Sponsors Link

11 Ciri-ciri Cacar Ular yang Mudah di Deteksi Sejak Dini

Sponsors Link

Cacar ular adalah sebuah jenis-jenis penyakit kulit yang banyak menyerang orang tua. Penyakit ini adalah bawaan dari kecil yakni cacar air. Jika disinggung dari namanya, cacar ular bukanlah cacar yang disebabkan oleh gigitan ular atau semacamnya, namun nama ini diperoleh dari sebutan orang-orang karena mudah diingat dan diucapkan. Seperti cacar air, cacar ular juga membuat kulit terasa gatal dan ruam kemerahan juga akan terlihat melepuh. Pengobatan yang bisa dilakukan pun hampir sama, meskipun sedikit lain dalam metode yang dilakukan.

ads

Penyebab penyakit cacar ular

Berbeda seperti penyebab biduran yang dimulai ketika keringat berlebih, cacar ular sendiri memiliki ciri khas yakni disebabkan oleh virus bernama varicella zoster. Meskipun sebenarnya bukan hanya virus tersebut yang menjadi penyebabnya. Beberapa faktor di bawah ini kemungkinan menjadi penyebab yang sering dialami oleh pasien, seperti :

  1. Genetik

Faktor keturunan bisa menjadi salah satu penyebab cacar ular yang paling banyak terjadi. Meski garis keturunan tidak lurus dari orang tua, penyakit ini bisa saja diturunkan dari kakek salah satu orang tua. Jika anda atau keluarga memiliki riwayat penyakit ini, berarti anda harus waspada terhadap keturunan anda. cacar ular bisa dicegah dengan menrapkan pola hidup sehat setiap harinya. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan check up agar penyakit yang diderita semakin cepat terdeteksi.

  1. Tidak mendapat vaksin saat bayi

Memang terlihat sepele, karena itulah banyak yang mengabaikan hal sekecil ini. Namun jika kita pahami lebih dalam, vaksin memiliki manfaat yang tidak sepele. Dengan vaksin anak akan terhindar dari virus berbahaya seperti cacar ular hingga cacar air. Walaupun sebenarnya setiap orang akan mengalami cacar air seumur hidup sekali, tapi setidaknya penyakit yang diderita tidak sangat berbahaya.

  1. Cacar air yang parah

Penyebab cacar ular yang lain adalah riwayat cacar terdahulu yang parah. Bagi anda yang pernah mengalami cacar air parah maka diharuskan untuk tetap menjaga kesehatan dan jaga sistem kekebalan tubuh anda dalam keadaan stabil. Karena sewaktu-waktu anda bisa terkena cacar ular yang pastinya tidak diinginkan. Cacar air parah ditandai dengan ciri-ciri kesembuhan yang lama, lepuhan kulit yang parah, bintik-bintik hampir di seluruh tubuh dan lain sebagainya.

  1. Sel darah putih menurun

Di dalam tubuh terdapat sel darah putih dan sel darah merah. Kekurangan salah satu atau keduanya akan cenderung menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah delima untuk meningkatkan kembali sel darah putih yang sempat menurun. Jangan biarkan sel darah putih anda menurun drastis, karena selain cacar ular anda juga bisa terkena leukemia yang lebih berbahaya dari cacar.

  1. Sistem imun yang lemah

Tubuh yang tidak sehat, letih, lesu dan tidak semangat adalah pertanda dari menurunnya sistem imun yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam kondisi tersebut, seseorang akan rawan terkena penyakit mulai dari penyakit biasa hingga yang parah seperti cacar ular. Selalu konsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit untuk selalu menyeimbangkan sistem imun dalam tubuh. Bila perlu, konsumsi multivitamin yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Sponsors Link

Ciri-ciri penyakit cacar ular

Seperti penyakit lain, ciri-ciri cacar ular dapat diketahui dengan mengenali tanda fisik atau berbagai keluhan yang dirasakan oleh penderitanya. Hal tersebut dapat kita jadikan acuan untuk menemukan cara pengobatan terbaik yang bisa ditempuh. Meskipun tidak semua penderita cacar ular mengalami hal-hal seperti di bawah ini, ada baiknya kita mengetahui apa saja penjelasan dari ciri-ciri tersebut. Penasaran? Simak yuk :

  • Timbul bintik-bintik merah

Ciri awal yang mudah dikenali sebagai infeksi cacar ular adalah bintik-bintik merah pada kulit tubuh. Bintik ini sama seperti cacar yang lama kelamaan akan berubah menjadi lepuhan berisi air. Usahakan untuk tidak menggaruk atau menyentuh bintik merah tesebut. Tunggu saja sampai benar-benar sembuh. Tangan yang menyentuh bintik merah tidak jarang akan terkena virus dan dikhawatirkan penderita lupa mencuci tangannya sebelum makan dan pada akhirnya virus ikut tertelan. Meski tidak mungkin akan terjadi cacar ular di dalam perut, namun bakteri akan menyebar dan bisa menjadi penyebab diare. 

ads

  • Gatal

Setelah bintik-bintik merah yang muncul ke permukaan kulit, selanjutnya yang akan anda rasakan adalah rasa gatal hebat pada bintik tersebut.rasa yang ditimbulkan membuat penderita ingin sekali menggaruknya. Memang kondisi ini tidak keliru, karena saraf memerintah otak untuk menggaruk kulit yang gatal tersebut. Namun sebisa mungkin ingatlah bahwa dengan menggaruknya akan membuat lepuhan pecah dan akan tersa perih. Selain itu cairan lepuhan yang pecah akan menyebar ke kulit lain dan kesembuhan semakin lama didapatkan.

  • Kulit seperti terbakar

Kulit terasa seperti terbakar adalah ciri-ciri cacar ular lanjutan setelah terjadi gatal hebat pada kulit. Untuk mengatasinya, anda bisa menaburkan bedak atau mengkonsumsi obat pengurang rasa sakit tersebut. Meskipun tidak dianjurkan, setidaknya kulit yang terasa perih sedikit berkurang. Hindari paparan sinar matahari yang terlalu kuaat untuk mengurangi rasa panas pada kulit.

  • Pusing

Kekurangan sel darah putih akan menyebabkan seseorang merasa pusing dan kondisi tubuh melemah. Padahal sel darah putih digunakan untuk menjaga pertahanan tubuh dari serangan penyakit ataupun virus. Maka dari itu, penderita cacar ular akan mengalami pusing kepala hingga membuatnya susah untuk istirahat.

  • Demam tinggi

Demam tinggi juga dimiliki oleh ciri-ciri sipilis yang mulai dirasakan penderita ketika bintik merah berubah menjadi lepuhan berisi air. Demam juga disertai dengan lemasnya tubuh dan nafsu makan menjadi berkurang. Dengan istirahat teratur dan mengurangi aktifitas berat akan mempercepat penyembuhan pada demam, namun bukan pada cacar ular. Karena cacar ular memiliki waktu tertentu sampai virus benar-benar hilang.

  • Nyeri otot

Meski cacar ular menyerang tubuh bagian luar yakni pada kulit, namun organ tubuh lainnya seperti otot juga terkena dampaknya. Hal tersebut disebabkan oleh sistem imun yang menurun seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Kurangi pekerjaan yang banyak menguras tenaga dan istirahat saja hingga penyakit benar-benar hilang. Konsumsi juga buah serta sayuran untuk meningkatkan kembali sistem imun yang sempat menurun.

  • Nyeri saat menelan

Nyeri saat menelan makanan disebabkan oleh infeksi bakteri yang telah menyebar hingga tenggorokan. Maka dari itu pendereita disarankan untuk tidak menyentuh luka dengan tangan telanjang, dan jika memang tidak dibutuhkan jangan sesekali menyentuh luka apalagi yang berisi lepuhan akan pecah.

  • Kelelahan

Setelah mengalami ciri-ciri cacar ular hingga berhari-hari, penderita akan merasa tubuhnya semakin lemas dan lelah. Tidak ada hal lain yang bida dilakukan selain istirahat di rumah. Selalu penuhi gizi setiap harinya dan tidak perlu olahraga. Karena selain terlalu banyak berkegiatan dan membuat penyakit susah sembuh, penularan ke orang lain juga berawal dari seringnya kita menjumpai beberapa orang.

  • Lepuhan berisi cairan

Lepuhan berisi cairan pada cacar air akan pecah jika penyakit sedikit menampakkan kesembuhannya. Lepuhan yang pecah akan meninggalkan noda hitam pada kulit. Lakukan cara menghilangkan bekas luka yang sama persis tujuannya untuk menghilangkan noda pada bekas cacar ular.

Sponsors Link

  • Sensitif pada udara

Kulit tubuh penderita cacar ular cenderung lebih sensitif dibanding kondisi kulit normal sebelumnya. Jika terkena udara dingin atau angin biasa, penderita akan merasa prih atau rasa tidak nyaman pada tubuhnya. Nah, yang paling membahayakan adalah penyakit cacar ular ini bisa menular ke orang lain melalui hampa udara. Maka dari itu, perbanyak saja istirahat dirumah untuk mengurangi beberapa kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

  • Sensitif pada cahaya

Terlalu banyak terpapar sinar matahari juga membuat penderita merasa kesakitan, meskipun telah ditutupi dengan baju atau jaket tebal sekalipun. Perlu diketahui, dengan menutup diri dengan pakaian tebal akan membuat sirkulasi udara pada tubuh menjadi tidak lancar. Dan pada akhirnya cacar ular juga akan semakin lama sembuhnya.

Untuk anda para wanita, sebaiknya tidak perlu menggunakan bra agar lepuhan tidak tertindih ketatnya penggunaan benda tersebut. Gunakan juga pakaian yang tipis dan longgar agar lepuhan tidak tergesek dengan pakaian dan membuatnya pecah tidak pada waktunya. Banyak sekali bukan ciri-ciri cacar ular yang belum pernah kita ketahui sebelumnya, semakin banyak kita tahu maka akan semkain banyak pula ilmu yang bisa kita serap. Banyak-banyaklah membaca untuk selalu tahu informasi berharga yang sayang jika dilewatkan. Namun selain itu, jangan lupakan upaya pencegahan untuk menangkal macam-macam virus yang mungkin saja ingin akrab dengan tubuh anda.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Cacar