Sponsors Link

6 Cara Penularan Penyakit Herpes Simplex yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Herpes adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Masih banyak orang yang menduga bahwa herpes adalah infeksi menular kelamin (IMS). Dugaan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena selain menyerang kulit kelamin, herpes juga bisa menyerang kulit di sekitar mulut dan bibir, serta terdapat ciri-ciri herpes di bibir.

ads

Herpes genital atau yang dikenal dengan sebutan herpes simplex di dalam istilah medis, merupakan tipe herpes HSV 2, sebab virus yang menyebabkannya, yakni virus herpes simplex, terbagi ke dalam dua tipe, yakni tipe HSV 1 dan HSV 2. Herpes simplex biasanya disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 2. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan herpes simplex juga bisa disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 1.

Cara mendiagnosis herpes genital dapat dilihat dari gejala herpes simplex yang paling umum. Gejala herpes genital juga bisa menjadi perbedaan herpes zooster dengan herpse genital. Gejala tersebut di antaranya:

  • Sakit saat buang air kecil
  • Flu dan demam
  • Nafsu makan hilang
  • Mudah lelah
  • Nyeri pada punggung bagian bawah
  • Adanya luka terbuka atau melepuh di area kelamin
  • Cairan tidak wajar keluar dari alat kelamin
  • Nyeri dan gatal di daerah genital atau anal.

Cara Penularan Penyakit Herpes Simplex

Penyakit herpes simplex sangat mudah ditularkan dari orang yang terinfeksi secara langsung kepada orang lain. Sehingga tingkat risiko untuk terjadi penularan kepada orang lain lebih tinggi. Namun, Anda dapat memanfaatkan kunyit sebagai cara mengobati herpes dengan kunyit. Lantas bagaimana cara herpes simplex menular? Berikut adalah sejumlah cara penularan penyakit herpes simplex:

1. Melalui Hubungan Seksual

Cara penularan penyakit herpes simplex yang pertama adalah dengan melalui hubungan seksual. Ketika penderita herpes simplex melakukan hubungan seksual, sangat besar kemungkinannya untuk ia menularkan penyakit herpes simplex kepada pasangannya. Risiko penularan herpes simplex akan semakin tinggi jika tidak menggunakan kondom saat melakukan penetrasi seksual (penis ke vagina). Terlebih lagi jika sering melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda atau berganti-ganti pasangan seksual. Risiko untuk tertular penyakit herpes simplex akan semakin bertambah besar.

2. Melalui Seks Anal

Herpes simplex tidak hanya muncul di daerah genital saja. Herpes jenis ini juga bisa muncul di daerah anus. Itulah mengapa melakukan seks anal bisa menjadi cara penularan penyakit herpes simplex. Meskipun pasangan Anda mengidap herpes simplex di area genital, melakukan seks anal dengannya tidak akan membuat Anda terbebas dari risiko terkena herpes simplex. Bahkan melakukan seks anal dapat menyebabkan Anda terkena infeksi seksual menular lainnya. Sebab berbagai macam jenis kuman dan bakteri bersarang di daerah anus.

3. Melalui Seks Oral

Sponsors Link

Seperti yang telah disinggung di atas, herpes simplex memang disebabkan oleh virus herpes tipe 2. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan herpes jenis ini akan disebabkan oleh virus herpes tipe 1, yakni virus herpes yang lebih sering menyerang kulit di area mulut. Salah satu cara yang bisa menyebabkan virus herpes tipe 2 menjadi penyebab herpes simplex adalah cara penularan penyakit herpes simplex melalui seks oral. Orang yang mengidap penyakit herpes di area mulut akan menularkan penyakit herpesnya jika ia melakukan seks oral kepada pasangannya.

4. Melalui Pemakaian Alat Bantu Seks (Sex Toy) Secara Bergantian

Cara penularan penyakit herpes simplex selanjutnya yakni dengan melalui pemakaian alat bantu seks secara bergantian. Virus yang menyebabkan penyakit herpes simplex memang tidak akan bertahan lama jika ia berada di udara terbuka. Sehingga memang terlihat tidak mungkin jika pemakaian alat bantu seks bergantian akan menularkan penyakit herpes simplex.

Walaupun demikian, Menggunakn alat bantu seks secara bergilir masih tetap dapat menularkan virus penyebab herpes simplex. Hal itu dikarenakan pada lat bantu seks bisa saja masih ada cairan tubuh si penderita herpes simplex, seperti sperma atau air liur yang masih basah dan mengandung virus herpes. Sehingga orang yang memakai alat bantu seks tersebut memiliki risiko untuk tertular penyakit herpes simplex.

Sponsors Link

5. Melalui Proses Melahirkan yang Normal

Tahukah Anda jika ibu hamil yang mengidap penyakit herpes simplex dapat menularkan virus herpes simplex kepada sang bayi jika ia dilahirkan secara normal (melalui vagina)? Hal ini memang sangat jarang terjadi, namun masih tetap bisa terjadi. Oleh karena itu, hindarilah melahirkan secara normal jika Anda mengidap penyakit herpes simplex untuk mencegah sang bayi terkena penyakit herpes simplex. Konsultasikan kepada dokter mengenai hal ini, sebab dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum menyarankan cara melahirkan seperti apa yang terbaik bagi Anda dan bayi Anda.

6. Melalui Kontak Fisik Langsung Dengan Penderita Herpes Simplex

Cara penularan penyakit herpes simplex selanjutnya yakni dengan melalui kontak fisik langsung dengan penderita herpes simplex. Apabila Anda bersentuhan langsung dari kulit ke kulit dengan penderita herpes simplex, ada kemungkinan Anda akan tertular penyakit herpes simplex. Oleh sebab itu, gunakanlah sarung tangan atau pelindung lain untuk meminimalisir tertularnya penyakit herpes simplex melalui kontak langsung.

Itulah beberapa cara penularan penyakit herpes simplex. Tidak menutup kemungkinan bahwa ada cara penularan penyakit herpes simplex lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus tetap waspada. Jika terkena herpes, segera datangi dokter. Dokter biasanya akan memberikan antibiotik untuk herpes atau salep untuk mengobati herpes genital.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Herpes