Sponsors Link

11 Cara Penularan Virus Herpes Zoster Melalui Cairan Bersin dan Batuk

Sponsors Link

Herpes zoster merupakan jenis-jenis penyakit kulit yang umum diderita oleh masyarakat saat ini. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga usia senja, semua bisa terkena penyakit ini. Penyebabnya yang paling utama adalah bakteri yang membuat kulit seseorang mengalami gangguan. Herpes zoster sering disebut oleh orang awam dengan sebutan dompo atau cacar ular, karena memang memiliki ciri-ciri yang mirip dengna pengobatan yang sama pula. Banyak beberapa orang yang menyebutkan bahwa virus herpes zoster adalah penyakit lanjutan dari cacar air, mengapa bisa disebut demikian? Karena kedua penyakit kulit ini diserang oleh virus yang sama. Tapi jika dilihat lebih jelas, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Jika pada herpes zoster ciri gelembungnya lebih besar dan berkelompok kemudian juga tidak semua bagian tubuh terkena infeksinya, berbedan dengan cacar air yang cacarnya berbentuk kecil memisah dan bisa tumbuh di bagian tubuh manapun.

ads

Penyakit kulit herpes zoster dapat menulara dari tubuh penderita ke bagian tubuh lainnya dan bisa juga dari penderita ke orang lain. Untuk mengetahui lebih jelasnya apa saja yang dapat menjadi cara penularan herpes zoster, mari kita lihat ulasannya di bawah ini :

  • Menggunakan handuk dan pakaian secara bergantian

Sama halnya seperti berbagi sikat gigi dengan penderita, berbagi handuk atau pakaian adalah media penularan yang biasanya tidak kita sadari. Padahal jika dipikir logis, luka gelembung cacar penderita dapat pecah sewaktu-waktu, dan bisa saja ketika ia habis mandi dan menggunakan handuknya untuk mengeringkan badan. Dalam waktu yang berlainan, anda yang sehat juga menggunakan handuk yang sama tanpa waspada sekalipun. Maka jangan heran jika selanjutnya anda akan terkena penyakit yang sama dengan pengguna handuk sebelumnya. Sebaiknya hindari hal-hal seperti diatas, karena jika sudah tertular maka akan sangat sulit menghilangkan bibit virus dari herpes zoster.

  • Kontak fisik dengan penderita

Cara termudah yang bisa menularkan penyakit herpes zoster adalah bersentuhan kulit dengan penderita. Sentuhan biasanya berbentuk gesekkan antar kulit, menyentuh luka hingga saat bersalaman. Memang kita menyentuh penderita tidak tepat pada lukanya, namun sebisa mungkin hindari saja hal tersebut. Karena herpes zoster mudah sekali menular ke orang lain. Begitupun untuk penderita, sebisa mungkin menjaga dirinya dari public agar penyakitnya tidak menular kembali dan istirahat di rumah dahulu sampai tubuhnya benar-benar sembuh. Kenali ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh dengan melihat apakah luka berisi air tersebut sudah pecah, sudah mengering atau infeksi berkurang dari luka sebelumnya. Mengapa kita perlu mengetahui informasi tersebut? Karena banyak sekali penderita yang belum mengerti bagaimana merawat dirinya sendiri hingga orang lain bisa tertular.

 

  • Menggunakan alat makan bersamaan

Saaat bersin dan batuk saja sebaiknya penderita dihindari dahulu, dan jangan tersinggung jika anda penderita herpes zoster dan melihat orang lain malah menjauhi anda. Karena hal tersebut adalah bentuk pertahanan diri yang dilakukan oleh orang lain agar tidak tertular oleh penyakit anda. Jika anda adalah penderita, usahakan membawa alat makan sendiri seperti piring, mangkok, garupu, sendok dan gelas ketika sedang makan diluar atau di tempat orang lain. Karena meski telah dicuci dengan sabun, terkadang virus herpes zoster masih tertinggal pada alat makan yang tadinya anda gunakan. Semudah itulah menjaga diri agar penyakit tidak menular, apalagi keluarga, maka dengan begitu anda telah memberikan perhatian lebih pada keluarga.

  • Menggunakan sikat gigi secara bersamaan

Sudah jelas sekali cairan yang dihasilkan dari bersin dan batuk dapat dengan mudahnya tertular orang lain. Apalagi jika benda mandi seperti sikat gigi anda gunakan bersamaan dengan penderita yang jelas akan menjadi media penularan yang jelas sekali akibatnya. Tidak hanya pada penderita herpes zoster, sebaiknya gunakanlah sikat gigi hanya untuk pribadi dan tidak membaginya dengan siapapun meskipun keluarga sendiri. karena hal tersebut merupakan cara kita untuk menjaga kesehatan secara sederhana.

