Sponsors Link

11 Ciri-ciri Bisul Akan Sembuh dengan Keluarnya Nanah dan Darah

Sponsors Link

Siapapun pasti telah mengenal apa itu penyakit bisul. Sebuah jenis-jenis penyakit kulit yang bisa tumbuh di daerah punggung, leher, kulit tangan kaki bahkan selangkangan. Tak jarang banyak orang yang mengeluhkan tetntang penyakit ini, karena selain menganggu aktifitas bisul juga akan terasa sakit saat akan pecah. Apalgi saat puncaknya bisul tersebut tumbuh, maka akan terasa berdenyut pedih meskipun bentuknya kecil, kurang lebih akan terasa sama seperti jerawat yang berukuran besar.

ads

Masih banyak orang yang menganggap bahwa penyebab bisul adalah karena bakteri staphylococcus aureus atau kelembaban kulit yang teramat tinggi. Namun anda harus mulai memperhatikan penyebabnya hingga ke titik asal darimana ia tumbuh. Seperti kulit yang tergores, tertusuk, atau kebersihan yang kurang juga bisa menjadi penyebab bisul selain bakteri yang telah kita sebutkan diatas. Meskipun keberadaannya dianggap tidak berbahaya bisul ternyata akan terasa sangat sakit ketika sedang pecah, ketahuilah cara memecahkan bisul yang benar jangan sampai selepas anda memecahkannya malam timbul infeksi yang berlebihan. Berikut ini adalah ciri-ciri bisul akan sembuh yang bisa anda kenali dari fisiknya, apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Sedikit lembek seperti berisi cairan dan kulit bersisik

Cairan yang terdapat pada bisul ini menandakan bahwa dirinya akan sembuh. Karena bisul yang masih keras adalah bisul yang belum layak untuk dipecahkan, dengan kata lain ketika anda memaksa untuk memecahnya yang ada malah terjadi infeksi yang lebih berat dari sebelumnya. Kenali terlebih dahulu jenis bisul apa yang sedang anda alami. Banyak kasus yang telah dialami masyarakat kulit kering bersisik di leher, punggung, tangan hingga kaki juga merupakan  tanda lain dari bisul yang mulai akan sembuh. TIdak anda perlu anda menggunakan lotion untuk mengambalikan kelembaban kulit yang kering, biarkan saja karena hal ini hanya bersifat sementara.

  • Bisul berwarna kemerahan

Bisul memang memiliki ciri khas berwarna kemerahan seperti gigitan nyamuk namun memusat pada satu titik. Pada awal kemunculannya, bisul tidak memiliki warna dan hanya seperti benjolan kulit biasa. Namun lama kelamaan benjolan yang tadinya tidak berarna akan berarna pink muda dan akhirnya menjadi merah. Bisul yang akan sembuh pun memiliki ciri warna merah yang kuat. Hal ini disebabkan infeksi bakteri pada kulit yang terkena semakin kuat dan mulai muncul ke permukaan dan menandakan bahwa penyakit kulit ini akan sembuh. Pada saat yang lain, warna kemerahan juga akan merambat ke jaringan kulit sehat di sekelilingnya. Jangan khawatir ya , karena hal tersebut sangat mungkin anda alami dan bukan kondisi berbahaya.

  • Agak sakit saat disentuh

Kebanyakan orang bertanya mengapa ciri-ciri bisul akan sembuh malah sakit saat disentuh yang seharusnya malah tidak? Keadaan ini justru benar adanya, karena saat bisul akan sembuh rasa sakit yang tadinya ada di dalam kulit kini mulai menyeruak muncul ke permukaan, dengan begitu bisul akan terasa sakit saat disentuh. Sebisa mungkin hindari menyentuh bisul terlalu menakan, dan jangan sampai terkena gesekkan oleh apapun. Karena dikhawatirkan bisul akan pecah pada waktu yang tidak tepat dan alhasil malah menular ke kulit lainnya. Gunakanlah obat untuk membuat bisul menjadi cepat kering, anda bisa mendapatkanya di apotek dengan harga yang relatif murah. Usahakan juga untuk menyentuhnya terlalu sering, pastikan anda menyentuhnya hanya saat memberikan obat oles agar bisul cepat kering.

  • Berumur kurang lebih 2 minggu

Bisul yang masih baru bisa terbilang memiliki umur kurang lebih 5-6 hari, selebihnya bisul bisa dikatakan sembuh jika memasuki usia 2 minggu. Tapi solah hari bukan juga tolok ukur tepat untuk menyatakan bahwa bisul akan sembuh. Anda bisa memperhatikan ciri fisik bisul yang mungkin mulai tampak kering. Berbeda dengan kasus bisul yang berdiameter lebih dari 5 cm atau sebesar telur ayam, bisul tersebut mungkin saja bisa berumur lebih dari 2 minggu. Maka dari itu, saat bisulan sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita bisul agar bisul juga cepat sembuh dan anda kembali bebas beraktifitas .

Sponsors Link

  • Bisul yang pecah akan mengeluarkan nanah, darah atau cairan bening

Setelah kita mengetahui ciri bisul akan sembuh seperti 10 point diatas maka selanjutnya bisul akan pecah dengan sendirinya dan biasanya akan keluar nanah seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Nanah yang akan keluar berwarna kuning pekat atau bisa saja sedikit kehijauan, tergantung seberapa parah bisul yang anda alami. Setelah bisul mengeluarkan nanah maka bisanya akan keluar darah sebagaimana kotoran yang masih tinggal di dalam jaringan kulit bisul. Anda tidak perlu khawatir jika ada darah ikut keluar dari bisul anda, karena mirip seperti jerawat yang dimana darah tersebut adalah penyakit. Ketahui pasti kondisi tubuh anda sendiri, karena bisul akan memiliki ciri berbeda pada tubuh manusia satu dengan manusia yang lainnya. Namun mengapa demikian? Karena sistem imunitas dan jenis kulit manusia berbeda-beda.

ads

  • Kulit di sekitarnya ikut memerah

Masih berhubungan dengan poin nomor 1 bahwa bisul akan berwarna kemerahan. Hal tersebut jelas akan mempengaruhi kulit sehat di bagian sekitarnya. Seperti jerawat atau contoh mudahnya adalah gigitan nyamuk. Yang hanya berpusat pada satu titik namun kulit di sebelahnya pasti akan ikut memerah. Tanda ini merupakan kabar baik untuk anda yang telah lama menunggu kapan bisul ini akan sembuh. Bisul juga kadang juga terasa gatal, hal ini karena bakteri di dalamnya yang mulai aktif. Anda cukup menepuknya pelan dan ajngan pernah sesekali untuk menggaruknya.

  • Kulit bagian bisul mengelupas

Ciri-ciri bisul akan sembuh yang bisa anda temui dengan mudah adalah pengelupasan jaringan kulit di bagian bisul. Mengapa hal ini terjadi? Tidak ada penjelasan secara detail mengenai kasus ini, yang jelas dan perlu anda ingat bahwa bisul akan sembuh akan kembali ke jaringan kulit sehat seperti sedia kala. Nah dengan kembalinya itulah kulit mulai meregenerasi kulit sakit atau bekas bisul sehingga terjadilah pengelupasan. Biarkanlah pengelupasan itu terjadi secara alamiah, dan jangan mencoba untuk mengelupasinya secara paksa.

  • Bisul semakin membesar dan terlihat ada nanah di sekelilingnya

Bisul normal biasanya hanya berukuran kurang lebih 1 cm diamternya. Namun ada juga yang lebih parah yakni mencapai 5 cm ukurannya. Jangan sepelekan jika hal tersebut anda alami ya. Karena jika semakin membesar tentu akan semakin menganggu dan akan semakin sakit. Bisulyang membesar akan diiringi nanah yang seperti akan keluar pada kulit. Nanah tersebut mirip sekali dengan jerawat yang akan pecah. Biarkan saja bisul nanah tersbut pecah dengan sendirinya. Jangan coba untuk memencetnya seperti jerawat, karena jika ternyata belum sembuh benar akan menimbulkan rasa sakit serta infeksi yang berlebihan pada kulit.

  • Akan tampak titik putih seperti mata

Lanjutan dari ciri timbulnya nanah pada bisul, biasanya juga disertai dengan adanya titik putih seperti mata bisul yang nantinya akan pecah melalui mata tesebut. Titik putih tersebut sebenarnya adalah efek dari bakteri penyebab infeksi yang mulai menampakkan dirinya ke permukaan. Jadi jangan menganggap bahwa hal itu adalah gejala aneh dari bisul yang akan sembuh, namun malah menjadi pertanda baik bagi anda karena dengan begitu bisul akan segera pecah. Usahakan tetap menjaga kesehatan pada kulit tubuh anda terutama yang terkena infeksi bisul. Karena area kulit yang lembab juga akan menjadi pemicu tumbuhnya bisul baru pada kulit lain yang membuat anda semakin stress tak berdaya.

  • Penderita mulai merasakan demam

Hal ini sebenarnya bukan merupakan ciri bisul yang akan sembuh, namun merupakan komplikasi lanjutan yang dimana bisul yang tidak segera sembuh akan menimbulkan efek penyakit baru pada tubuh penderita. Jika ada keanehan pada tubuh anda meskipun hanya menderita bisul, segeralah berobat pada medis untuk menemui pengobatan yang tepat. Atau konsumsi obat bisul tradisional yang bisa anda rmau sendiri dirumah. Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai terapi penyembuhan yang paling mudah, aman dan tanpa efek samping jika anda aplikasikan pada bisul anda. Tetap perhatikan kondisi bisul yang anda derita, jangan sampai anda menyesal tidak memperhatikannya dan lama kelamaan bisul menjadi besar dan sangat parah.

Sponsors Link

  • Memiliki jaringan kulit yang berbeda dengan kulit sehat

Ciri-ciri ini adalah cara termudah membedakan mana bisul dan mana yang bukan. Pasalnya tidak lain dan tidak bukan bisul merupakan infeksi kulit oleh bakteri, sehingga ketika dilihat saja sudah jelas sekali memiliki jaringan epidermis yang berbeda dengan kulit sehat pada umumnya. Biasakanlah untuk tidak menggaruk bisul yang belum tau mau sembuh, karena perilaku tersebut hanya akan merusak struktur kulit dan membuat bisul menjadi lama sembuhnya.

Itulah dia beberapa informasi khusus untuk anda mengenai ciri-ciri bisul akan sembuh yang belum banyak diketahui masyarakat umumnya. Ketika anda tidak tahu akan informasi yang berguna bagi anda, berguna untuk menyembuhkan tubuh adnad ari penyakit atau yang berguna untuk sekedar memberi informasi kepada orang lain anda bisa menanyakannya pada dokter medis yang berkaitan. Atau perbanyaklah membaca, tidak harus melulu tentang buku. Karena informasi pada jaman sekarang ini bisa anda dapatkan dimanapun, termasuk media internet seperti artikel ini.

Sponsors Link
, , ,