Sponsors Link

Cara Ampuh untuk Menghilangkan Keloid dengan Bantuan Bawang Merah

Sponsors Link

Keloid adalah salah satu kelainan yang bisa diderita oleh manusia pada bagian kulit. Berbeda dengan kelainan kulit lainnya yang disebabkan oleh alergen, bakteri, virus, maupun jamur, keloid adalah jenis penyakit yang diturunkan. Dengan kata lain, jika orang tua Anda memiliki riwayat menderita keloid maka Anda memiliki kemungkinan yang besar untuk menderita hal yang sama.

ads

Keloid tidaklah begitu berbahaya. Hanya saja jika tidak diatasi dengan benar, keloid bisa memunculkan berbagai permasalahan. Beberapa efek samping dari keloid yang Anda derita selain membuat kulit Anda tidak indah adalah bisa memicu munculnya reaksi alergi atau infeksi. Sebelum melakukan tindakan operasi, Anda sudah sepatutnya mencoba berbagai pengobatan tradisional untuk menghilangkan keloid dan mencegah ciri-ciri keloid muncul. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan bawang merah.

Bawang merah adalah salah satu bagian dari bumbu dapur yang umum dimiliki oleh setiap rumah. Bahan makanan ini merupakan bahan makanan yang fleksibel dari sisi penggunaan, begitu juga dengan manfaatnya. Ada banyak hal yang membuat bawang merah cocok untuk menjadi obat untuk menghilangkan keloid yang Anda derita.

Cara Ampuh untuk Menghilangkan Keloid

Bawang merah diketahui memiliki banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan kulit. Dua di antaranya adalah silika dan zat antibakterial. Silika dalam bawang merah bisa menjadi cara menghilangkan keloid yang ampuh sebab mampu mendorong produksi kolagen sehat di dalam kulit. Sementara itu zat antibakterial mampu mengusir berbagai jenis bakteri yang mengganggu proses perkembangan jaringan fibrosa.

Dengan manfaat tersebut, bawang merah bergabung dengan madu, lidah buaya dan bahan lainnya menjadi obat tradisional keloid. Mengobati keloid dengan cara tradisional tentu memiliki banyak manfaat, baik dari segi proses penyembuhan, bahan yang digunakan, serta biaya yang perlu dikeluarkan. Berbeda dengan pengobatan via medis yang mendorong Anda untuk mengomsumsi obat-obatan berbahan kimia tertentu atau melakukan tindakan operasi.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan keloid dengan bawang merah? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan penyebab keloid membesar dengan bawang merah. Dua di antaranya yang bisa Anda tiru adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan Irisan Bawang Merah

Bawang merah bisa digunakan begitu saja untuk menghilangkan keloid, Anda tidak membutuhkan bahan lainnya untuk membuat manfaat keloid muncul dengan efektif atau melakukan ritual lain yang merepotkan. Anda hanya memerlukan beberapa siung bawang merah sesuai dengan seberapa banyak dan besar keloid yang ingin Anda hilangkan serta pisau yang higienis.

Bersihkalah pisau dan bawang merah yang akan Anda gunakan lantas iris menjadi beberapa bagian. Agar seluruh cairan yang terkandung dalam bawang merah bisa digunakan, jangan mengiris bawang merah terlalu tipis atau terlalu tebal. Buatlah sesuai dengan ukuran keloid yang Anda punya. Irisan bawang merah bisa Anda gunakan secara langsung dengan mengaplikasikannya pada kulit. Pada beberapa orang, penggunaan irisan bawang merah bisa menimbulkan efek panas atau terbakar. Jika gejala tersebut muncul, hentikan penggunaan bawang merah.

  1. Menggunakan Sari Bawang Merah

Jika Anda ingin menggunakan bawang merah dengan lebih praktis tanpa menempelkan irisannya, Anda bisa melakukan langkah lain untuk menghilangkan keloid yang Anda derita. Akan tetapi, Anda memerlukan penggunaan barang lain seperti tumbukan dan kain kasa. Meski dari segi proses lebih rumit, penggunaannya cukup praktis. Setelah barang terkumpul, Anda hanya perlu menumbuk irisan bawang merah yang Anda punya hingga halus. Tumbuklah pelan-pelan jangan sampai cipratan mengenai mata atau bawang terlempar jatuh. Setelah dirasa halus, peras hasil tumbukan tersebut menggunakan kain kasa. Biarkan sari bawang merah terpisah dan masukan ke dalam wadah lainnya.

Sponsors Link

Sari bawang merah bisa Anda oleskan pada permukaan kulit yang menderita keloid. Anda disarankan untuk menggunakan media kapas atau kain kasa. Oleskan sambil dipijat-pijat lantas biarkan hingga 30 menit. Setelah sari bawang merah mengering, silakan bersihkan kulit Anda menggunakan air dingin. Sementara itu, sari bawang merah yang tersisa bisa Anda simpan dalam wadah tertutup untuk penggunaan berikutnya.

Penggunaan bawang merah untuk menghilangkan keloid tidak hanya sampai di sana, Anda bisa mengombinasikan bawang merah dengan berbagai bahan lainnya. Di sisi lain jika Anda enggan menggunakan bawang merah karena tidak suka dengan baunya yang menyengat, Anda bisa menggunakan salep untuk mengobati keloid. Ada banyak jenis salep yang bisa Anda gunakan, utamakan untuk menggunakan salep nonresep dengan komposisi bahan yang tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit Anda.

Meski bukan merupakan kelainan kulit yang berbahaya, keloid memiliki sifat seperti kutil yang tidak mudah untuk dihilangkan. Oleh karena itu, pengobatan untuk menghilangkan keloid tidak bisa berlangsung secara singkat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus mengalami proses yang cuku panjang. Jika Anda ingin menghilangkan keloid yang Anda miliki dengan cepat dan praktis, Anda bisa meminta tindakan operasi dari dokter Anda. Meski begitu, tindakan operasi tidak bisa menutup kemungkinan untuk mendapati keloid di waktu yang akan datang.

Oleh karena keloid adalah jenis kelainan yang diturunkan dan muncul ketika proses penyembuhan luka terjadi saat sistem imun sedang lemah, ada baiknya Anda turut memperkuat sistem imun dengan pola hidup dan asupan nutrisi yang cukup. Selain itu, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang memberi Anda risiko untuk terluka. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari menderita keloid.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Keloid