Sponsors Link

12 Ciri-Ciri Kanker Rahim yang Mudah Anda Dideteksi dan Ketahui

Sponsors Link

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh sehat? Semua orang pasti menginginkannya. Kita semua mendambakan tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit, baik itu penyakit ringan maupun penyakit yang serius. Kanker adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yang sangat serius. Ada berbagai macam jenis kanker, dan semua jenis kanker tersebut tentunya berbahaya dan bisa mengancam nyawa si penderitanya.

ads

Kanker rahim atau kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling ditakuti oleh semua wanita selain kanker payudara. Kanker jenis ini menyerang langsung sistem reproduksi wanita. Sehingga akibat kanker rahim bisa berupa kemandulan. Dalam istilah medis, selain disebut dengan kanker serviks, kanker rahim juga dikenal dengan sebutan kanker endometrium. Hal itu dikarenakan sel kanker menyerang sel-sel endometrium, yakni sel-sel yang menyusun dan membentuk rahim. Meskipun sangat langka untuk terjadi, selain menyerang sel endometrium, kanker serviks juga dapat membentuk sarkoma uteri dengan cara menyerang otot-otot di area sekitar rahim.

Sebenarnya penyebab kanker rahim belum diketahui dengan pasti. Sampai saat ini masih dilakukan penelitian dan pencarian penyebab jelasnya. Meskipun demikian, ada beberapa faktor yang bisa menaikkan risiko seorang wanita terkena kanker rahim. Risiko tersebut di antaranya:

  • Obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih
  • Faktor usia (kanker rahim lebih sering menyerang wanita yang berusia 60 tahun ke atas)
  • Belum pernah memiliki anak
  • Mengalami menstruasi pertama kali pada usia sebelum 12 tahun (menstruasi dini)
  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Mengidap diabetes
  • Faktor keturunan (memiliki anggota keluarga yang mempunyai riwayat kanker rahim)
  • Sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Mengidap sindrom ovarium polikistik atau gejala kista ovarium atau tumor ovarium
  • Pernah melakukan terapi radiasi pada panggul
  • Mengonsumsi tamoksifen dalam jangka panjang
  • Mengonsumsi obat hormon esterogen tanpa dibarengi dengan prosterogen
  • Pernah menjalani terapi penggantian hormon

Faktor-faktor di atas sebenarnya tidak selalu menentukan bahwa seorang wanita akan mengidap kanker rahim. Pasalnya ada beberapa penderita kanker rahim yang tidak mengalami atau memiliki faktor-faktor yang disebutkan di atas. Meskipun demikian, apabila Anda termasuk ke dalam daftar faktor di atas, sebaiknya tetap waspada. Begitu pula apabila faktor-faktor di atas tidak cocok dengan Anda, kewaspadaan harus selalu ditegakkan agar terhindar dari kanker rahim.

Ciri-Ciri Kanker Rahim

Pada sebagian besar kasus kanker rahim, penderita kanker rahim sering sekali tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengidap kanker rahim. Sebab kanker rahim memang sulit dikenali sejak dini. Hanya dengan melalui sejumlah prosedur pemeriksaan oleh dokter lah kanker rahim tahap awal dapat terdeteksi.

Meskipun demikian, ada beberapa ciri-ciri kanker rahim atau ciri-ciri penyakit kanker serviks yang harus kita ketahui agar kita lebih waspada dan siaga. Berikut ini adalah ciri-ciri kanker rahim yang umum yang harus kita ketahui beserta dengan penjelasannya:

1. Mengalami Pendarahan Vagina

Pendarahan vagina adalah gejala atau ciri dari kanker rahim yang paling sering terjadi. Sekitar 9 dari 10 pasien kanker rahim mengalami gejala ini. Apabila Anda mengalami pendarahan vagina di luar siklus menstruasi atau setelah menopause, segera periksakan pada dokter, karena pendarahan vagina yang tidak normal ini termasuk ke dalam ciri kanker rahim. Meskipun mengalami pendarahan vagina yang tidak normal tidak selamanya berarti Anda terkena kanker rahim, jadi tetap saja Anda harus waspada dan tetap memeriksakan diri pada dokter.

Ciri pendarahan vagina sebagai gejala kanker rahim biasanya darah yang keluar lebih banyak atau lebih sedikit dari darah yang keluar saat menstruasi. Pendarahan vagina karena kanker rahim juga bisa terjadi ketika berhubungan seksual dan bisa menjadi penyebab keluar darah setelah berhubungan.

Sponsors Link

2. Mengalami Keputihan yang Tidak Normal

Ciri-ciri kanker rahim selanjutnya yakni si penderita mengalami keputihan yang tidak normal atau tidak biasa. Keputihan memang wajar terjadi pada setiap wanita, terutama apabila pada masa masa tertentu, seperti menjelang siklus menstruasi misalnya. Namun, ada perbedaan di antara keputihan normal dan tidak normal. Normalnya lendir keputihan berwarna bening, tidak berbau, dan banyaknya yang keluar sekitar setengah sampai satu sendok teh. Sehingga waspadalah apabila keputihan yang keluar berubah warna dan berbau tidak sedap.

Apabila ciri keputihan yang keluar seperti ciri keputihan yang tidak normal, segera periksakan pada dokter. Sebab keputihan yang tidak wajar bisa menjadi gejala kanker rahim atau penyakit lainnya.

3. Sakit Saat Melakukan Hubungan Seksual

Sakit saat melakukan hubungan seksual biasanya merupakan ciri kanker rahim yang sudah memasuki tahap lanjut. Nyeri pada panggul biasanya dirasakan oleh penderita kanker rahim saat berhubungan intim. Akan tetapi rasa tak nyaman pada panggul saat melakukan hubungan seksual tidak selamanya menjadi ciri kanker rahim. Rasa nyeri ini juga bisa menjadi pertanda dari penyakit lainnya, seperti endometriosis atau fibroid. Oleh karena itu, untuk memastikannya lebih baik meminta pertolongan dokter.

ads

4. Lebih Sering Buang Air Kecil

Sering bolak-balik ke kamar kecil untuk buang air kecil tentu saja tidak dapat disepelekan, karena gejala ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri kanker rahim. Namun, perlu diperhatikan juga penyebabnya. Apabila Anda sering minum, wajar jika frekuensi buang air kecil meningkat. Yang harus diwaspadai itu apabila sering buang air kecil tanpa sebab.

5. Sakit Saat Buang Air Kecil

Kanker rahim bisa menjadi penyebab kelamin wanita sakit saat kencing. Hal ini disebabkan saat kanker menyerang rahim, sel kanker akan tumbuh di dalam lahir dan bisa menyebar hingga ke kantung kemih. Gejala sakit saat buang air kecil juga bisa menjadi salah satu pertanda sedang mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Untuk itu, periksakanlah kepada dokter untuk memastikannya.

6. Salah Satu Tungkai Mengalami Pembengkakan

Ciri-ciri kanker rahim selanjutnya yang perlu diketahui dan diwaspadai adalah membengkaknya salah satu tungkai. Tungkai akan membengkak sebab sirkulasi darah ke tungkai terhambat. Hal ini diakibatkan oleh pembuluh darah di panggul yang ditekan oleh sel kanker. Saat ini terjadi, penimbunan cairan juga akan terjadi yang pada akhirnya dapat mengakibatkan pembengkakan pada tungkai orang yang mengalami kanker rahim.

7. Mudah Lelah

Mudah lelah yang dialami oleh para penderita kanker rahim disebabkan oleh kekurangan darah atau anemia. Penderita kanker rahim mengalami pendarahan vagina yang membuat mereka menjadi mudah lelah. Untuk menanganinya, si penderita dapat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi. Meminum obat penambah sel darah merah juga dapat dilakukan jika memang sangat diperlukan dan dianjurkan oleh dokter.

8. Nafsu Makan Hilang

Kanker rahim dapat membuat penderitanya kehilangan nafsu makan. Hal ini disebabkan oleh sel kanker yang semakin menyebar yang mempengaruhi tubuh lebih kesulitan dalam menerima asupan makanan. Nafsu makan yang hilang ini menyebabkan tubuh kekurangan asupan makanan yang dapat membuat penderitanya mengalami penurunan berat badan yang drastis.

9. Mengalami Gangguan Pencernaan

Kanker rahim yang telah memasuki tahap lanjut biasanya akan mempengaruhi sistem pencernaan si penderitanya. Oleh sebab itu, adanya gangguan pencernaan menjadi salah satu ciri-ciri kanker rahim. Beberapa masalah pencernaan yang bisa dialami oleh penderita kanker rahim di antaranya konstipasi (sembelit), diare, dan dispepsia (maag).

10. Urine Bercampur Darah

Ciri-ciri kanker rahim selanjutnya ialah urine yang dikeluarkan bercampur darah atau terdapat bercak dalah dalam urin. Kondisi ini di dalam istilah medis disebut dengan istilah hematuria. Apabila Anda mengalami hematuria, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri pada dokter, sebab bisa saja hemturia yang Anda alami ini termasuk ke dalam ciri-ciri kanker rahim atau penyakit lainnya yang serius.

11. Keluar Tinja Dari Vagina

Sponsors Link

Kanker rahim yang sudah cukup parahj bisa menyebabkan keluarnya tinja atau kotoran dari vagina. Hal itu dikarenakan sel kanker membentuk fistula (saluran kecil) di antara vagina dan saluran kemih atau antara vagina dan anus. Sebagai akibatnya, kotoran bisa keluar melalui vagina.

12. Rasa Sakit Pada Perut Bagian Bawah

Kanker rahim biasanya akan membuat si penderitanya mengalami rasa sakit pada perut bagian bawah mereka di mana letak rahim berada. Rasa sakit pada perut bagian bawah juga bisa menjadi gejala infeksi saluran kemih dan gejala divertikulitis. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan medis untuk mengetahui apakah perut bagian bawah yang sakit ini disebabkan oleh kanker rahim atau bukan.

Itu tadi beberapa ciri-ciri kanker rahim yang paling umum terjadi. Melakukan cek rutin pada dokter perlu dilakukan terutama jika Anda memiliki atau mengalami faktor yang dapat meningkatkan risiko untuk terkena kanker rahim. Hal itu dilakukan untuk mendeteksi kanker rahim sejak dini. Kanker rahim yang terdeteki sejak dini akan lebih mudah ditangani dibandingkan dengan kanker rahim yang terdeteksi ketika sudah mencapai stadium lanjut. Harapan sembuh kanker yang terdeteksi dini pun lebih tinggi.

Selain melakukan cek rutin pada dokter, di bawah ini juga cara mencegah kanker rahim dan cara mengurangi risiko terkena kanker rahim:

  • Menjalani pap smear atau skrining serviks
  • Melakukan safe sex (seks aman), seperti tidak berganti-ganti pasangan seks dan selalu pakai pengaman ketika berhubungan seks
  • Mendapatkan vaksin HPV
  • Berhenti merokok
  • Menjaga berat badan
  • Olah raga yang teratur
  • Konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang

Demikianlah artikel mengenai ciri-ciri kanker rahim. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :