Sponsors Link

4 Cara Suntik Vitamin C Menurut Medis dan Takaran Kesehatan yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang cukup penting yang membantu menutrisi tubuh Anda. Bahkan vitamin satu ini sangat membantu mayoritas wanita yang berupaya diet untuk menurunkan berat badannya. Selain itu, ada beberapa kegunaan vitamin C lainnya dalam kesehatan yaitu:

ads
  • Menyembuhkan luka
  • Mencegah kerusakan sel
  • Membentuk kolagen
  • Membentuk zat kimia yang disebut neurotransmitter

Dengan begitu banyak manfaat, vitamin C juga sangat mudah ditemukan. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi:

  • Buah-buahan sitrus
  • Paprika
  • Brokoli
  • Strawberry
  • Anggur

Perlu diperhatikan pula dalam mengonsumsi bahan makanan tersebut Anda juga haru berhati-hati dalam mengolahnya. Jangan sampai Anda salah dan berakhir pada buruknya kesehatan Anda. Misalnya mengolah buah sitrus dengan tambahan gula yang berlebih yang justru akan mendatangkan penyakit lain seperti diabetes. Contoh lain misal mengolah sayuran dengan cara yang salah yang dapat menghilangkan kandungan gizi serta vitamin C yang ada. Hal ini justru akan merugikan diri Anda. Oleh karena itu, perhatikan pula cara mengolah yang benar agar tetap terjamin kandungannya dan manfaat yang Anda dapatkan pun juga maksimal.

Selain pada bahan alami, Anda juga mengonsumsi suplemen vitamin C jika memang tak sempat membeli beberapa bahan makanan. Banyak suplemen vitamin C yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat Anda mulai dari kapsul, sirup atau jenis lainnya. Akan tetapi, meskipun Anda mengonsumsi banyak vitamin C sehari, tubuh hanya membutuhkan dalam jumlah tertentu yang artinya hanya mampu meresap sebagian vitamin yang Anda konsumsi. Jadi, disarankan jika memang tubuh tidak membutuhkan banyak vitamin C, atau masih dalam keadaan normal, maka tak Anda tak perlu memenuhi kebutuhan vitamin C hingga berlebih. Selain itu, tahukah Anda ternyata vitamin C juga bisa didapatkan dengan cara suntikan saat keadaan tertentu agar kebutuhan vitamin C terpenuhi? Beberapa alasan memperbolehkan dan membutuhkan suntik vitamin C. Umumnya suntik vitamin C diberikan melalui kulit atau otot pada tubuh Anda. baca terkait jenis ruam kulit.

Tujuan Penggunaan Suntik Vitamin C

Pada umumnya, seseorang mengonsumsi atau suntik vitamin C untuk mempertahankan daya tahan tubuh atau meningkatkan metabolisme pada tubuh. Alasan lain bisa jadi karena seseorang mengalami kekurangan vitamin C. Gejala seseorang kekurangan vitamin C yaitu:

  • Bengkak bahkan berdarah pada gusi
  • Fatigo
  • Jika memiliki luka, penyembuhan membutuhkan waktu yang lama
  • Nyeri tulang
  • Ada perubahan warna pada kulit

Fungsi Vitamin C

Para ahli memperbolehkan suntik vitamin C tersebut bagi seseorang yang kekurangan vitamin C. Selain itu, vitamin C juga bisa digunakan untuk penyembuhkan luka serius akibat terbakar. Meski demikian, suntik vitamin C tetap tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang tanpa alasan yang jelas. Suntik vitamin C harus dilakukan karena vitamin tersebut memang segera dibutuhkan karena penyerapan vitamin C membutuhkan waktu yang lama. Dengan alasan tersebut, seseorang diperbolehkan melakukan suntik vitamin C.

Sponsors Link

Oleh karena tidak semua orang diperbolehkan melakukan suntik vitamin C, maka jangan lupa untuk melakukan konsultasi kepada dokter sebelum memutuskan melakukan suntik vitamin C. Sebab jika disalah gunakan, suntik vitamin C akan membuat tubuh Anda kelebihan vitamin C yang akan berdampak buruk juga bagi tubuh Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, vitamin C memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan Anda. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail, baca uadraian di bawah ini.

1. Fungsi Vitamin C untuk Kanker

Suntik vitamin C juga dapat digunakan untuk perawatan kanker. Seseorang yang memiliki kanker membutuhkan banyak asupan vitamin C dalam pemulihannya. Sedangkan waktu yang dibutuhkan pun juga cukup singkat, sehingga penyuntikan vitamin C diperbolehkan. Dengan memiliki asupan vitamin C yang banyak, maka vitamin C tersebut bekerja layaknya racun bagi sel kanker yang bersarang pada tubuh.

Meski asupan vitamin C lebih banyak dari pada orang normal, Anda tak perlu khawatir sebab hal ini tidak membuat tubuh mengalami masalah yang lebih kompleks. Selain menjadi racun bagi sel kanker, suntik vitamin C juga berfungsi untuk meredakan efek samping akibat penggunaan obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita kanker. Baca terkait pantangan makanan kanker kulit.

2. Fungsi Vitamin C untuk Penurun Berat Badan

ads

Selain mengobati kanker, suntik vitamin C juga digunakan untuk menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Karena beberapa studi mengatakan bahwa seseorang yang gemuk memiliki asupan vitamin C yang sedikit sehingga pembakaran lemak pada tubuhnya tidak berjalan dengan baik. Oleh karena tiu suntik vitamin C bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan. Namun, dalam melakukan ini, sebaiknya Anda melakukan konsultasi pada dokter. Apakah suntik vitamin C adalah pilihan yang tepat karena umumnya berat badan tertentu saja yang diperbolehkan untuk melakukan suntik vitamin C.

