Sponsors Link

5 Cara Operasi Varikokel Secara Medis yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Kelamin pria memang lebih rawan terkena penyakit. Akibat abnyaknya aktivitas yang dilakukan, terkadang pria termasuk Anda tidak terlalu memerhatikan kesehatan alat reproduksi Anda tersebut. Salah satu penyakit kelamin pria yaitu, varikokel. Pernahkah Anda mendengar? Varikokel adalah gejala penyakit kelamin yang ditandai dengan meluasnya pembuluh vena pada skrotum Anda. Jika skrotum Anda terkena varikokel, maka aliran darah selama proses reproduksi Anda akan terganggu.

ads

Akibatnya, skrotum Anda akan membengkak dikarenakan darah yang seharusnya mengalir ke jantung justru terhambat dan menggenang di pembuluh vena tersebut. Karena sistem reproduksi terganggu, produksi sperma yang dilakukan pada testis pun juga akan terganggu. Banyak yang tidak tahu bahwa perbedaan varikokel dan radang testis

Varikokel ini dapat disembuhkan dengan bermacam-macam pengobatan dan penanganan. Tetapi operasi adalah cara terbaik yang disarankan. Dengan memutus adanya varikokel di pembuluh vena, maka darah akan melanjutkan alirannya menuju jantung. Beberapa operasi yang ada pun juga tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak menghambat aktivitas Anda lainnya. Testis bengkak setelah operasi hidrokel dan rasa nyeri pada kelamin akan berangsur hilang seiring dengan penyembuhan yang dilakukan pasca operasi. Berikut akan di jelaskan operasi yang dapat dilakukan untuk menghilangka varikokel Anda.

  1. Teknik Palamo

Operasi dengan cara ini banyak dipilih oleh pria untuk menyembuhkan varikokelnya. Caranya yaitu dengan menyayat kulit sekitar paha atau selangkang untuk menemukan pembuluh vena yang terjangkit varikokel. Pembuluh vena tersebut dioperasi agar darah mampu mengalir kembali ke jantung. Operasi ini tidak membutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar 2-3 jam saja dan pasien tidak diharuskan untuk menjalani rawat inap. Tetapi kemungkinan terjadi ciri-ciri hidrokel cukup besar akibat operasi tersebut.

  1. Laparoskopik

Operasi dengan cara tersebut hampir sama dengan teknik palamo. Hanya saja pada laparoskopik, dokter akan menyayat dengan ukuran kecil pada selangkang Anda dan mengamatinya melalui lensa khusus agar pembuluh pada tubuh Anda dapat dideteksi dan diidentifikasi bagian yang terjangkit varikokel. Kemungkinan komplikasi atau adanya penyakit lain pasaca operasi ini juga cukup besar, sama halnya dengan teknik palamo.

  1. Teknik Ivanissewich

Operasi dengan teknik tersebut menyayat selangkangan dengan ukuran yang lebih besar dari teknik palamo. Dengan cara tersebut, maka pembuluh vena yang terserang verikokel mudah sekali teridentifikasi dan dipotong untuk memperlancar aliran darah menuju jantung. Untuk kemungkinan adanya komplikasi pada operasi ini cukup lebih rendah dibandingkan dua operasi yang telah dijelaskan sebelumnya.

  1. Operasi Mikroskopik

Operasi ini terbilang paling rumit dan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan operasi lainnya. operasi mikroskopik menyayat kulit selangkangan Anda dan mengeluarkan testis dari skrotum agar pembuluh sekitar dapat teridentifikasi lebih akurat. Apabila telah ditemukan, maka pembuluh-pembuluh tersebut dioperasi agar darah mengalir dengan baik. Operasi ini justru tidak berdampak komplikasi lainnya seperti hidrokel. Akan tetapi rasa sakit dan waktu penyembuhan pasca operasi membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan operasi lainnya.

  1. Embolisasi
Sponsors Link

Pengobatan ini dilakukan dengan cara menempatkan pipa kecil yang disebut keteter ke daerah kemaluan pria. Kemudian pria dipaksa untuk memberi dorongan dari bawah peerut agar pipa kecil tersebut mampu menjangkau pembuluh sekitar testis. Bersamaan dengan itu, pipa kecil tersebut akan terdeteksi letaknya oleh alat khusus yang mampu melihat dimana varikokel menyerang. Alat ini biasanya disebut layar angiorap. Jika letaknya telah ditemukan maka akan ada penyuntikan dengan obat khusus sehingga menghasilkan cairan bercampur angin mirip busa agar darah memiliki jalan untuk mengalir.

Apapun langkah operasi yang Anda pilih, ada beberapa hal sangat perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memilih operasi sebagai cara penyembuhan varikokel Anda. Hal-hal tersebut antara lain.

  • Sebelum melakukan operasi, dokter perlu tahu obat-obatan atau suplemen apa yang Anda konsumsi sebelumnya. Jika Anda mengonsumsi sejenis aspirin, usahakan untuk berhenti terlebih dahulu agar pendarahan pada saat operasi tidak berlebih.
  • Saat konsultasi, dokter akan menyarankan Anda untuk tidak makan 8-12 jam sebelum operasi dijalankan. Maka, ikuti apa yang disarankan.
  • Kurangi aktivitas yang berlebih.
Sponsors Link

Terpenting lagi adalah mengethaui efek samping dari operasi. Apapun cara yang Anda pilih, operasi akan memberikan efek samping bagi tubuh ini. Beberapa hal tersebut perlu Anda ketahui agar setelah operasi Anda tidak panik. Berikut beberapa efek yang diberikan pasca operasi.

  • Pendarahan yang cukup banyak disekitar testis Anda
  • Merasa gelisah
  • Pembengkakan pasca operasi
  • Inflamasi dengan gejala kemerah-merahan
  • Infeksi tertentu dengan rasa sakit yang cukup parah

Varikokel memang menjadi penyakit kelamin pria yang cukup serius. Tapi penyakit ini tidak akan menular ketika Anda melakukan hubungan seksual. Sehingga setelah atau sebelum operasi pun, tidak masalah melakukan hal tersebut. Dikarenakan operasi varikokel tidak menjamin tidak terulangnya penyakit atau justru menyebabkan penyakit lain muncul, maka menjaga kesehatan tubuh sangat penting.

Jaga diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan segar terutama makanan setelah operasi. Dikarenakan alat kelamin adalah bagian tubuh yang sensitif, jangan sampai terluka ataupun itu terjadi, segera obati dengan rekomendasi dokter. Jangan percayakan obat-obat herbal atau lainnya yang menjamin kesehatan kelamin Anda. Sebab kandungannya tidak terjamin oleh dokter. Menjaga dan cara mencegah varikokel sangat dibutuhkan dibandingkan mengobati melalui operasi yang luar biasa sakitnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan