Sponsors Link

4 Cara Penularan Penyakit Donovanosis yang Wajib diketahui

Sponsors Link

Ada beragam jenis penyakit kulit dan kelamin yang dapat menjangkiti manusia, mulai dari yang tidak berbahaya hingga kepada yang dapat menimbulkan komplikasi dan bahkan berujung kepada kematian dari penderitanya.

ads

Salah satu dari penyakit kelamin yang akan kami bahas pada artikel kali ini adalah penyakit kelamin yang disebut dengan Donovanosis, yang sebenarnya cukup langka dan banyak institusi medis yang tidak memiliki perangkat yang memadai untuk menanggulanginya. Penyakit Donovanosis atau juga dikenal dengan Granuloma inguinale adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Klebsiella granulomatis dan biasanya ditandai dengan terjadinya ulkus genital.

Kondisi ulkus genital yang tidak menyakitkan sering disalahartikan sebagai sifilis, hingga pada akhirnya Ulkus berkembang dan mulai melakukan perusakan pada jaringan internal dan eksternal, diikuti dengan mengucurnya lendir dan darah yang ekstensif dari lesi. Sifat destruktif dari donovanosis juga meningkatkan risiko infeksi oleh mikroba patogen lainnya.

Ciri-ciri utama dari penyakit Donovanosis ini adalah sebagai berikut:

  • Benjolan kecil yang tidak sakit muncul setelah sekitar 10-40 hari setelah kontak dengan bakteri.
  • Benjolan akan pecah dan mengandung lendir serta air.
  • Jaringan yang terinfeksi akan termutilasi dan akan terus menghancurkan jaringan apabila tidak diobati.
  • Pada kasus yang sangat langka, penis akan teramputasi secara otomatis dikarenakan infeksi yang sudah terlalu akut.

Mereka yang terinfeksi bakteri ini juga bisa mengalami kondisi yang lebih parah apabila pada saat bersamaan juga sedang mengidap penyakit yang menurunkan kekebalan tubuh seperti HIV, sehingga mengakibatkan bakteri akan semakin mengganas.

Dikarenakan kondisi yang cukup fatal yang diakibatkan oleh penyakit ini, maka anda perlu mengetahui bagaimana seseorang bisa tertular bakteri tersebut, yang akan kami jelaskan secara rinci pada artikel cara penularan penyakit Donovanosis kali ini.

Cara Penularan Penyakit Donovanosis

Ada beberapa cara penularan penyakit kelamin ini yang perlu anda perhatikan, yaitu diantaranya adalah:

  1. Melalui aktivitas seks oral, terutama apabila ada luka pada alat kelamin, meskipun untuk yang satu ini akan sangat langka,
  2. Melalui aktivitas seks anal dengan mereka yang sudah terinfeksi bakteri,
  3. Melalui aktivitas seksual tanpa pengaman dengan mereka yang terinfeksi bakteri,
  4. Melalui kontak fisik dengan penderita terutama apabila ada bagian luka pada kulit saat kontak tersebut terjadi.

Mengetahui cara penularan Donovanosis sangatlah penting guna mengantisipasi dan menjaga diri dari terkena infeksi bakteri. Dengan risiko penularan yang sangat tinggi namun tingkat terjadinya penyakit yang langka, mengakibatkan di beberapa negara belum memiliki persiapan yang baik dalam mencegah dan mengobati penyakit yang satu ini.

Pada umumnya, pengobatan akan dilakukan menggunakan terapi antibiotik seperti azitromisin, ciprofloxacin, tetrasilin, eritromisin, dan terkadang juga digunakan antibiotik jenis streptomisin dan juga ampisilin, disesuaikan dengan tingkat kondisi dari infeksi.

Anda juga bisa membaca artikel kami terkait penyakit kulit dan kelamin lainnya seperti macam-macam penyakit herpes, apa itu penyakit impetigo, lalu apa saja penyebab cacar air, kemudian 11 gejala sianosis yang sering dialami, lalu 9 jenis salep eksim pada bayi yang terkenal ampuh, segala hal terkait penyakit biduran atau urtikaria kronis, dan beragam artikel lainnya.

Dengan mengetahui cara penularan penyakit Donovanosis, diharapkan anda dapat segera melakukan konsultasi dengan dokter terkait apabila disinyalir menderita tanda-tanda dari penyakit ini sehingga bisa segera diobati sebelum kondisinya semakin buruk.

Sponsors Link
, , , ,