Sponsors Link

15 Cara Pencegahan Penyakit Kulit Agar Terhindar Dengan Mudah

Sponsors Link

Tentu tidak nyaman bila kita sedang terserang suatu penyakit. Seluruh badan terasa sakit, semua makanan terasa kurang nikmat, terkadang rasa percaya diri menjadi menurun akibatnya aktifitas pun terhambat. Pada saat seperti itu kita akan merasa betapa berharganya kesehatan. Tubuh kita merupakan sebuah sistem yang teridiri dari kumpulan subsistem yang sangat kompleks. Sehingga apabila satu subsistem rusak, maka subsistem yang lain akan terancam rusak pula.  Contoh subsistem pada tubuh kita yaitu kulit. Kulit merupakan salah satu tampilan terluar paling luas pada tubuh kita dan paling sering berinteraksi dengan benda asing. Interaksi yang tejadi dapat mengakibatkan kulit menjadi sehat atau sebaliknya, justru mengakibatkan penyakit kulit. Bila dirinci akan ada banyak nama dari jenis-jenis penyakit kulit yang dapat kita ketahui. diantaranya jenis-jenis bisul, kusta, cacar, sipilis, kurap, ebola, dan lain sebagainya. Penyakit kulit tersebut menginfeksi seluruh kulit tubuh dari kepala hingga ujung jari kaki dengan berbagai ciri, penyebab, gejala dan cara penularannya.

ads

Agar kulit kita sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit, tentu kita harus rajin merawatnya dan mengetahui bagaimana cara pencegahan penyakit kulit. Karena penyakit kulit ada yang menular dan ada yang tidak menular, maka akan sedikit bebeda antara cara mencegah penyakit kulit psoriasis yang tidak menular dengan cara mencegah penyakit menular seksual atau cara mencegah cacar air yang termasuk penyakit kulit menular. Berikut ini disajikan mengenai cara dari pencegahan penyakit kulit yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu seperti dibawah ini :

Pencegahan Penyakit Kulit Tidak Menular

Karena sifatnya yang tidak menular, maka cara pencegahannyapun lebih bersifat umum. Beberapa penyakit kulit tidak menular contohnya psoriasis, sariawan, melanoma, panu, dan jerawat. Cara pencegahan penyakit kulit tidak menular yaitu sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan lingkungan, pengaruh bersih tidaknya suatu lingkungan terhadap penyakit kulit sangat besar. Lingkungan yang kotor oleh sampah, polusi udara, air yang terkontaminasi akan menjadi sarang penyakit termasuk penyakit kulit. Lingkungan yang bersih akan menggambarkan kepedulian penghuninya terhadap kebersihan dirinya.
  2. Mandi minimal dua kali sehari, mandi pada pagi dan sore hari agar keringat dan daki (debu bercampur keringat) yang mengundang jamur, virus dan bakteri hilang.
  3. Ganti pakaian, mengganti pakaian minimal dua kali sehari, pagi dan sore hari karena bila pakaian terlalu lama dipakai kemungkinan besar akan menjadi sarang jamur, virus dan bakteri terutama pakaian dalam dan pembalut wanita yang biasanya menjadi penyebab gatal pada kemaluan wanita.
  4. Hindari sinar UV, usahakan agar kulit tidak terlalu lama terpapar sinar ultraviolet agar terhindar dari bahaya penyakit kulit seperti melanoma. Sumber utama sinar ultraviolet adalah matahari. Ada pula sebuah alat penghasil sinar ultraviolet yang disebut tanning bed (ranjang penjemur) berfungsi untuk mencoklatkan kulit.
  5. Jaga konsumsi makanan, makanlah makanan empat sehat lima sempurna dengan kadar yang cukup dan pola makan yang teratur. Untuk kebutuhan kulit, baik juga menambahkan porsi konsumsi berbagai makanan sehat untuk kesehatan kulit.
  6. Jaga daya tahan tubuh, usahakan sistem kekebalan tubuh kita meningkat agar kebal terhadap kemungkinan terserang jamur, bakteri atau virus penyebab penyakit kulit dengan asupan makanan yang baik, menyehatkan, porsi yang cukup dan teratur. Rutin berolahraga, istirahat cukup dan menghindari stress.
  7. Memilih kosmetik yang aman, usahakan tidak memakai kosmetik yang berlebihan, disesuaikan dengan jenis kulit dan jangan berganti-ganti merk.
  8. Membersihkan tempat tidur, mengganti, mencuci dan menjemur sprey, sarung bantal dan guling untuk menghindari penyakit kudis

Pencegahan Penyakit Kulit Menular

Penyakit kulit yang menular contohnya cacar air, lupus, anthrax, ebola, bubonic plague (black death), berbagai penyakit menular seksual (PMS) sepeti virus papiloma manusia, sipilis, kondiloma akuminata, trikomoniasis, infeksi klamidia dan lainnya. Adapun cara pencegahannya yaitu sebagai berikut :

1. Hindari kontak langsung dengan penderita

Untuk jenis penyakit kulit seperti cacar, kudis atau kutil kontak langsung yang dimaksud yaitu gesekan dengan kulit penderita. Sedangkan pada jenis penyakit kulit kelamin yang menular/penyakit menular seksual (PMS) seperti sipilis, trikomoniasis atau virus papiloma manusia (HPV), kontak langsung yang dimaksud yaitu hubungan intim dengan penderita penyakit kulit kelamin.

Sponsors Link

2. Hindari memakai barang bersama penderita

Usahakan untuk tidak bersama-sama menggunakan pakaian, handuk atau alat suntik bekas penderita

3. Hindari makanan pemicu penyakit kulit,

Untuk jenis penyakit kulit seperti eksim, makanan yang perlu dihindari yaitu yang mengandung protein tinggi. Adapun penyakit kulit anthrax, ebola, bubonic plague (black death) makanan yang perlu dihindari yaitu daging hewan liar.

Dan, masih ada beberapa cara pencegahan lainnya yang bisa anda lakukan lainnya sebagai berikut:

  1. Hindari transfusi darah dengan penderita
  2. Hindari seks bebas, berganti-ganti pasangan
  3. Menjaga kebersihan lingkungan
  4. Menjaga kebersihan tubuh
  5. Menjaga daya tahan tubuh
  6. Konsumsi makanan sehat

Itulah beberapa cara pencegahan penyakit kulit yang mungkin dapat menjadi bahan referensi anda sehingga dapat menghindarkan anda dari bahaya berbagai penyakit kulit.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan