Sponsors Link

5 Ciri-Ciri Herpes di Kulit Wajah yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Ciri-Ciri Herpes di Kulit WajahTahukah Anda tentang penyakit herpes? Herpes adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh virus. Tidak semua orang akan mengalami penyakit ini. Begitu juga jika Anda memiliki kontak langsung dengan penderita, Anda juga tidak secara langsung akan terkena virusnya pula.

ads

Namun jika Anda dalam keadaan sistem imun yang buruk, bisa jadi virus ini dapat menular ke tubuh Anda dan menyebabkan penyakit herpes. Cari tahu tentang perbedaan herpes zoster dan herpes genital. Lantas apa saja ya, penyakit herpes? Penyakit herpes umumnya memiliki beberapa jenis yaitu, herpes genital, herpes zoster, herpes simplek I, herpes simplek II. Yuk kenali jenis herpes terlebih dahulu sebelum tahu ciri – ciri herpes di wajah Anda

Jenis Herpes yang Umum Dialami

1. Herpes Genital

Herpes ini muncul dan menyerang bagian kelamin Anda. Hal ini tentu berbahaya, ya karena alat kelamin adalah bagian tubuh yang memang rentan terkena beragam penyakit dan menjadi tempat paling mudah untuk menyebarkan penyakit atau virusnya. Melakukan hubungan seksual bisa menjadi salah satu cara penularan herpes tersebut. Herpes genital umumnya memiliki gejala seperti herpes lainnya. herpes ini hanya berbeda pada tempat terjangkitnya.

2. Herpes simplex virus tipe 1 (HSV 1)

merupakan virus yang menyebar dengan cepat, dan berdampak pada adanya herpes oral (mulut).Penyebaran HSV 1 dapat dilakukan lebih sering terjadi melalui hubungan seksual yang bersifat oral dimana virus memang lebih mudah tersebar melalui hubungan seksual yang demikian. Ada pula cara lain penyebaran virus HSV 1 yang juga sering terjadi. Semisal saja dengan melalui ciuman, penggunaan berbagai pakai peralatan makan atau lipstik dan kosmetik yang sama.Bahkan HSV 1 dapat terjadi pula pada seseorang yang sudah terjangkit namun tidak memberikan gejala uyang dapat di identifikasi. Baca juga tentang salep untuk mengobati herpes genital yang Anda alami.

Berikut beberapa gejala HSV 1 yang bisa di temui pada kebanyakan orang:

  • Tumbuh terasi nyeri, lelah, dan linu karena adanya aktivitas virus.
  • Beberapa lesi muncul pada kulit tubuh ayng secara alami dapat pecah dengan sendirinya
  • Menjadi masalah proses pencernaan jika lesi pecah dan berada pada mulut

Untuk HSV 1 dan HSV 2 dapat menjadi penyakit yang sulit disembuhkan jika memang virus sudah bersarang pada tubuh. HSV 2 sendiri dapat lebih mudah menginfeksi seseorang jika:

  • Penderita perempuan lebih memiliki resiko yang tinggi dibanding laki laki
  • Memiliki kebiasaan berganti ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual
  • Sistem imun tubuh dalam keadaan yang buruk atau rendah
  • Mengidap penyakit menular seksual lainnya yang bukan herpes
  • Sering melakukan hubungan seksual saat usia belum cukup dewasa atau masih remaja

Selanjutnya, akan dibahas adanya ciri ciri herpes pada kulit wajah Anda. Hal ini penting untuk Anda ketahui karena dengan mengetahui ciri cirinya, maka Anda akan mampu melakukan penanganan lebih dini untuk menyelamatkan kesehatan Anda terutama pada kulit bagian wajah. Yuk cari tahu juga tentang cara mendiagnosis herpes genital. Apa saja ciri herpes pada kulit wajah? Berikut penjelasannya.

Sponsors Link

Ciri ciri Herpes di Kulit Wajah

1. Kulit Wajah Gatal

Gatal merupakan ciri umum Anda terjangkit herpes. Gatal ini dikarenakan adanya aktivitas virus yang menyebabkan kulit terinfeksi. Gatal tersebut umumnya akan Anda temui pada daerah kulit atau wajah yang terkena virus. Beberapa hari kemudian, gatal akan berubah menjadi ruam merah. Tidak ada rasa gatal yang khusus saat Anda terjangkit herpes.

Sehingga tidak bisa dipastikan apakah ketika Anda merasakan gatal, penyebab tersebut adalah virus herpes. Meski demikian, Anda harus tetap waspada jika merasakan gatal. Sebab gatal pada daerah wajah pun juga jarang terjadi. meski gatal bisa menjadi indikator penyakit lainnya, namun tidak ada salah lebih waspada di awal seperti hal nya segera berobat ke dokter terkait rasa gatal yang Anda rasakan.

3. Ruam Merah pada Wajah

Gatal yang menjadi ciri ciri awal herpes pada wajah, akan berubah menjadi ruam merah setelah beberapa hari. Meski rasa gatal telah di periksakan dan di obati, tapi untuk mencegah munculnya ruam memiliki kemungkinan yang kecil. Sehingga, meski telah berobat, Anda akan tetap mengalami ruam pada wajah.

ads

Tapi tentunya intensitas ruam yang Anda alami akan berbeda dengan ruam yang tidak di obati sebelumnya. Ruam tersebut akan semakin menyebar dan betambah parah jika Anda tak kunjung mengobatinya. Banyak cara mengobati ruam akibat herpes. Namun, sangat di anjurkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terkait pengobatannya agar tindakannya aman dan terpercaya bagi kesehatan wajah Anda. Yuk cari tahu juga terkait ciri herpes zoster mulai sembuh.

4. Muncul Bintik Merah pada Wajah

Ruam merah bisa juga berubah menjadi bintik bintik merah. Namun tidak semua orang akan mengalami hal ini sebab setiap orang memiliki ciri ciri yang berbeda pula satu dengan lainnya. Sama dengan ruam merah, bintik merah juga perlu di obati. Pengobatan akan lebih aman di lakukan jika Anda berkonsultasi dengan dokter. Jangan mengabaikan hal tersebut agar herpes Anda segera hilang dan tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. jangan pula melakukan pengobatan yang tidak di anjurkan oleh dokter. Hal ini akan mengakibatkan masalah pada wajah Anda semakin parah.

5. Kulit Wajah Menggelembung Berisi Cairan

Jika virus herpes masih saja bersarang pada kulit wajah Anda, maka ciri seperti adanya cairan pada kulit Anda akan muncul. Hal ini disebabkan pula oleh aktivitas virus penyebab herpes. Munculnya gelembung trsebut, tidak diperkenankan untuk dipecahkan. Hal ini justru akan berdampak pada keadaan kulit yang akan semakin parah.

Cairan yang ada dalam gelembung memiliki kandungan virus yang nantinya akan semakin menyebar jika Anda pecakan. Pengobatan secara medis lah yang dapat membantu kulit wajah Anda lebih sehat di bandingkan dengan memcahkannya sendiri. Dokter akan memberikan solusi sesuai kebutuhan dan permasalahan masing masing pasien.

6. Kulit Terasa Terbakar

Hal ini adalah ciri paling kompleks dari ciri herpes yang akan Anda temui. Rasa panas dan terbakar akan sering Anda alami jika virus semakin tumbuh dan berkembang di kulit wajah Anda. Jika hal ini Anda alami, maka sangat di anjurkan untuk segera mendiskusikannya dengan dokter Anda. Menunda penyembuhan akan menyebabkan herpes semakin parah dan meningkatkan level bahaya dari herpes yang Anda alami.

Jelaskan kepada dokter mulai dari obat saja yang Anda gunakan, kegiatan apa saja yang Anda lakukan karena ada kemungkinan Anda menderita herpes karena melakukan kontak langsung dengan penderita dan tertular, dan ceritakan pula gejala lain yang Anda alami.

Hal ini untuk mempermudah dokter melakukan diagnosis dan memberikan anjuran pengobatan yang tepat sesuai keluhan Anda. Mengetahui ciri ciri di awal akan mempermudah Anda untuk melakukan pengobatan dini. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengobatan herpes? Di bawah ini akan di jelaskan cara mengobati herpes yang Anda alami.

Pengobatan Herpes yang Perlu Anda Lakukan

Sponsors Link

Langkah pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan dan mengurangi risiko komplesitas penakit herpes yang Anda alami yaitu  dengan mengonsumsi obat antivirus. Contoh obat tersebut yaitu,acyclovir dan Valacyclovir. Untuk mengatasi rasa nyeri, berikut beberapa obat atau penanganan medis yang ampuh dan bisa Anda coba:

  • Obat pereda sakit. Anda bisa menggunakan paracetamol atau ibuprofen.
  • Obat antidepresan trisiklik (TCA), misalnya imipramine, dan nortriptyline. Dosis yang diberikan umumnya berbeda dan dapat meningkat pula sesuai kebutuhan dan gejala yang Anda alami.
  • Obat antikonvulsan, misalnya gabapentin dan pregabalin. Obat ini juga tidak dapat digunakan sembarangan. Anda perlu menanyakan pada dokter pula. Yuk baca juga tentang antibiotik untuk herpes kulit.

Obat di atas umumnya memberikan reaksi secra tidak langsung. Artinya, seluruh obat akan bereaksi setelah 5 atau seminggu setelah penggunaan. Selain obat-obatan, ada juga beberapa langkah alami yang bisa Anda coba untuk menangani permasalahan tersebut. Di antaranya yaitu:

  • Pintarlah memilih jenis dan ukuran pakaian. Bahan katun dengan ukuran yang longgar menjadi solusi terbaik untuk Anda.
  • Usahakan menjaga ruam agar tetap tertutup agar terhindar dari virus dan beragam masalah kesehatan lainnya.
  • Penutup yang di gunakan usahakan bukan yang berbahan seperti plester karena lengket dan justru menyebabkan luka semakin parah.

Permasalahan herpes bisa Anda selesaikan dengan beragam cara baik medis atau alami. Namun, usahakan untuk memperhatikan hal hal yang justru membuat herpes semakin parah.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Herpes