Sponsors Link

5 Cara Pencegahan Kutil Kelamin dengan Menggunakan Kondom

Sponsors Link

Pada kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kata kutil seperti benjolan kecil yang tumbuh pada area tubuh, pada kaki, tangan, punggung, ataupun leher. Namun apakah kalian pernah mendengar kutil yang tumbuh pada area kemaluan? penyakit kelamin ini disebut dengan kutil kelamin. Kutil kelamin merupakan jenis-jenis penyakit kulit yang biasa tumbuh di area kulit kelamin, seperti anus, mulut atau bisa saja pada tenggorokan. Kutil kelamin merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus menular seksual, biasa disebut Human Papilloma Virus atau HPV. Beberapa penderita biasanya juga mengeluhkan sakitnya karena terkadang bisa menimbulkan gatal, perih hingga rasa nyeri ketika berkemih.

ads

Pertumbuhan kutil kelamin ini terbilang cukup pelan, dan tidak seperti pertumbuhan kanker kulit yang cepat begitu pesat. Namun anda juga harus memperhatikan setiap detail kutil yang berkembang, dengan begitu anda telah melakukan cara pencegahan kutil kelamin agar tumbuh tidak terlalu besar dan bisa segera sembuh. Karena ukuran kutil yang terlalu besar tentu akan menganggu aktifitas sehari-hari, dan jika kutil itu tumbuh pada area luar maka akan menimbulkan perasaan tidak PD alias percaya diri. Jika sudah seperti ini maka tidak ada cara lain selain melakukan cara untuk menutupi kutil tersebut, tapi yang pasti pencegahan akan membuat pengobatan menjadi tertunda serta sakit menjadi tidak terasa lama.

Apa saja sih cara mencegah kutil agar tidak tumbuh menjadi parah, simaklah penjelasannya di bawah ini :

  1. Gunakan pengaman seperti kondom saat berhubungan

Sebenarnya penggunaan kondom saat berhubungan tidak terlalu wajib dianjurkan, akan tetapi dalam kasus cara mencegah penyakit menular seksual kondom sangat perlu digunakan agar tubuh tidak tertular penyakit berbahaya tersebut. Saat ini kondom bukan hanya digunakan untuk program keluarga berencana, namun juga untuk perlindungan diri dari penyakit berbahaya seperti kutil kelamin. Karena penyakit ini mudah menular melalui aktifitas seksual, maka perlu adanya kesadaran untuk memakainnya sebelum berhubungan. Pilihlan kondom berkualitas baik, karena saat ini banyak beredar kondom berkualitas buruk yang bukan menjadi pelindung tapi malah menjadi pengundang penyakit baru.

  1. Setialah pada pasangan

Sering bergona-ganti pasangan adalah perilaku buruk yang jelas melanggar norma agama serta etika sosial dalam urusan rumah tangga. Karena sejatinya, selain menimbulkan kontra, prahara atau keretakan dalam rumah tangga, tidak setia pada pasangan adalah cara penularan penyakit menular seksual yang berisiko tinggi pada kesehatan reproduksi anda serta pasangan. Dengan begitu, jika anda tidak berhati-hati maka di kemudian hari anda akan merasakan tanda-tanda terkena penyakit kelamin yang merupakan skibat dari perbuatan buruk tersebut.

  1. Jauhi kebiasaan merokok mulai sejak dini

Para laki-laki usia remaja, dewasa hingga orang tua tentu sangat akrab dengan benda berasap yang satu ini. Ada yang bilang bahwa dengan merokok akan mengurangi stress, membuat pikiran menjadi rileks serta dapat menenangkan jiwa menjadi lebih santai. Hal tersebut memang sebuah pendapat, namun sebaiknya sebelum anda merokok pikirkan bahwa rokok adalah penyebab kutil kelamin dan ada bahaya yang mengintai dibalik bungkus seharga 15.000 rupiah tersebut. Harga murah memang membuat sebagian orang tertarik menikmatinya, namun jika sudah sakit maka penyesalan akan berharga menjadi sangat mahal.

  1. Menggunakan barang pribadi untuk diri sendiri

Kutil kelamin dapat ditularkan melalui penyakit menular seksual, bukan dari penggunaan barang pribadi secara bersamaan atau bergantian. Namun menggunakan barang pribadi hanya untuk diri sendiri adalah cara pencegahan kutil kelamin yang seharusnya perlu diterapkan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Bayangkan saja, penderita kutil kelamin berbagi handuk atau celana dalam pada mereka yang bukan penderita, maka secara langsung bakteri penyebab kutil akan tertinggal pada handuk atau pakaian lain. Memang tidak membuat orang lain tertular, namun dari sisi kebersihan bisa dibilang jorok atau tidak higienis. Membiasakan diri untuk hidup sehat memang sesuatu yang sulit dilakukan, apalagi jika tanpa niat atau kesadaran yang mendalam mengenai kesehatan kelamin.

  1. Menjaga kebersihan alat kelamin dengan benar

Menjaga kebersihan alat kelamin baik pada pria atau wanita dapat anda lakukan dengan rutin mencukur bulu-bulu air tiap 1-2 bulan sekali, memahami cara membersihkan kemaluan setelah haid dengan benar, membersihkan kemaluan dengan bersih setelah berkemih atau buang air besar, menggunakan pakaian dalam yang bersih serta paham cara membersihkannya dengan baik dan benar. Tidak semua orang melakukan cara mudah tersebut pada kehidupan sehari-harinya, karena kesadaran akan hidup sehat tergolong masih kurang. 

Sponsors Link

Penanganan kutil biasa dengan kutil kelamin cenderung berbeda, baik dari obat serta perawatan yang dilakukan. disarankan bagi anda untuk mengetahui cara mengobati kutil kelamin secara alami dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan di sekitar kita. Cara pencegahan kutil kelamin sendiri juga dapat dilakukan dengan treatment  yang tepat, sehingga anda tidak perlu lagi obat-obatan medis yang bisa memberikan efek samping entah ringan atau berat sekalipun. Tapi yang jelas jangan sampai anda melalui kegiatan pengobatan, dengan cara melakukan cara pencegahan tentunya. Sehingga tidak aka nada penyesalan di akhir atau beban pikiran yang berat akibat penyakit yang tidak kunjung sembuh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan