Sponsors Link

10 Ciri-ciri Herpes di Bibir yang Mirip Seperti Sariawan

Sponsors Link

Herpes merupakan jenis-jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simplex, nama lainnya sering disebut dengan dompo. Penyakit herpes ini bisa tumbuh dimanapun, tak luput pada bibir yang cenderung aneh ketika kita mendengarnya. Karena dompo biasanya tumbuh pada area berkeringat seperti leher, lipatan siku, punggung, hingga pada dada. Herpes bibir dalam dunia medis disebut dengan herpes simplex. Pada saat gejala mulai muncul akan tampak seperti luka kecil pada mulut yang dikira sariawan, karena sedikit terlihat mirip. Padahal kedua penyakit tersebut jelas berbeda, dan biasanya penderita akan merasa kesulitan saat sedang makan hingga saat berbicara kepada orang lain.

ads

Ketahuilah apa saya yang menyebabkan herpes ini menginfeksi bibir anda, karea dengan begitu anda telah melakukan cara pencegahan herpes simplex dengan menata pola serta gaya hidup anda sehari-hari. Jangan lagi menganggap ciri-ciri herpes di bibir mirip seperti sariawan, beberapa diantaranya memang iya, apa saja itu mari kita simak ulasannya di bawah ini :

  1. Bibir terasa kesemutan

Tidak hanya pada kaki atau tangan, ternyata bibir pun juga bisa kesemutan. Banyak hal yang menjadi penyebab bibir kesemutan ini salah satunya adalah karena infeksi virus herpes simplex atau kata terkenalnya adalah dompo pada bibir. Tidak diketahui secara pasti mengapa ciri-ciri herpes bibir ini menyebabkan penderitanya merasa kesemutan yang sangat menganggu. Bisa kita ambil fakta dari logika bahwa hal tersebut disebabkan oleh virus yang mulai menyerang saraf pada mulut, sehingga jika sudah terinfeksi maka akan timbul rasa aneh pada bibir hingga pada sekitarnya. Namun ada juga seseorang yang menderita kesemutan bukan kerana herpes bibir, tapi karena salah memilih pelembab bibir, alergi pada obat-obatan hingga makanan.

  1. Terdapat gelembung kecil di sekitar mulut

Gelembung kecil di sekitar mulut merupakan ciri herpes yang bermula dari bintik-bintik pada mulut. Bintik kecik tersebut lama kelamaan akan melebar dan berwarna kehijauan seperti berisi nanah. Dan terkadang juga menimbulkan rasa gatal hingga rasa perih yang luarbiasa. Karena saat gatal anda tidak boleh menggaruknya, karena akan membuat luka infeksi baru dan proses penyembuhan menjadi lama. Anda bisa menyembuhkan herpes dengan es batu yang terbilang cukup unik namun terbukti baik. Cara mengobati herpes es batu ini tidak membutuhkan waktu serta biaya mahal, hanya butuh ketelatenan serta keyakinan untuk sembuh total.

  1. Menyebabkan sakit tenggorokan pada remaja

Seseorang yang sedang mengalami masalah mulut seperti sariawan pasti akan merasakan dehidrasi hingga panas dalam yang ia rasakan, seperti hal nya herpes bibis yang mampu membuat penderitanya mengalami sakit tenggorokan. Karena penyakit yang bersarang pada mulut tersebut mudah menyebar ke area lain dan tidak hanya di mulut saja. Ciri-ciri herpes di bibir dengan sakitnya tenggorokan merupakan kejadian yang tergolong umum yang bisa ditularkan melalui seks oral, penggunaan alat makan bersama hingga berciuman. Jika anda benar-benar ingin sembuh dari herpes yang menganggu ini sebaiknya hindari hal-hal yang menyebabkan penyakitnya menjadi lebih parah.

  1. Dapat menimbulkan luka lecet dan terasa nyeri

Seperti diatas kita telah menyebutkan ciri herpes dengan adanya gelembung serta bintik putih, nah jika herpes yang anda derita tidak kunjung sembuh, anda akan melalui tahap gelembung pecah yang menimbulkan luka dengan rasa perih yang menyiksa. Jangan anggap sepele jika herpes bibir sudah memasuki tahap ini, segera minta bantuan medis untuk meringankan sakit ini. Sertakan selalu setiap hari untuk tidak melanggar pantangan makanan untuk penyakit dompo seperti seafood yang memicu infeksi lebih parah hingga luka yang tidak kunjung mengering. Makanan yang terbaik dari yang terbaik adalah buah dan sayur, serta air putih yang tidak boleh kurang ketika anda merasa dehidrasi. Karena penyakit mulut haru sering diminumi air putih agar tidak ada panas dalam hingga dehidrasi parah. 

Sponsors Link

  1. Produksi air liur lebih banyak dari biasanya

Air liur yang berlebih biasanya juga akan terjadi pada penderita sariawan atau penderita masalah mulut, karena apa saat mulut terasa sakit maka secara otomatis kita juga tidak sadar jika air liur yang kita produksi lebih banyak dari biasanya. Bisa disebabkan oleh sariawan, gigi berlubang, sedang hamil hingga herpes pada bibir. Kondisi tersebut tentu sulit untuk kita bedakan, manakah yang parah atau tidak. Namun yang jelas jika anda mulai merasa adanya tanda-tanda penyakit segera lakukan pemeriksaan untuk menghindarkan diri dari infeksi yang lebih berbahaya. Tidak ada salahnya untuk memulai diri untuk pergi ke dokter tanpa menunggu penyakit tampak bahaya.

