Sponsors Link

Bagaimana Cara Penularan Lupus? Ketahui Sebelum Semakin Parah

Sponsors Link

lupusPenyakit lupus berasal dari bahasa latin yakni Serigala atau dalam bahasa yunani berarti kemarah-merahan. Karena tanda yang timbul dari penyakit ini adalah bercak ruam merah seperti kupu-kupu di area tubuh tertentu. Lupus bisa terjadi pada siapa saja, tidak mengenal gender dan umur. Lupus merupakan salah satu jenis-jenis penyakit kulit yang paling sering diderita oleh masyarakat saat ini.

ads

Lupus disebabkan oleh produksi sel-sel tubuh manusia yang melawan jaringan tubuh sendiri. Hal ini disebabkan oleh sistem imun yang merusak tubuh. Seorang penderita lupus akan menjadi overacting (banyak tingkah) ketika mengalami rangsangan pada tubuhnya. Akibatnya tubuh akan merespon zat antibodi yang melawan jaringan tubuh si penderita itu sendiri.

Penyakit lupus dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yakni secara fisik atau non fisik. Seperti :

  1. Terkena paparan sinar matahari.
  2. Faktor keturunan.
  3. Faktor kelainan dan gen.
  4. Faktor lingkungan hidup.
  5. Gaya hidup yang tidak sehat.
  6. Penggunaan obat, seperti obat anti TBC.
  7. Pengaruh asap rokok.
  8. Tekanan yang berlarut dan membuat stress.
  9. Senang, marah, dan sedih yang berlebihan.
  10. Terinfeksi virus berbahaya.

Penyebab penyakit lupus sebenarnya dapat kita hindari, yakni kembali pada pola hidup sehat yang harus kita terapkan demi anak dan cucu kita nanti. Jika cara penularan lupus sudah menyerang, maka harus segera disembuhkan. Karena jika sampai menular ke anggota tubuh lainnya, penyakit ini akan semakin berbahaya dan bahkan sampai berujung pada kematian.

Sebelum semuanya terlambat, sebelum menjadi semakin parah maka kita perlu mengenali tanda apa saja yang biasanya muncul akibat penyakit lupus sebagai berikut:

  • Timbulnya sariawan yang berlebihan

Sariawan yang berlebihan biasa disebut dengan oral ulcers, yakni sariawan yang tumbuh lebih dari satu dan bertahan selama dua minggu. Sariawan ini terjadi di daerah mulut, yang akan muncul hilang muncul dan hilang lagi. Sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, ketika makan, minum, berbicara bahkan ketika bernyanyi.

  • Terjadi peradangan pada sendi

Radang sendi yang ditimbulkan akan disertai dengan warna merah, bengkak dan rasa nyeri yang sakit. Kemudian yang terjadi adalah otot akan mengecil disertai kekuatan yang menurun.

  • Warna kuku menjadi pucat

Kuku yang sehat adalah kuku yang berwarna merah muda segar dan mengkilat. Namun beda halnya dengan penderita lupus, kuku mereka cenderung pucat dan agak kebiru-biruan.

  • Warna urine berwarna tidak normal

Warna urine yang berwarna aneh ini bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan seperti anti tbc, anti ayan dan lain sebagainya. Terdapat juga endapan pada air kencing tersebut.

  • Perasaan tidak nyaman
Sponsors Link

Terang saja, siapapun yang merasakan sakit pasti akan merasakan ketakutan dalam jiwanya. Akan menjadi sembuh atau tidakkah penyakit yang diderita.

  • Nafsu makan menurun

Karena lupus menyerang jaringan tubuh dan menolak jaringan itu sendiri, maka kegiatan makan pun menjadi tidak diutamakan. Karena penderita merasa depresi dan gelisah sehingga nafsu makan berkurang. Sariawan juga bisa menjadi penyebab menurunnya nafsu makan ini. Nafsu makan yang berkurang justru membahayakan penderita, karena pasti selalu diakhiri dengan kondisi tubuh yang semakin hari semakin melemah.Padahal seharusnya penderita mengkonsumsi banyak makanan untuk kesehatan kulit agar penyakit cara penularan lupus segera sembuh.

  • Sering kejang atau pingsan mendadak

Penderita kadang menjadi overacting ketika terjadi rangsangan pada tubuhnya, tanda yang terlihat biasanya kejang-kejang seperti epilepsi atau bisa juga pingsan mendadak.

  • Gangguan pada fungsi ginjal

Selain dapat membuat si penderita tidak doyan makan, perasaan tidak nyaman ciri lainnya adalah gangguan pada ginjal. Fase penyakit lupus memang bertahap, namun ada kalanya segera memeriksakan diri agar penyakit tidak menular.

Pengobatan Penyakit Awal Lupus

Sponsors Link

Untuk pengobatan, dapat dilakukan dengan pemberian kortikosteroid. Yakni pengobatan yang bertujuan untuk mengatur kembali sistem imun serta mencegah terjadinya peradangan karena penggunaan obat. Jika cara mengobati bisul adalah dengan mengkonsumsi tanaman-tanaman herbal, maka berbeda halnya dengan mengobati lupus. Karena jenis pengobatan lupus akan diberikan salep, pil, krim serta cairan. Dosis yang digunakan pun juga menyesuaikan berat tidaknya penyakit lupus itu sendiri. Banyak teknik pengobatan yang sekarang ini bisa anda pilih, tapi salah satunya adalah dengan melakukan pencegahan sebelum terlambat.

Dengan tidak terpapar langsung dibawah sinar matahari, meningkatkan nafsu makan dengan makan-makanan yang bergizi, istirahat cukup, olahraga teratur, mengontrol emosi agar tidak mudah stress, hindari minum alkohol, mengkonsumsi rokok dan menggunakan obat-obatan terlarang. Dari penjelasan diatas, kita tentu sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab penyakit lupus dan juga ciri-cirinya. Namun apakah benar kalau penyakit lupus ini dapat menular? Jawabannya adalah TIDAK. Penyakit cara penularan lupus hanya dapat menular ke organ tubuh lainnya pada penderita, namun tidak dapat menular dari penderita ke orang lain. Berbeda dengan penyakit epidimitis atau penyakit gonore yang dapat menular.

Jika cara penularan epidimitis dapat ditularkan melalui hubungan seksual secara tidak aman, maka berbeda dengan penyakit lupus yang tidak menular dari manusia ke manusia. Namun bagaimanapun seberapa rendah tingkat penularan sebuah penyakit, kita wajib menjaga kesehatan dan jangan melakukan kontak fisik bahkan seksual dahulu agar terhindar dari bahaya penularan, walau sebenarnya lupus tidak menular.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Gaya Hidup