Sponsors Link

12 Ciri-ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh dengan Turunnya Suhu Tubuh

Sponsors Link

Herpes zoster adalah salah satu dari beberapa macam-macam penyakit cacar yang merupakan penyakit kulit menyerang syaraf. Sebagian atau bahkan banyak orang percaya bahwa penyakit ini mampu menjalar ke bagian tubuh lain dengan cepat, terutama saat anda sengaja atau tidak sadar menggaruknya karena rasa gatal berlebihan yang sangat menganggu aktifitas anda. Herpes zoster akan muncul seperti cacar air yang memiliki ciri sama seperti ada benjolan berisi cairan, terdapat rasa nyeri, gatal dan efek panas pada kulit serta akan meletus pada waktu ia akan sembuh.

ads

Penyakit kulit herpes zoster ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin terbilang cukup sederhana. Seperti stress yang berlebihan, kelelahan akibat banyaknya aktifitas, kanker kulit, hingga pengobatan kulit yang ada hubungannya dengan radiasi. Anda tentu tahu bahwa radiasi akan menimbulka efek baik dan tidak pada kulit, tergantung jenis radiasi apa yang dipilih dan bagaimana tingkat ketahanan kulit manusia itu sendiri. Sebaiknya agar tidak salah mengira, lebih baik kita ketahui ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh dengan penjelasan seperti di bawah ini yuk simak :

  • Demam akan sembuh

Saat anda mengalami sakit herpes zoster maka tubuh akan merasakan demam yang tinggi hingga membuat anda tidak mampu melakukan beragam aktifitas yang seharusnya anda lakukan. Saat herpes zoster mulai sembuh maka demam akan menurun disertai suhu tubuh yang juga ikut merendah. Perlu untuk penderita dianjurkan mengkonsumsi buah untuk penderita herpes seperti buah pepaya yang berfungi menjaga daya tahan tubuh, buah mangga yang mampu mempercepat penyembuhan penyakit herpes, wortel yang memulihkan kemnali jaringan kulit karena di dalamnya mengandung betakaroten yang cukup tinggi, dan buah bermanfaat lainnya. Jika saat herpes sudah mulai membaik namun demam masih juga tinggi, disaat itulah ada perlu berkonsultasi lebih lanjut ke dokter untuk menghindari adanya komplikasi yang makin parah.

  • Berkurangnya rasa sakit nyeri

Rasa nyeri pada sakit herpes zoster seperti pedih dan perih di bagian tubuh yang ditumbuhi cacar. Tidak diketahui secara pasti bagaimana mengurangi rasa nyeri tersebut. Namun jika anda berobat lalu diberikan obat penawar rasa nyeri maka konsumsilah obat tersebut hingga herpes benar-benar sembuh total. Jika sudah sembuh dari penyakit ini maka rasa nyeri akan berangsur berkurang karena infeksi virus yang juga mulai menipis. Sebaiknya selalu awasi bagaimana perkembangan penyakit ini pada tubuh anda, karena banyak yang mengabaikannya dan menganggapnya penyakit biasa yang cukup didiamkan saja, padahal jelas sudah salah.

  • Rasa gatal menjadi berangsur berkurang

Penderita akan merasakan gatal di sekujur tubuhnya seiring cacar yang tumbuh terus menerus. Biasanya secara tidak sadar malah digaruk dan akhirnya infeksi menjadi tambah parah. Cara ini tentu tidak boleh dilakukan, karena sebaiknya anda menahan diri dari rasa gatal dan cukup menepukkan baju tanpa menyentuhnya secara langsung. Mengapa begitu? Karena herpes zoster adalah penyakit kulit yang menular, bisa ke tubuh lainnya atau juga ke orang lain. Maka dari itu saat ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh yang ditandai dengan rasa gatal menghilang, tetap jangan berinteraksi dengan orang manapun meskipun keluarga sendiri. Karena disinyalir cacar yang mengering akan lebih menular daripada cacar yang masih baru atau basah.

  • Pegal di sekujur tubuh mulai tidak terasa

Tanda herpes zoster akan sembuh sering terlihat ketika pegal pada badan akibat rasa nyeri mulai berkurang. Hal ini tentu akan membuat kondisi badan menjadi lebih fit dan rasa khawatir yang ada di pikiran juga berkurang. Pegal pada herpes juga membuat aktifitas penderitanya terganggu. Terasa seperti tidak jelas bagian mana yang terasa pegal, yang jelas tubuh menjadi tidak karuan seperti seseorang yang bekerja tanpa istirahat. Jangan paksakan aktifitas jika tubuh anda tidak memungkinkan untuk melakukannya.

Sponsors Link

  • Tubuh mulai menandakan keadaan membaik, hilangnya rasa letih dan lelah

Ciri herpes zoster yang akan sembuh sudah jelas sekali jika kita merasakan ini pada tubuh kita. Tubuh yang kembali sehat dan pulih pastinya juga ditunggu-tunggu oleh pederita, tentunya dengan usaha mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita herpes zoster dan menghindari apa yang tidak boleh dimakan. Dengan tidak melanggar apa yang tidak boleh dimakan, maka kesembuhan penyakit herpes zoster akan segera anda dapatkan.

  • Benjolan pada kulit mulai pecah

Pada tahap awal herpes zoster akan mucul benjolan berisi cairan bening yang padat, namun saat herpes akan sembuh benjolan akan pecah dengan sendirinya dan pada kondisi ini jangan pernah menyentuh kulit dengan tangan kosong. Ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh ini adalah hal yang paling banyak diketahui oleh penderita, namun tidak semuanya mengerti bagaimana cara menjaga tubuh agar tidak tertular penyakit kulit ini kembali. Seperti jangan pernah berbagi pakaian dalam ataupun luar dengan orang lain, tidak tidur di kasur atau duduk di sofa yang sama, tidak mandi dengan sabun yang sama bahkan jangan berdekatan dulu dengan orang sehat lainnya. Secara sederhana virus akan mudah menular jika terdapat media yang menjembatani penderita dengan orang sehat.

ads

  • Kulit pada bagian herpes zoster mulai mengering

Pada umunya memang herpes yang mulai kering adalah herpes zoster yang sudah menampakkan diri kesembuhannya. Kulit kering tersebut biasanya juga akan sedikit mengelupas persis seperti ciri bisul yang akan sembuh. Akan terlihat perbedaan yang jelas ketika herpes yang masih basah berisi cairan dengan yang masih sembuh. Anda hanya tinggal menunggunya mengering sendiri. atau jika tidak segera mengering lakukan tips agar herpes zoster cepat kering dan jangan sesekali menggaruknya atau melepas kulit kering secara paksa. Karena selain menimbulkan rasa perih, bisa saja akan timbul infeksi lanjutan yang membuat herpes zoster gagal sembuh dengan baik.

  • Nafsu makan mulai meningkat

Seseorang yang menderita penyakit tertentu pasti akan malas makan karena imun yang rendah membuat tubuhnya lemas dan sulit untuk beraktifitas, bahkan untuk mengambil serta mengunyah makanan sekalipun. Tapi saat herpes zoster mulai menunjukkan kesembuhannya penderita akan merasa lapar dan makan menjadi hal yang menyenangkan. Jika masih sulit untuk menelan makanan bertekstur padat, anad abisa makan bubur atau makanan lembut lains eperti oat meal agar mudah ditelan dan dicerna. Jangan biarkan tubuh anda memburuk, jika nafsu makan belum membaik maka paksa untuk makan setidaknya 5 sendok saja. Agar tenaga serta tubuh tidak gampang sakit, dan membuat herpes zoster menjadi gagal sembuh.

  • Rasa pusing di kepala berangsur menghilang

Gejala herpes yang paling sering dialami oleh masyarakat adalah rasa pusing berlebihan yang menyebabkan penderita menjadi terkulai lemah di atas kasur. Banyak yang menjadi penyebab pusingnya kepala saat sakit herpes, seperti terlalu memikirkan penyakitnya, mengkonsumsi makanan tiadak sehat serta istirahat yang kurang. Akan berbeda dengan herpes simplex, ketahui terlebih dahulu perbedaan herpes zooster dan herpes simplex ciri ciri hingga cara penularan sekalipun. Jika herpes zoster dapat menular melalui senteuhan atau kontak fisik, sangat berbeda halnya herpes simplek yang menular melalui hubungan seksual yang tidak sehat. Anda bisa mempelajari informasi apa saja mengenai herpes agar pengetahuan juga semakin bertambah.

  • Sistem kekebalan tubuh mulai kembali normal

Tubuh yang lemas, rasa nyeri pada kulit serta nafsu makan yang buruk merupakan tanda anda terkena herpes zoster oleh imunitas yang rendah. Saat anda mengkonsumsi makanan yang sehat untuk penderita herpes itulah imunitas akan kembali naik dan lemas cenderung berkurang. Ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh ini bisa dirasakan langsung hanya oleh penderitanya. Biasanya mereka akan menjadi lebih aktif daripada bisanya meskipun tubuhnya masih merasakan sakit adan ketika itu juga benjolan akan pecah.

  • Jaringan kulit mulai membaik dengan bekas yang masih tersisa

Mundur sedikit ke belakang dan menyimak kasus penderita herpes zoster teradahulu, bisa kita lihat bahwa penyakit ini akan menimbulkan bekas yang merusak penampilan apalgi jika terletak pada area tertentu. Meksipun herpes zoster yang akan sembuh memberikan tanda bahwa kulit sekitar benjolan akan membaik, anda jangan pusa dahulu karena bekas cacarnya akan lebih sulit diobati. Untuk menghilangkannya anda bisa mengoleskan salep yang tersedia di apotik untuk menyamarkan bekas luka akibat dari herpes zoster. Saat sudah sembuh dengan benar nanti, oleskan obat tersebut saat malam sebelum tidur pada setiap harinya.

Sponsors Link

  • Perasaan menjadi kembali baik dan anda bebas beraktifitas

Tubuh yang sakit pasti akan memberikan dampak psikologis yang buruk bagi penderitanya. Biasanya akan muncul berbagai rasa mengeluh, selalu kepikiran hingga akhirnya malah menyebabkan stress. Namun saat herpes zoster mulai akan sembuh akan tampak rasa bahagia karena penyakit berangsur sembuh. Selain itu aktifitas juga kembali normal seperti sedia kala dan bebas melakukan apapun tanpa terganggu oleh benjolan berisi cairan menular ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh yang dapat ditemukan dan dirasakan dengan mudah. Perbanyaklah membaca untuk menemui pintu pengetahuan dan terbukanya jendela dunia bagi kehidupan kita. Jangan lupa menyebarkan artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk orang lain. Tidak aka nada yang sia-sia ketika kita terus melakukan kebaikan tanpa pamrih imbalannya untuk kita.

Sponsors Link
, ,