  1. Dehidrasi parah

Dehidrasi berhubungan erat ketika seseorang tidak banyak meminum air putih yang disebabkan karena herpes bibir akan terasa perih digunakan untuk akfitas makan seperti makan dan minum air. Tapi sebaiknya anda harus memaksakan diri untuk mengkonsumsi sesuatu, karena jika tidak penyakit yang menempel pada tubuh anda akan menang dan sewenang-wenangnya menguasi tubuh anda tercinta. Dehidrasi bisa kita lihat dari perilaku kita yang terlihat mengantuk, mulut kering hingga pecah-pecah, kulit kering serta sembelit gangguan pencernaan. Maka dari itu agar herpes pada bibir tidak menjadi makin parah, minum air minimal 7-8 gelas dalam sehari. Selain tidak dehidrasi, tubuh juga akan tercukupi cairan yang dibutuhkan dalam beraktifitas jadi herpes bibir pun juga segera hilang. 

ads

  1. Bengkak kecil pada gusi

Ciri-ciri herpes bibir yang sudah memasuki stadium lanjut diantaranya adalah bengkak pada gusi hingga terdapat warna putih-putih pada gigi dekat gusi. Kondisi tersebut bukan hal biasa yang boleh anda sepelekan, karena fase tersebut anda harus benar-benar merubah total pola hidup anda agar herpes pada bibir tidak menjadi jembatan penyakit mengerikan lainnya. Tapi ada juga penyebab gusi bengkak yang lain seperti terlalu kuat saat menggosok gigi serta kesalahan mengkonsumsi seseuatu. Tidak bisa kita melihat suatu penyakit dari sisi teori saja, maka dari itu segeralah berobat untuk mendapatkan kepastian yang jelas dari diagnosa penyakit anda. Cara menyembuhkan herpes dapat menggunakan beragam cara, menggunakan obat medis dan lidah buaya yang sudah lama dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kulit dari yang ringan sampai yang terparah.

  1. Gusi terasa kering

Gusi terasa kering bisa dikarenakan anda kekurangan cairan, infeksi pada gigi bagian bawah akibat virus hingga herpes bibir bertambah parah. Tidak hanya gusi, terkadang bibir juga akan terasa kering pecah-pecah dan akhirnya panas dalam akan datang. Dompo pada kulit bisa disembuhkan dengan salep, namun bagaiamana jika pada bibir? Anda perlu perawatan intens dengan petunjuk dokter agar tidak salah jika mengobatinya secara sendirian. Saat herpes tak kunjung sembuh, selalu perhatikan baik-baik makanan apa yang anda konsumsi. Sebaiknya hindari gorengan, makanan berlemah, bersantan, pedas dan terlalu asam. Karena jenis rasa-rasa tersebut dapat membuat herpes kian parah dan sulit menemui kesembuhan.

  1. Sakit kepala

Sekilas memang tidak ada hubungan sakit kepala dengan herpes atau dompo pada bibir. Namun yang bekerja pada keadaan ini adalah aliran saraf yang menyambung. Seperti hal nya saat kita sakit gigi, maka kepala akan terasa pusing hingga pandangan mata menjadi berat. Pengobatan herpes simplex dengan ciri-ciri herpes di bibir ini dapat dengan mengkonsumsi multivitamin, makanan yang mengandung gizi tinggi, makan-makanan yang cair dahulu jangan yang terlalu keras dan berat, gunakan obat kumur, obat oles ataupun obat minum yang dapat meringankan penyakit anda tersebut. Jangan pernah sepelekan apapun penyakit yang mampir pada tubuh anda, meskipun mudah disembuhkan hanya didiamkan atau bagaimanapun. Yang jelas, lebih cepat anda obati maka virus penyebabnya juga semakin cepat lenyap.

Sponsors Link

  1. Akan sulit ketika makan dan minum, ataupun saat berbicara

Pada awal sakitnya penderita herpes bibir akan merasa dirinya sedang sakit sariawan yang disertai dengan dehidrasi, radang tenggorokan hinga susah makan dan minum. Namun jika penyakit bertransformasi lebih cepat maka sariawan yang tadinya terlihat hanya setitik akan tumbuh lagi menjadi besar dan terdapat gelembung kecil pada sekitar mulut dan sekitarnya. Selain itu, penderita juga akan kesulitan melakukan aktifitas makan dan sulit saat berbicara, cirinya mirip seperti saat sedang sakit gigi. Seperti ada yang ditahan dimulut agar tidak terasa sakit. Cara mengatasinya mudah sekali, anda bisa mengnkonsumsi makanan cair seperti oatmeal, susu, roti, dan lainnya. Pastinya terdapat nilai gizi tinggi serta vitamin yang cukup. Hindari makan kepiting dengan menggigitnya, atau makanan keras lain yang berpengaruh langsung pada mulut.

Tidak ada satupun manusia yang ingin sakit dalam hidupnya, merasakan hidup yang tersiksa, merasakan pahitnya minum obat, sedihnya jika harus obname di rumah sakit hingga divonis penyakit yang diderita sudah bertambah parah. Siapapun pasti tidak ingin, dan sebaliknya siapapun pasti ingin tubuhnya sehat. Herpes bibir adalah penyakit menualr jadi jagalah diri anda untuk tidak menulari dan tidak tertular penyakit ini. Hindari hubungan seks karena hal ini masih banyak dilanggar oleh banyak orang. Padahal herpes pada bibir bisa disembuhkan denan cepat asalkan adna mematuhi setiap perintah dokter untuk melakukan ini itu, untuk melakukan ini dan itu. Jaga tubuh anda sendiri, sebelum anda bisa menularkan kesehatan anda ke orang lain.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herpes