Sponsors Link

7 Ciri-Ciri Kutil Akan Sembuh Total dan Tidak Muncul Lagi

Sponsors Link

Kutil atau dikenal sebagai veruka merupakan suatu penyakit yang termasuk dalam jenis-jenis penyakit kulit dimana terjadi kelainan pada lapisan epidermis kulit. Pertumbuhan kutil atau veruka ini disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus (HPV).

ads

Secara umum, veruka atau kutil yang disebabkan infeksi HPV ini tersebar secara luas di seluruh dunia melalui kontak kulit secara langsung atau akibat penularan sendiri secara langsung (autoinakolasi). Virus HPV sendiri memiliki berbagai jenis. Dikatakan bahwa virus ini memiliki lebih dari 100 macam jenis.

Kutil atau veruka disebabkan oleh infeksi  HPV. Oleh karenanya, kutil ini termasuk penyakit kulit yanng disebabkan oleh infeksi. Apabila kutil kemudian tumbuh pada kelamin, maka penularannya terjadi melalui aktivitas seksual. Dengan demikian kutil kelamin (biasa disebut kondiloma akuminata) menjadi termasuk dalam penyakit menular seksual.

Proses infeksi

Proses masuknya infeksi hingga terbentuknya kutil diawali dari virus Human Papilloma Virus atau HPV menempel pada kulit. Menempelnya virus ini pada kulit dapat berasal dari sentuhan atau kontak langsung dari kulit pada tempat virus tersebut berada, misalnya setelah menyentuh orang yang mengalami kutil karena HPV.

HPV yang menempel pada kulit masuk melewati lapisan kulit luar (epidermis) yang rusak, misalnya karena trauma atau luka. Virus ini kemudian masuk ke lapisan bawah kulit hingga menyebabkan terbentuknya kutil. Kutil ini sendiri umummnnya terjadi pada anak-anak walaupun bisa juga terjadi pada orang dewasa, akibat kontak kulit (kecuali pada kutil kelamin). Sedangkan kutil kelamin berpindah melalui aktivitas seksual, terutama pada orang yang sering berganti-ganti pasangan.

Jenis-jenis kutil

Kutil atau veruka sendiri memiliki banyak jenis sesuai dengan ppersebaran dan gejalanya. Secara umum, mungkin semua tonjolan kutil tetap disebut kutil dalam bahasa Indonesia walaupun tumbuh dibagian tubuh manapun. Tetapi dalam bahasa medis, terdapat pembagian atau sebutan tersendiri dari tiap kutil atau veruka sesuai gejala dan persebarann tumbuhnya di kulit.

  • Veruka vulgaris

Kutil yang disebut veruka vulgaris ummumnya menyerang pada anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan juga menginfeksi pada orang dewasa serta lanjut usia. Secara umum, kutil ini tumbuh pada bagian lengan dan tungkai serta dapat menyebar ke bagiann tubuh lain. Kutil veruka vulgaris memiliki bentuk bulat dengan warna abu-abu, dengan ukuran besar seperti biji jagung (lentikuler) dan tumbuh dapat secara berkelompok atau bergerombol dan kemudian bisa menjadi  satu (disebut plakat).

  • Veruka plana

Kutil veruka plana merupakan kutil yang umumnya menyerang pada anak dan dapat juga menyerang pada orang dewasa. Besarnya dapat berukuran bintik-bintik kecil (miliar) hingga berukuran seperti biji jagung (lentikular). Kutil ini memiliki permukaan yang licin dan juga rata, dengan warna dapat sama seperti kulit normal atau sedikit lebih kecoklatan. Penyebaran dari tumbuhnya kutil veruka plana bisa pada daerah muka (wajah), leher, punggung tangan, punggung kaki, pergelangan tangan dan juga lutut. Kutil ini dapat tumbuh dengan jumlah yang sangat banyak dab biasanya dapat sembuh dengan sendirinya.

Sponsors Link

  • Veruka plantaris

Kutil jenis veruka plantaris secara umum tumbuh pada bagian telapak kaki atau pada bagian yang sering mendapat tekanan seperti tekanan pada telapak kaki akibat berpijak atau berjalan. Kutil ini bisa tampak seperti bentuk berupa cinci dengan ciri yang keras ditepi dan lunak dibagian tengah serta berwarna agak kekuningan. Permukaan kutil ini biasanya  licin dibanding kutil lain. Hal ini dikarenakan akibat gesekan dan penekanan pada kulit saat berjalan dan terkikis jadi seperti licin. Biasanya kutil ini dapat terasa nyeri ketika kaki berpijak atau berjalan.

  • Veruka akuminatum (kondiloma akuminata)

Kutil ini merupakan kutil kelamin yang biasa disebut veruka akuminatum. Secara umum, kutil ini dalam dunia medis lebih dikenal dengan sebutan kondiloma akuminata. Perbedaan kutil kelamin dan kutil biasa adalah kutil ini digolongkan sebagai penyakit menular seksual karena dapat menular akibat aktivitas seksual. Sehingga kadang penyakit ini di bedakan tersendiri dibanding kutil lainnya yang disebabkan oleh virus HPV. Penyebab kondiloma akuminata atau kutil kelamin ini lebih sering oleh HPV 6 dan HPV 11. Kutil ini dapat tumbuh di sekitar kemaluan dan juga hingga daerah dubur. Gejala penyakit kelamin ini dapat mengenai laki-laki atau perempuan.

Pengobatan kutil

ads

Prinsip pengobatan kutil dilakukan hanya pada bagian kulit yang terkena. Selain itu, status kesehatan seperti usia penderita, dan sistem imun (daya tahan tubuh) berpengaruh dalam respon pengobatan dan penyembuhan nantinya. Secara umum, sifat dari kutil bukan suatu penyakit emergensi sehingga tidak membutuhkan penanganan segera dan wajib. Namun sebagian besar orang berobat bukan karena merasa sakit, melainkan akibat rasa tidak percaya diri atau terganggu atas tampilan dari kutil yang secara kosmetik memang mengganggu. Selain itu, dengan membiarkan kutil tentu bisa jadi terdapat virus HPV sendiri di daeraah kutil, maka kemungkinan penularan juga bisa semakin besar pada orang lain jika tidak diobati.

  • Asam salisilat

Asam salisilat merupakan salah satu terapi yang digunakan dengan cara dijadikan obat luar (topikall). Asam salisilat bekerja dengan cara mengikis kutil secara perlahan, sehingga dapat mengurangu ketebalan kutil dan perlahan akan menyembuh.

  • Bleomisin

Bleomisin merupakan salah satu pengobatan kutil terutama kutil yang keras. Bleomisin disuntikkan dibawah kutil hingga kutil  menjadi pucat. Diharapkan dengan penyuntikan ini dapat menyebabkan keruskan jaringan kutil dan mempercepat terjadinya ppenyembuhan kutil.

  • Glutaraldehid

Glutaraldehid merupakan pengobatan yang hanya di taruh pada bagian kutil saja (tidak boleh kulit normal). Glutaraldehid harus digunakan secara hati-hati untuk menyembuhkan kutil, sebab dapat menyebabkan terjadnya dermatitis kontak pada penderita.

  • Laser karbondioksida

Laser karbondioksida merupakan salah satu metode pengobatan kutil dengan cara memanfaatkan efek laser. Dengan laser diharapkan jaringan dari kutil akan mengalami perusakan sehingga perlahan hilang dan menyembuh.

  • Elektrokauterisasi

Elektrokauterisasi merupakan terapi berupa tindakan invasif (merusak jaringan kutil) secara langsung mirip bedah dengan cara menghancurkan jaringan dari kutil. Dikatakan bahwa efektivitas dari metode terapi elektrokauterisasi cukup tinggi. Penggunaannya membutuhkan anastesi atau bius lokal. Sedangkan untu penanganan nyeri setelah tindakan elektrokauterisasi dapat diberikan obat nyeri. Namun karena metode ini menggunakan listrik tekanan rendah, maka tidak boleh digunakan pada orang yang memiliki cardiac pacemaker karena akan mengganggu kelistrikan jantung.

  • Krioterapi

Krioterapi merupakan tindakan yang juga termasuk invasif dan hampir selalu menjadi pilihan utama dalam penaganan kutil. Pada prinsipnya, awalnya kutil harus dibekukan lebih dulu sekitar 1 hingga 2 hari lalu hingga tampak seperti melepuh dan lunak. Penanganan ini dilakukann secara bertahap sekitar tiap 2 atau 3 pekan hingga kutil yang melepuh tersebut habis terkelupas.

Ciri-ciri kutil akan sembuh

  • Kutil semakin mengecil

Salah satu gejala atau keluhan utama dari kutil adalah munculnya tonjolan. Oleh karenanya, biasanya tanda atau ciri-ciri kutil akan sembuh akan semakin mengecil. Hal ini dikarenakan jaringan-jaringan kulit yang mengalami pembesaran sel (hiperplasia) secara tidak normal akan mengalami pengerusakan atau penghancuran hingga tersisa jaringan atau sel normal pada kulit.

Diharapkan mengecilnya kutil  dikarenakan semakin terkikisnya sel-sel tidak normal yang lama-kelamaan akan habis dan tersisa kulit normal. Diharapkan dengan semakin kecilnya kutil dan kemudian menghilang membuat lama-kelamaan jummlah kutil berkurang karena semaking hilang.

  • Pertumbuhan kutil tidak bertambah
Sponsors Link

Biasanya kutil tumbuh secara bergerombol atau berkelompok. Apabila kutil atau veruka kemudian tidak mengalami pertumbuhan-pertumbuhan kutil baru, maka kemungkinan kutil perlahan akan menyembuh. Biasanya ketika akan sembuh, maka kutil baru tidak bertambah muncul dan bisa jadi akan sembuh yang ditandai dengan mengecil  dan berkurangnya kutil yang ada.

  • Membaiknya kuku

Pada beberapa kasus kutil dapat tumbuh pada jari tangan dekat dengan kuku (daerah lipatan kuku atau dibawah kuku). Dampaknya adalah mengalami kerusakan pertumbuhan kuku sehingga kuku tampak tidak normal. Apabila kutil mengalami penyembuhan, maka dengan kata lain penyebab kuku menjadi tidak normal juga menghilang. Sehingga diharapkan perlahan-lahan kuku kemudian dapat tumbuh dengan normal kembali. Dengan kata lain, apabila kutil pada lipatan kuku dan dibawah kuku mengalami penyembuhan, maka ditandai kuku akan perlahan kembali tumbuh normal.

  • Penebalan kulit akan berkurang

Salah satu dampak terjadinya kulit adalah kumpulan dari kutil-kutil yang bergerombol akan menyatu membentuk plakat, atau kulit pada kaki akan mengalami penebalan. Namun tentu apabila secara perlahan kutil menyembuh, maka penebalan kulit tadi secara perlahan akan berkurang atau kembali menipis secara normal.

  • Nyeri hilang

Pada umumnya kutil yang tumbuh terutama di telapak kaki bisa mengalami nyeri. Hal ini dikarenakan adanya penekanan pada telapak kakai saat berpijak atau berjalan. Oleh karenanya, ciri-ciri kutil akan sembuh, maka tentu rasa nyeri pada kutil tersebut juga akan berkurang. Hal ini dikarenakan kutil yang semakin mengecil atau sembuh membuat tekanan pada telapak kaki berkurang atau hilang, sehingga tidak akan terjadi nyeri pada kaki.

  • Warna kulit kembali normal

Pada beberapa jenis kutil yang tumbuh, biasanya mengalami perubahan warna kekuningan, kecoklatan, atau abu-abu. Tentu bila kutil mengalami proses penyembuhan maka secara perlahan juga seharusnya warna kulit dapat kembali seperti warna kulit normal. Hal ini dikarenakan penyebab terjadinya perubahan warna karena kutil tersebut mengalami penyembuhan.

  • Permukaan kembali halus

Biasanya kutil yang tumbuh membentuk tonjolang dengan permukaan yang kasar. Permukaan kutil ini akan terasa lebih kasar dibanding dengan permukaan kulit yang normal. Oleh karenanya, diharapkan dengan menyembuhnya kutil, maka permukaan kasar tadi perlahan-lahan akan kembali seperti permukaan kulit yang normal.

Itulah beberapa ciri-ciri tentang pembahasan dari kutil sudah mengalami kesembuhan yang bisa anda ketahui.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan