponema pallidum yang menginfeksi. Pemeriksaan serologi darah akan memastikan bahwa penyakit sipilis yang diderita telah sembuh atau belum.

Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, pemeriksaan darah penderita sipilis, bisa saja tidak harus dilakukan di laboratorium. Sebuah alat cek darah yang portabel telah ditemukan. Sehingga sangat memungkinkan para penderita sipilis melakukan tes darah secara mandiri. Namun peredaran alat tersebut masih sangat terbatas atau belum bisa ditemukan di pasar bebas. Walaupun demikian, kabar itu tentu menjadi kabar baik bagi para penderita sipilis. Tidak ada seorang pun yang menginginkan berlama-lama mengidap suatu penyakit baik ringan atau pun berat. Untuk mendukung keinginan sembuh dari suatu penyakit, tentu harus disertai dengan usaha. Berikut ini upaya-upaya secara umum dan mendasar yang dapat kita lakukan guna mendukung kesembuhan, yaitu :

  1. Tekad yang kuat untuk sembuh dan yakin akan sembuh. Karena sugesti dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat.
  2. Setelah merasakan ada gejala penyakit (atau dalam hal ini berupa ciri-ciri sipilis) , bergegas untuk melakukan pengobatan secara benar dan tuntas
  3. Disiplin terhadap hal-hal yang dianjurkan dan hal-hal yang dilarang. Dalam kasus penyakit sipilis ini, apa yang dianjurkan dan dilarang seperti, melakukan pola hidup sehat yaitu menjaga kebersihan pribadi, mengkonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, menghindari aktivitas seksual yang tidak aman.
  4. Melakukan berbagai cara pencegahan penyakit kulit termasuk menjaga hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit yang sedang diderita tertular pada orang lain.
  5. Dukungan secara moril dari orang-orang terdekat juga dapat membantu proses penyembuhan.

Jika penyakit sipilis yang diderita dipastikan telah sembuh, tentu menghindari diri dari risiko terkena penyakit sipilis untuk kedua kali dan mencegah agar tidak tertular pada orang lain adalah tindakan yang bijaksana.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Sipilis