Sponsors Link

  • Terkena cairan luka dari penderita

Selain bersentuhan dengan penderita, terkena cairan dari gelembung yang akan pecah juga berpotensi menularkan virus herpes zoster yang anda sadari atau tidak sadari. Cara agar tidak tertular sebenarnya mudah sekali, asalkan anda selalu mawas diri dan menyehatkan diri anda juga. Jika terdapat hal seperti penderita adalah suami atau orang tua anda maka hindari dahulu kontak fisik berlebihan, atau ketika herpes zoster memasuki tahap akan sembuh jauhi dulu penderita hingga cacarnya sudah mengering. Karena luka herpes akan mudah menular ketika cacar dalam keadaan kering, udara menyebabkan virus mampu menyebar dan memasuki tubuh manusia lain. Cairan lain selain dari luka adalah dari bersin, batuk dan lainnya. Virus yang hinggap pada utbuh penderita masih terdapat dalam cairan bersin dan batuknya. Sehingga penderita sebaiknya juga memakai masker untuk mengurangi risiko penularan. 

ads

  • Seseorang yang memiliki sistem imun lemah

Tubuh yang lemah dengan sistem imun yang lemah adalah kemudahan bagi virus herpes zoster dapat masuk ke tubuh manusia. Tidak hanya penyakit herpes, penyakit lain seperti virus influenza dan lainnya juga bisa menular ketika tubuh tidak dalam keadaan yang sehat. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan penderita sebaiknya dari awal gejala segera mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita herpes zoster agar sistem imun bagi penderita juga tetap terjaga. Jangan sesekali melanggar apa yang tidak boleh dimakan dan menularkan penyakitnya ke orang lain.

  • Stress pikiran yang berlebihan

Pikiran yang berlebihan adalah pola hidup tidak sehat yang masih banyak dialami oleh manusia modern saat ini. Mulai dari berpikir akan kebutuhan hidup, skripsi yang tidak kunjung kelar hingga jodoh yang tidak ditemui. Pada akhirnya jika anda terlalu berpikir berat maka tubuhlah yang akan kena imbasnya. Seperti imunitas menjadi menurun dan kualitas hidup yang tidak lagi baik. Ada baiknya kita mulai memilih serta memilah mana yang baik untuk dipikiran dan yang tidak. Lakukan saja macam-macam solusi yang bisa anda lakukan untul menyelesaikan masalah anda. dan ajngan memikirnya sampai berlarut-larut.

  • Melakukan hubungan seksual dengan penderita

Sebenarnya tidak melakukan hubungan seksual dengan penderita adalah cara mencegah herpes genital dan bukan herpes zoster. Tapi siapa yang tidak menyadari ketika melakukannya tidak sengaja tersentuh pada bagian luka dan lupa untuk mencuci tangan? Maka dari itu jangan dahulu melakukan hubungan seksual selagi pasangan anda belum sembuh benar dari penyakitnya. Tiadak ada yang menyangka kapan penyakit itu sembuh, yang jelas tetap lakukan pengobatan sesuai petunjuk dokter atau rutin mengkonsumsi ibat herbal yang anda buat sendiri dirumah. Dan juga perbanyaklah istirahat.

  • Kebiasaan tidak suka mencuci tangan setelah berpergian

Cara menjaga kebersihan yang mudah dilakukan adalah rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan hingga setelah pulang dari berpergian. Kebiasaan ini perlu dilakukan mulai sejak dini. Banyak orang tua yang tidak memperhatikan keseharian anaknya, .hingga pada akhirnya penyakit mudah datang tanpa di undang. Begitupun untuk penderita herpes zoster, dimana virus herpes zoster akan tetap hidup ketika penderita tidak menjaga kesehatannya dengan baik. Bukan hanya setelah pulang dari pergi, tapi jika setelah kakus tidak berbesih diri maka akan sama saja. Bagaimana cara anda menjaga diri sendiri adalah cara anda menjaga lingkungan anda agar tetap sehat.

  • Berbagi tempat tidur, tempat duduk atau bantal yang sama

Selain alat mandi dan juga pakaian, tempat tidur dan tempat duduk juga bisa menjadi penularan yang paling jelas. Kasus ini mirip sekali dengan cara penularan campak yang dimana anda harus sangat menjaga jarak dengan penderita.  Karena bisa saja tanpa diduga, atau bahkan ketika penyakit herpes zoter belum memasuki masa sembuh, gelembungnya bisa pecah ketika tidur. Atau mungkin saat tidur tidak sengaja digaruk lalu kemudian pecah. Gantilah alas tidur / sprei, sarung bantal dan guling setiap harinya untuk mencegah terjadinya penularan pada orang lain. Dan gunakanlah tempat tidur anda sendiri, jangan berbagi dahulu sebelum penyakit sembuh total.

Sponsors Link

  • Tidak menjaga kebersihan diri serta lingkungan hidup di sekitarnya

Teruntuk bagi semua orang, menjaga kebersihan diri adalah kewajiban yang perlu dilakukan demi menjaga kehidupan yang tentu juga sehat. Jika pada kaum muslimin bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, maka benar juga karena jika tidak bersih maka penyakit juga akan mudah memasuki ruang bahagia hidup kita. Muadah sakit dan mudah tertular pastinya memberikan kesedihan karena akan sulit berbaur dengan orang yang kita sayangi. Mulailah membiasakan hidup sehat, untuk kesehatan tubuh kini dan nanti.

Umumnya, penyakit kulit herpes zoster dapat menular melalui kontak fisik langsung dengan penderita. Karena dikhawatirkan akan ada cairan gelembung  yang pecah dan tidak sengaja tersentuh oleh orang lain. Atau saja ada cairan dari mulut dari sisa batuk dan bersin yang menempel pada kulit. Penderita bisa menggunakan bedak talk untuk menjaga melicinkan kulit pada luka infeksi herpes zoster. Kemudian yang perlu anda ketahui bahwa virus penyakit ini tidak hilang sepernuhnya dari tubuh anda, pada sutau waktu masih bisa kambuh kembali dan membuat penderita kewalahan. Selalu jaga kesehatan agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit apapun termasuk herpes zoster, genital, simpleks dan lainnya.

Sponsors Link
, , ,