3. Fungsi Vitamin C untuk Pembentukan Kolagen

Vitamin C berperan pula dalam pembentukan kolagen. Apa itu kolagen? Kolagen adalah protein yang dibutuhkan tubuh agar tubuh kuat baik struktur maupun tekstur. Biasanya kolagen sangat dibutuhkan pada area kulit. Selain kulit, kolagen juga bisa Anda temui pada otot, tulang, darah, dan tendon. Anda tentu dapat membayangkan jika tubuh kekurangan vitamin C. Tentunya akan ada masalah pada tulang, kulit, atau otot karena pembentukan kolagen tidak berjalan dengan maksimal. Baca manfaat suntik vitamin C.

Bagaimana Suntik Vitamin C?

Mengetahui bahwa suntik vitamin C ternyata memberi banyak manfaat, tentunya Anda ingin melakukan suntik vitamin C, bukan? Berikut beberapa cara sunti vitamin C:

  1. Pada umumnya suntik vitamin C dilakukan pada kulit atau otot Anda. Sebelum melakukannya, pastikan bahwa Anda telah mendapat saran dan rekomendasi dari dokter terkait hal ini. Mengingat setiap pengobatan memberikan efek samping. Apabila Anda belum berkonsultasi, dikhawatirkan akan terjadi masalah kesehatan yang justru membahayakan tubuh.
  2. Dalam suntik vitamin C, dosis yang dibutuhkan biasanya 200 mg sekali sehari selama seminggu untuk tujuan memberi asupan vitamin C yang cukup bagi para penderita kekurangan vitamin C.
  3. Sedangkan untuk penyembuhan luka, Anda dapat menggunakan dosis sebesar 1 gram sekali sehari selama 5 sampai 21 hari. Jika belum ada perubahan, segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.
  4. Sedangkan untuk beberapa alasan lainnya, dosis tergantung atas saran dari dokter. Umumnya rentan dosis yang masih umum yaitu 10 sampai 100 gram. Namun, bisa jadi Anda mendapatkan dosis yang berbeda dengan penjelasan di atas karena suatu alasan tertentu.

Efek samping dan Bahaya Suntik Vitamin C

Suntik vitamin C tidak akan memberikan dampak buruk pada tubuh Ana. Efek samping umum yang akan Anda dapatkan kemungkinan yaitu nyeri pada bagian tubuh yang disuntik dan tubuh panas atau demam. Beberapa orang juga akan disertai pembengkakan pada area yang disuntik. Hal ini wajar dan Anda tidak perlu khawatir. Beberapa hari kemudian efek samping tersebut akan segera hilang. Namun, jika tidak terjadi perbaikan pada area yang disuntik, segera lakukan pemeriksaan dan penanganan medis lanjutan. Apa saja efek suntuk vintamin c untuk kulit?

Suntik vitamin C tidak akan memberikan bahaya bagi tubuh selama dosis yang digunakan masih normal. Jika Anda berniat melakukan suntik vitamin C dengan dosis yang tinggi, pastikan dokter telah menyarankan hal tersebut. Sebab, beberapa kasus membuktikan bahwa penggunaan suntik vitamin C yang berlebih akan menyebabkan tubuh menyerap zat besi yang berlebih pula. Zat besi yang terserap dengan jumlah yang cukup banyak bisa merusak ginjal Anda. terlebih jika Anda memiliki riwayat masalah kesehatan pada ginjal. Jelas hal ini akan meningkatkan resiko Anda terkena batu ginjal. Oleh karena itu, jangan enggan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Adanya Interaksi dengan Obat Lain

Sponsors Link

Suntik vitamin C tentunya juga akan bereaksi dengan beberapa obat lain yang Anda konsumsi secara bersamaan. Dengan adanya vitamin C yang berlebih pada tubuh, tentunya kandungan asam di dalam tubuh juga meningkat. Hal ini memengaruhi cara kerja beberapa obat yang dikonsumsi. Obat tersebut antara lain:

  • Prolixin
  • Novasal
  • Mexitil
  • Salsalate

Dengan adanya interaksi tersebut, maka usahakan untuk melakukan suntik vitamin C tanpa mengonsumsi obat lain dalam waktu yang sama. Akan tetapi, jika Anda memiliki masalah kesehatan saat Anda melakukan suntik vitamin C dan terpaksa harus mengonsumsi beberapa obat, disukusikan dengan dokter bagaimana penanganan yang tepat atau obat apa yang sesuai agar tidak saling berinteraksi dan memengaruhi kerja masing-masing baik obat maupun vitamin C tersebut. Jangan sampai masalah kesehatan yang lebih kompleks akan terjadi akibat adanya miskomunikasi atau ketidaktahuan antara Anda dengan dokter. Ingat pula bahwa menjaga komunikasi dengan dokter Anda sangatlah penting.

Suntik vitamin C bukan hal yang dilarang. Justru hal tersebut merupakan salah satu bentuk penanganan masalah kesehatan seperti kekurangan vitamin C, kanker, dan jerawat. Baca terkait perbedaan jerawat dan cacar air Meski aman digunakan, Anda tetap dianjurkan untuk menanyakan terlebih dahulu kepada dokter apakah suntik vitamin C Anda butuhkan. Selain itu, tanyakan pula hal-hal lain terkait suntik vitamin C seperti dosis, pantangan, dan lain sebagainya. Jangan enggan untuk melakukan hal tersebut agar penyuntikkan vitamin C membrikan dampak dan hasil yang memuaskan. Terlebih jika Anda mengalami maasalah kekurangan vitamin C. Tentu banyak hal yang perlu diperhatikan agar asupan vitamin C Anda terpenuhi.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan