Sponsors Link

5 Cara Pakai Lengkuas Untuk Panu Yang Mudah dan Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang terdapat di permukaan  kulit sehingga menuimbulkan bercak warna putih atau warna lebih terang dari kulit asli. Bercak muncul secara perlahan dan semakin lama akan menimbulkan bercak yang semakin besar dan banyak. Panu  menyerang daerah kulit yang mudah berkeringat seperti dada, lengan, leher, perut, kaki, punggung, ketiak, lipatan paha.

ads

Perbedaan panu dengan bercak putih di wajah, ialah Panu lebih sering menyerang area kulit yang sering berkeringat dan tertutup pakaian. Jamur panu disebabkan oleh jamur organisme lipofiliki dimorfik dan malassezia ovalis. Selain faktor kelembaban kulit, kebersihat kulit yang tidak terjaga juga menjadi pemicu tumbuhnya jamur pada kulit. Panu bisa menyerang siapa saja baik pada anak kecil atau orang dewasa.  

Panu bisa dihilangkan dengan bahan alami, seperti lengkuas. Berikut merupakan cara pakai lengkuas untuk panu yang tak jauh beda dengan cara mengobati panu dengan bawang putih.

1. Gosokkan Lengkuas ke Bagian Tubuh yang Kena Panu

Ambil lengkuas segar yang sudah dibersihkan, belah lengkuas dan gunakan bagian belahan lengkuas untuk menggosok  bagian panu secara langsung. Gosok bagian kulit yang terkena panu hingga kulit memerah dan terasa perih setelah itu bilas menggunakan air bersih rutin tiga kali  sehari secara rutin sampai panu memunculkan tanda-tanda panu akan sembuh seperti tidak terasa gatal sama sekali dan bercak putih mulai menghilang.

2. Konsumsi Ekstrak Lengkuas Secara Teratur

Cara aman dan umumnya dilakukan oleh orang-orang untuk mengatasi panu pada tubuh seseorang ialah dengan mengonsumsi ekstrak lengkuas. Caranya, lengkuas direbus terlebih dahulu dengan sedikit garam. Kemudian air hasil rebusannya dikonsumsi secara teratur setiap hari. Cara ini dapat mendorong hasil yang lebih maksimal dari perawatan-peratawan lain yang dapat dikombinasikan jadi satu untuk menghilangkan gejala penyakit panu yang bisa berupa:

  • Muncul bercak kecil warna putih di area tubuh atau wajah
  • Kulit terasa bersisik
  • Muncul rasa gatal di area bercak putih dan bersisik tersebut

3. Dijadikan masker kombinasi lengkuas dan garam

Garam dapat membantu mengurangi kelembaban pada kulit sehingga jamur kekurangan cairan untuk berkembang. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan panu pada wajah. Namun efek samping yang ditimbulkan adalah rasa perih selama penggunaan ramuan lengkuas dan garam digunakan.

Cara mengobati panu dengan lengkuas ialah Haluskan lengkuas yang berukuran sekitar 2 jari dengan 1 sdt garam. Oleskan pada panu lalu diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit bilas dengan air hangat. Dua bahan tersebut merupakan kombinasi bahan alami yang dapat membantu menghilankan panu pada bagian wajah. Kandungan yang terdapat didalam lengkuas yang dikombinasikan dengan garam efektif membunuh jamur yang tumbuh pada wajah.

4. Masker kombinasi  lengkuas dan kapur sirih

Selain dijadikan masker dengan garam, lengkuas juga bis ditingkatkan manfaatnya dengan kandungan kapur sirih. Kandungan dalam kapur sirih seperti kadinen, sineol, karvakol, kavinol dan zat samak baik untuk mengatasi kesehatan kulit. Namun kandungan yang terdapat dalam kapur sirih akan terasa panas jika dioleskan pada kulit area wajah, sehingga disarankan bagi yang memiliki kulit sensitif untuk tidak menggunakan ramuan ini pada wajah .

Tumbuk lengkuas bersama kapur sirihs sampai halus. Setelah halus gosokan pada area kulit yang terkena panu. Lakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari secara rutin. Ramuan ini efektif untuk mengobati jenis-jenis paru yang tiba-tiba bisa muncul di wajah atau di tubuh anda. namun, kami peringatkan, jika terjadi iritasi atau timbul masalah kulit lain karena ternyata anda sensitif dengan kombinasi ini maka sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih efektif dan aman.

Sponsors Link

5. Salep kombinasi lengkuas dan cuka apel

Cuka apel  merupakan obat herbal yang sering digunakan untuk mengatasi masalh kesehatan. Tak hanya itu cuka apel juga sering digunakan untuk perawatan kulit agar menjadi sehat. Cuka apel mengandung beta-karoten yang membantu meregenerasi sel-sel kulit mati. Cuka apel sebagai sumber asam asetat, asam laktat dan asam  malat yang bisa membantu mengurangi infeksi pada kulit. Cuka apel memiliki kandungan antiseptik yang dapat mengatasi iritasi pada kulit.  Parut dua ruas jari lengkuas yang sudah dibersihkan. Campur hasil parutan dengan sedikit air cuka. Oleskan pada area kulit yang terkena panu pada pagi dan sore hari secara rutin.

Sementara itu, lengkuas memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kulit antara lain sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrein, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin dan beberapa kandungan lain sangat bermanfaat untuk tubuh. Senyawa yang terkandung dalam lengkuas terbukti dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida mampu membunuh jamur penyebab panu. Hal tersebut sangat membantu penyembuhan panu secara alami dari kulit.

Demikian pemaparan tentang cara pakai lengkuas untuk panu yang dapat anda praktikkan sendiri di rumah. Berhati-hatilah selama meramu sendiri obat herbal di atas, anda bisa bertanya pada dokter jika merasa butuh pencerahan mengenai obat yang lebih tepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Panu