Sponsors Link

10 Ciri-ciri Penyakit Epididimitis Mudah di Kenali

Sponsors Link

Epididimitis adalah sebuah penyakit kelamin yang biasanya menyerang laki-laki berbagai usia terutama dewasa. Epididimitis sendiri terjadi akibat terjadinya peradangan atau bengkak di bagian epidimis (saluran sperma) tepatnya di belakang testis. Perlu kita ketahui epidimis sendiri berfungsi untuk membawa sperma dari testis kemudian disimpan pada uretra. Penyakit ini  bisa terjadi karena infeksi bakteri PMS (Penyakit Menular Seksual).

ads

Risiko yang dapat ditimbulkan dari penyakit ini biasanya dapat terjadi ketika anda belum di sunat, pernah mengalami operasi di bagian saluran kencing, memiliki riwayat TBC atau bahkan ketika terlihat prostat anda membesar. Seperti pada penyakit lainnya, ada baiknya jika kamu menemui salah satu atau lebih dari delapan ciri ini anda sebaiknya harus pergi ke dokter. Konsultasikan langkah apa saja yang harus anda tempuh untuk menyembuhkannya. Berikut ciri-ciri yang harus anda ketahui sejak dini:

  • Keluar darah bercampur air mani

Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada pria dewasa yang sudah mengalami masa puber. Ciri seperti ini dianggap tidak terlalu membahayakan, kerena saat melakukan hubungan mereka cenderung tidak memeriksa air mani apakah mengandung darah atau tidak.

  • Terasa nyeri pada testis biasanya pada satu sisi

Meskipun kita ketahui bahwa penyebab rasa nyeri pada testis bisa muncul dari berbagai alasan, namun kita harus tetap waspada dan jangan membiarkannya begitu saja. Pentingnya melakukan pemeriksaan sejak dini bisa mengurangi risiko sakit parah yang anda alami nantinya.

  • Pembengkakan pada epidimis

Radang atau pembengkakan pada epidimis akan dibarengi dengan rasa nyeri pada bagian terntentu. Menjadi agak kemerahan dan terasa sakit saat disentuh.

  • Hubungan seksual terasa sakit dan nyeri saat ejakulasi

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam prostate dari uretra, bisa menjadi penyebab rasa nyeri saat ejakulasi. Ketika ejakulasi otot-otot penis berkontraksi dan keluarlah cairan yang disebut sperma. Riwayat penyakit pada pasangan juga berpotensi besar menjadi penyebab penularan, maka sangat dianjurkan pada wanita untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan vagina.

  • Testis terasa sakit saat disentuh

Testis yang sehat jika disentuh tidak akan menimbulkan rasa apa-apa, namun jika testis anda terasa sakit saat disentuh itu tandanya ada yang bermasalah pada organ pribadi anda. Tidak dapat dipastikan apa penyebabnya, segeralah ke dokter dan lakukan pemeriksaan.

  • Benjolan pada testis

Gejala pada kanker kulit berbeda dengan testis, cara mengobati kanker kulit juga sudah pasti berbeda. Kanker testis umunya ditandai dengan timbulnya benjolan pada testis. Apalagi ketika benjolan yang disertai rasa nyeri dan skrotum terasa berat. Meski begitu, benjolan pada testis tidak selalu menunjukan adanya penyakit kanker namun tidak ada salahnya kita tetap waspada dan menjaga kesehatan.

  • Siklus buang air kecil yang tidak normal

Buang air kecil pada manusia normal seharusnya terjadi dalam kurun waktu 2 jam sekali atau 4-7 kali dalam sehari, tergantung seberapa banyak cairan yang anda konsumsi atau suhu udara rendah juga bisa menjadi penyebabnya. ciri-ciri penyakit epididimitis juga ditandai dengan siklus buang air kecil yang tidak normal. Terjadi karena saluran kandung kemih yang tidak lancar. Jangan biarkan kesehatan anda terancam, periksa juga kesehatan sperma dan perhatikan juga cara memperbanyak sperma secara alami.

Sponsors Link

  • Skrotum berwarna kemerahan dan terasa hangat

Berbeda dengan biduran, warna kemerahan pada skrotum biasanya juga dibarengi dengan rasa nyeri yang menimbulkan ketidaknyamanan. Keluhan seperti ini juga bisa terjadi ciri-ciri penyakit epididimitis akibat infeksi pada testis.

  • Nyeri pada bagian bawah perut dan sekitar panggul

Rasa sakit ini adalah ciri lanjutan setelah skrotum kemerahan, nyeri atau benjolan yang timbul sebelumnya.  Ciri penyakit epidimis ini tidak boleh dibiarkan, karena sudah tergolong bahaya. Gejala penyakit kelamin wanita nampaknya hampir sama dengan yang dialami pria, pada wanita nyeri dialami pada bagian perut dan punggung.

  • Demam

Demam pada penyakit ini biasanya tidak sering terjadi, dan kadang sering diabaikan oleh penderita karena terlihat gejala biasa yang tidak berbahaya. Namun berbeda jika demam tersebut merupakan ciri epidimis, karena harus segera diobati agar tidak berlarut-larut sakitnya. Demam juga menjadi gejala umum pada penderita cacar air, cara penularan cacar air juga perlu kita ketahui.

Jika salah satu atau beberapa ciri-ciri penyakit epididimitis ada pada anda sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter yang bersangkutan. Karena lebih cepat diketahui maka akan semakin baik. Jenis pengobatan yang akan diberikan adalah:

Sponsors Link

  1. Obat pereda rasa nyeri yang dibarengi dengan istirahat cukup

Obat pereda rasa nyeri mungkin hanya bersifat sementara saja, agar rasa nyeri dapat berangsur berkurang penderita disarankan untuk istirahat cukup dengan posisi badan nyaman pada ranjang.

  1. Obat antibiotik

Antibiotik sendiri untuk mengobati infeksi pada penderita, selain obat ini dianjurkan juga mengkonsumsi obat ibuprofen untuk meredakan inflamasi (peradangan).

  1. Pembedahan

Jika penyakit ini sudah terlanjur bahaya maka jalan lain yang harus ditempuh adalah pembedahan untuk menyedot cairan nanah didalamnya. Jika hal itu tidak memberikan dampak baik, kemungkinan besar epidimis perlu diangkat sesuai intruksi dokter bedah.

Penderita harus yakin akan kesembuhan dirinya sendiri, karena bagaimanapun pengobatan yang dijalani jika tidak dibarengi dengan keyakinan maka hasilnya akan nol besar.

Ada baiknya setelah menjalani proses pengobatan penderita istirahat dirumah dengan posisi tidur yang nyaman dan angkat skrotum dengan  alat bantu kemudian kompres juga dengan air dingin agar nyaman untuk mengurangi rasa sakit, jangan lakukan hubungan seksual agar infeksi tidak menyebar, tidak melakukan pekerjaan berat seperti mengangkat benda berat, atau aktifitas apapun yang menguras banyak tenaga. Lalu yang terakhir adalah jaga pola hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang membahayakan kesehatan anda.

Sponsors Link
, ,