Sponsors Link

4 Cara Pencegahan Donovanosis yang Paling Manjur

Sponsors Link

Kulit dan kelamin merupakan bagian organ tubuh yang sangat rentan terkena infeksi dari luar, entah itu dikarenakan trauma atau benturan fisik, infeksi bakteri, kuman, jamur, ataupun virus sehingga kesehatan dan perawatan pada organ-organ tersebut harus lebih diperhatikan. Terutama bagi anda yang aktif secara seksual, penyakit kelamin merupakan salah satu yang perlu diwaspadai terlebih pada anda yang kurang menjaga kebersihan dan keamanan pada saat melakukan kegiatan tersebut.

ads

Meskipun penyakit kelamin sendiri sangatlah beragam, namun tentunya akan tetap mengganggu aktivitas anda apabila sampai terjangkit salah satunya, entah itu sifilis, gonore, atau yang akan kami bahas pada artikel kali ini yaitu Donovanosis, dimana kami akan memberikan apa saja cara pencegahan Donovanosis yang palung efektif. Penyakit Donovanosis merupakan salah satu penyakit kelamin yang langka namun sangat berbahaya apabila sampai terjangkit.

Dikarenakan dampaknya yang sangat fatal terutama pada mereka yang juga sedang menderita penyakit yang menurunkan kekebalan tubuh. Donovanosis memiliki dampak yang bisa dibilang cukup mengerikan, karena infeksi akan tidak begitu terasa pada awalnya dan tidak ada rasa sakit sedikitpun, namun lama kelamaan pada kondisi terburuk tanpa dilakukan pengobatan, penyakit ini akan dapat memutilasi alat kelamin sehinga terjadi autoamputasi.

Apabila anda ingin mengetahui segala hal terkait penyakit kulit dan kelamin lainnya, anda bisa membaca artikel kami yang lain seperti 11 gejala sianosis yang sering terjadi, kemudian 9 macam pengobatan urtikaria alias biduran yang bisa anda coba, lalu 7 cara pencegahan Hipospadia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Pencegahan Donovanosis

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Klebsiella granulomatis dan memiliki banyak istilah atau nama seperti Granuloma inguinale, granuloma genitoinguinale, granuloma inguinale tropicum, dan beberapa julukan lainnya. Bakteri tersebut umumnya ditemukan di wilayah-wilayah yang kebersihannya masih kurang baik dan kesadaran akan kebersihan masih sangat rendah, sehingga penyakit ini sangat langka terjadi di negara-negara maju yang memiliki tingkat higienis yang baik.

Tahap awal dari penyakit ini adalah munculnya benjolan-benjolan kecil yang tidak terasa sakit dalam rentang sekitar 40 hari semnjak infeksi bakteri menyerang, namun apabila dibiarkan akan pecah dan mengeluarkan lendir bercampur darah dan perlahan akan mulai menggerogoti jaringan pada alat kelamin.

Penyakit ini juga sangat menular, dan umumnya ditularkan melalui kontak fisik langsung dengan penderita melalui aktivitas-aktivitas seperti sentuhan langsung dengan area terinfeksi, atau melalui aktivitas seksual tanpa pengaman, oral seks, ataupun anal seks. Ada beberapa cara pencegahan Donovanosis yang terbukti ampuh dan disarankan guna terhindar dari penyakit tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan pengaman pada saat melakukan hubungan seksual,
  2. Menjaga kebersihan kelamin sebelum berhubungan,
  3. Menghindari kontak fisik dengan penderita,
  4. Menghindari melakukan oral seks,

Pengobatan yang umum dilakukan pada penderita Donovanosis adalah dengan memberikan antibiotik, yang jenisnya akan ditentukan oleh dokter yang menangani anda, dan beberapa diantaranya yang umum diberikan adalah azitromisin, doxysiklin, ciprofloxasin, eritromisin, dan beberapa obat antibiotik lainnya.

Kalau anda penasaran dengan beberapa hal terkait penyakit kulit lainnya, baca juga tulisan kami mengenai penyebab buah zakar bengkak pada anak, kemudian apa saja macam-macam penyakit herpes, kemudian penyakit impetigo, dan lain-lainnya.

Untuk lebih memastikan kondisi yang terjadi pada anda, kami sarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit serta kelamin supaya dapat dilakukan diagnosa dan perawatan yang tepat sasaran, serta jadikan artikel mengenai cara pencegahan Donovanosis ini sebagai penambah wawasan dan informasi saja.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan